Sikap 3 Pelatih Jadi Bukti Cristiano Ronaldo Mulai Habis

Ronaldo harus berhenti mengeluh dan marah-marah

Jakarta, IDN Times - Cristiano Ronaldo menjadi sorotan ketika Portugal menang telak atas Swiss dengan skor 6-1, di Lusail Stadium, dalam babak 16 besar Piala Dunia 2022, Rabu dini hari WIB (7/12/2022). Sebab, di laga itu Ronaldo untuk pertama kalinya menjadi pemain cadangan Portugal di Piala Dunia.

Keputusan pelatih Fernando Santos mencadangkan Ronaldo sebenarnya sudah tercium sebelum laga dimulai. Santos terlihat kesal dengan Ronaldo, yang marah ketika diganti saat duel kontra Korea Selatan dalam partai pamungkas penyisihan grup.

Di depan media, Santos secara terang-terangan marah ke Ronaldo yang terlihat tak suka dengan keputusannya.

1. Santos tak main-main

Sikap 3 Pelatih Jadi Bukti Cristiano Ronaldo Mulai HabisBintang Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo, coba melewati kiper Ghana, Lawrence Ati, dalam laga Grup H Piala Dunia 2022, Kamis (24/11/2022). (Twitter/@FIFAWorldCup)

Ronaldo akhirnya dicadangkan saat melawan Swiss. Santos benar-benar tak bisa menahan diri dan menurunkan Goncalo Ramos untuk menggantikan posisi CR7 di lini depan Selecao das Quinas.

Dengan hadirnya Ramos, permainan Portugal secara mengejutkan jadi lebih cair dan ganas. Ramos bahkan mampu menciptakan hattrick di laga ini.

"Kita memang tak bisa melupakan warisan yang dicetaknya dalam waktu lama. Dia adalah pemain terbaik sepanjang masa. Tapi, dia harus bersikap lebih baik dan sadar," ujar mantan rekan Ronaldo, Gary Neville, dilansir ITV.

Baca Juga: Portugal Menang, Ronaldo Malah Tinggalkan Lapangan

2. Ronaldo harus berubah

Sikap 3 Pelatih Jadi Bukti Cristiano Ronaldo Mulai HabisCristiano Ronaldo dan Bruno Fernandes melakukan selebrasi usai Portugal membobol gawang Uruguay dalam laga lanjutan Grup H Piala Dunia 2022. (Twitter/@selecaoportugal)

Neville meminta agar Ronaldo bisa lebih santun dan menghormati keputusan pelatih. Sebab, sudah tiga pelatih yang membuat Ronaldo jadi penghuni bangku cadangan.

Keputusan Santos, menurut Neville, yang paling tegas. Jika dibandingkan Massimiliano Allegri dan Erik ten Hag, Santos terbilang lebih lama bekerja bersama Ronaldo.

"Mereka bersikap sama terhadap Ronaldo. Dia harus menerima kenyataan. Sikapnya yang tak sabaran, suka marah, dan merengek, harus dihentikan. Hanya saja, banyak fans yang tak membiarkan Ronaldo mengungkapkan hal sebenarnya," kata Neville.

Baca Juga: Goncalo Ramos, Wonderkid yang Bikin Ronaldo Terdiam di Bangku Cadangan

3. Ronaldo sempat ngeluyur langsung ke ruang ganti

Sikap 3 Pelatih Jadi Bukti Cristiano Ronaldo Mulai HabisCristiano Ronaldo sebagai pemain yang tampil di Piala Dunia untuk terakhir kali (twitter.com/Cristiano)

Usai laga kontra Swiss, sikap Ronaldo menjadi sorotan lagi. Dia ngeluyur sendirian ke ruang ganti, tak merayakan kemenangan dengan rekan-rekan setimnya.

Namun, Ronaldo belakangan buka suara. Dia memuji kemenangan Portugal yang begitu sempurna atas Swiss.

"Hari yang luar biasa buat Portugal, hasil bersejarah dalam turnamen terbesar dunia. Kemewahan dalam tim yang penuh talenta anak muda. Skuad kami harus diapresiasi. Mimpi masih berlanjut! Bertarung hingga akhir! Lebih kuat, Portugal!" begitu caption Ronaldo.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya