Sergio Aguero dalam Angka

Sergio Aguero pada akhirnya pensiun

Jakarta, IDN Times - Sergio Aguero secara resmi mengumumkan pensiun dari dunia sepak bola profesional. Dia pensiun setelah berkonsultasi dengan tim medis Barcelona, terkait masalah arrythmia jantung yang dialaminya.

Usai menjalani masa evaluasi selama tiga bulan, Aguero akhirnya disarankan buat pensiun. Sebab, kondisi jantungnya tak mendukung untuk berkarier lebih lama di sepak bola.

"Semua demi kesehatan. Saya sudah berbicara dengan tim medis dan sarannya adalah berhenti bermain. Keputusan yang sulit, tapi sebenarnya sudah saya ambil sejak 10 hari lalu," ujar Aguero dalam sesi konferensi pers di Barca TV.

Tentu, kita kehilangan satu striker terbaik yang pernah lahir di dunia. Ya, Aguero memang bukan striker kaleng-kaleng. Berbagai prestasi, secara tim hingga individu, telah dicatatkan olehnya.

Berikut ini, IDN Times sajikan buat kamu statistik luar biasa Aguero seperti dikutip Opta.

1. Striker asing terbaik Premier League

Sergio Aguero dalam AngkaSergio Aguero mengenakan jersey dengan nama punggung Kun Aguero sesuai sapaan akrabnya. (premierleague.com)

Aguero merupakan top scorer keempat Premier League sepanjang masa. Dia sudah mencetak 184 gol dalam 275 penampilannya di Premier League.

Dia berada di belakang Alan Shearer (260 gol), Wayne Rooney (208 gol), dan Andrew Cole (187 gol). Artinya, Aguero adalah striker asing tersubur di Premier League.

Baca Juga: [BREAKING] Tangis Sergio Aguero Pecah saat Umumkan Pensiun

2. Top scorer abadi ManCity

Sergio Aguero dalam AngkaSergio Aguero (goal.com)

Catatan golnya di Manchester City juga luar biasa. Dia mencetak 260 gol dari 390 caps bersama ManCity di berbagai ajang.

Aguero meninggalkan pendahulunya, Eric Brook yang mencetak 177 gol untuk ManCity. Torehan Brook dilewati oleh Aguero sejak November 2017, kala ManCity berhadapan dengan Napoli di Liga Champions.

3. Rutin cetak 20 gol

Sergio Aguero dalam AngkaSergio Aguero melakukan selebrasi usai mencetak gol. (premierleague.com)

Ketajaman Aguero juga semakin diakui ketika melihat catatannya di enam musim berbeda Premier League. Sepanjang periode itu, Aguero selalu mencetak lebih dari 20 gol di Premier League.

Menariknya, lima dari enam musim produktif Aguero terjadi secara beruntun, yakni sejak musim 2014/15 hingga 2018/19.

4. Baru cetak satu gol di Barcelona

Sergio Aguero dalam AngkaSergio Aguero (si.com)

Aguero baru mencetak satu gol bersama Barcelona. Gol itu tercipta kala Aguero tampil di laga El Clasico menghadapi Real Madrid, 24 Oktober 2021 lalu. Masuk di menit 77, Aguero berhasil mencatatkan namanya di papan skor.

Dia mencetak gol pertamanya buat Barcelona dan di El Clasico. Sayangnya, gol Aguero tak mampu menyelamatkan Barcelona kalah dari Madrid dengan skor 1-2.

Baca Juga: [BREAKING] Sergio Aguero Resmi Pensiun

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya