6 Negara yang Paling Sering Masuk Final Piala Dunia, Ada Italia!

Italia malah gagal ke Piala Dunia 2022 Qatar

Piala Dunia 2022 terus menjadi buah bibir sepanjang tahun ini. Piala Dunia edisi kali ini akan dihelat di Qatar mulai 21 November 2022.

Setelah pembagian grup pada Jumat (1/4/2022) malam, masyarakat makin antusias memprediksi negara mana yang akan lolos dari grupnya masing-masing. Beberapa negara unggulan ternyata sudah menjadi langganan lolos hingga ke partai final.

1. Jerman (8 kali)

6 Negara yang Paling Sering Masuk Final Piala Dunia, Ada Italia!Timnas Jerman (instagram.com/dfb_team)

Negara dengan julukan Der Panzer menjadi tim paling sering tampil di final Piala Dunia. Jika dihitung sejak masih Jerman Barat, mereka sudah masuk final sebanyak delapan kali. Terakhir kali Jerman masuk final adalah pada Piala Dunia 2014, di mana mereka berhasil menaklukkan Argentina dengan skor 1-0 pada babak tambahan waktu.

Meski begitu, dari delapan kali masuk final, timnas Jerman hanya empat kali keluar sebagai juara. Dengan capaian itu, Jerman menjadi negara yang paling sering kalah di partai puncak Piala Dunia.

2. Brasil (7 kali)

6 Negara yang Paling Sering Masuk Final Piala Dunia, Ada Italia!Timnas Brasil (instagram.com/cbf_futebol)

Brasil tidak hanya berhasil mencetak pemain-pemain bintang pada tiap generasi, tetapi juga berhasil memanfaatkan bakat pemain-pemain itu untuk Piala Dunia. Hal tersebut ditunjukkan Brasil dengan menjadi negara yang mengoleksi gelar juara Piala Dunia terbanyak hingga kini, yakni lima kali juara.

Pada Piala Dunia 2022 Qatar, Neymar Jr dkk akan mencoba membawa kembali trofi Piala Dunia ke Negeri Samba. Mereka sudah 20 tahun belum juara lagi. Piala Dunia kali ini juga menjadi penebusan dari gagalnya Brasil menjuarai Piala Dunia saat menjadi tuan rumah pada 2014.

3. Italia (6 kali)

6 Negara yang Paling Sering Masuk Final Piala Dunia, Ada Italia!Timnas Italia merayakan juara Euro 2020. (instagram.com/azzurri)

Berita kegagalan Italia lolos ke Piala Dunia 2022 mungkin menjadi hal terhangat di telinga masyarakat. Seluruh jagat persepakbolaan dunia dibuat keheranan dengan kegagalan juara Euro 2020 itu untuk memastikan satu slot di Piala Dunia.

Keheranan itu memang wajar. Timnas Italia memiliki catatan apik untuk lolos hingga ke final Piala Dunia. Negara yang terkenal dengan konsep Catenaccio-nya ini sudah 6 kali masuk final dan 4 kali keluar menjadi juara.

Baca Juga: 10 Fakta Inaki Williams, Pemain yang Ingin Bela Ghana di Piala Dunia

4. Argentina (5 kali)

6 Negara yang Paling Sering Masuk Final Piala Dunia, Ada Italia!Timnas Argentina pada sesi foto tim sebelum bertanding di lapangan. (instagram.com/leomessi)

Argentina sering disebut sebagai saingan tersengit Brasil dari Amerika Selatan. Negara asal Lionel Messi ini sudah masuk final Piala Dunia sebanyak lima kali. Namun, La Albiceleste sudah lama tidak mencicipi gelar juara. Terakhir kali mereka juara pada edisi Piala Dunia 1986.

Pada Piala Dunia 2022 Qatar, Argentina satu grup dengan Meksiko, Polandia, dan Arab Saudi. Patut ditunggu kejutan dari timnas Negeri Tango di Qatar nanti.

5. Prancis (3 kali)

6 Negara yang Paling Sering Masuk Final Piala Dunia, Ada Italia!Pemain timnas Prancis berpose dalam sesi latihan di lapangan. (instagram.com/equipedefrance)

Timnas yang terkenal dengan logo ayam jantannya ini merupakan juara terbaru dari Piala Dunia. Mereka berhasil menjadi juara pada Piala Dunia 2018 di Rusia setelah memenangi pertandingan final 4-2 dari Kroasia.

Prancis sudah mencapai babak final Piala Dunia sebanyak tiga kali, yaitu pada 1998, 2006, dan 2018. Timnas Prancis masih akan ditemani generasi juara Piala Dunia 2018 dalam melakoni Piala Dunia 2022 Qatar.

6. Belanda (3 kali)

6 Negara yang Paling Sering Masuk Final Piala Dunia, Ada Italia!Steven Bergwijn merayakan gol pembuka dalam pertandingan melawan Norwegia di kualifikasi Piala Dunia zona Eropa. (knvb.com)

De Oranje akan hadir pada Piala Dunia 2022 setelah pada edisi sebelumnya terpaksa absen. Dengan jajaran pemain anyar, timnas Belanda diyakini dapat memberikan kejutan pada Piala Dunia tahun ini.

Belanda sendiri sudah tiga kali masuk final Piala Dunia, tetapi hingga kini belum berbuah juara. Momen kembalinya Belanda ke gelaran Piala Dunia mungkin menjadi waktu yang tepat untuk meraih gelar tertinggi di persepakbolaan dunia.

Negara-negara di atas mungkin menjadi unggulan karena sejarah yang mereka telah torehkan. Namun, Piala Dunia akan lebih seru dengan tim kuda hitam yang sampai final juga.

Baca Juga: 8 Pemain Andalan Timnas Kanada, Siap Berlaga di Piala Dunia 2022!

Satrio Wahyu Photo Writer Satrio Wahyu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya