Comscore Tracker

Sancho ke MU, Berikut 5 Penjualan Pemain Dortmund yang Cuan Banget!

Emang jagonya jualan #IDNTimesSport

Borussia Dortmund merupakan salah satu klub Bundesliga tersukses setelah Bayern München dalam beberapa tahun terakhir. Sejak musim 2010/2011 hingga 2020/2021, klub yang memiliki julukan Die Borussen tersebut mampu meraih beberapa trofi bergengsi antara lain, dua gelar Bundesliga, dua gelar juara DFB Pokal, dan satu gelar juara DFB Supercup. Tak hanya itu, Dortmund juga mampu menembus parta final Liga Champions pada musim 2012/2013.

Hal tersebut tak lepas dari tradisi Dortmund yang terkenal melahirkan beberapa talenta sepak bola terbaik dunia. Sebut saja Mario Gotze, Matt Hummels, Marco Reus, Robert Lewandowski, Pierre-Emerick Aubameyang, hingga yang terbaru adalah Jadon Sancho. Tercatat hanya Marco Reus yang belum pernah berpindah klub sejak ditransfer dari Borussia Mönchengladbach pada musim 2012/2013.

Sedangkan, nama lain dalam daftar tersebut sudah pernah hijrah ke klub lain meskipun beberapa di antaranya kembali lagi ke Dortmund. Dortmund juga dikenal mahir dalam melakukan penjualan pemain yang sebelumnya dibeli dengan harga murah bahkan cuma-cuma.

Berikut ini lima penjualan pemain termahal Borussia Dortmund sepanjang sejarah.

1. Ousmane Dembele – 2017/2018 

Sancho ke MU, Berikut 5 Penjualan Pemain Dortmund yang Cuan Banget!potret Dembele ketika berseragam Dortmund (twitter.com/utdarena)

Ousmane Dembele pindah ke Barcelona dengan mengantongi catatan impresif selama bermain untuk Dortmund. Tercatat, ia mampu membukukan 10 gol dan 22 asis dari 50 laga yang dijalani bersama Die Borussen. Barcelona menyetujui harga yang dipatok Dortmund sebesar 135 juta euro atau setara Rp2,3 triliun untuk pemain yang saat itu masih berusia 20 tahun.

Meski dibanderol dengan harga selangit, kontribusi Dembele di Barcelona dapat dibilang belum memenuhi ekspektasi manajemen Barcelona. Ia lebih sering dibekap cedera selama empat musim berkarir di klub yang berada di Kota Catalan tersebut.

Dalam empat musim berseragam biru merah, Dembele hanya mampu membukukan 30 gol dan menorehkan 22 asis dari 118 laga. Saat ini Dembele kembali menjalani perawatan pasca menderita cedera hamstring yang ia dapat di laga Euro 2020 bersama timnas Perancis bulan Juni silam. Ia diperkirakan kembali merumput bersama Barcelona pada bulan Oktober mendatang.

2. Jadon Sancho – 2021/2022 

Sancho ke MU, Berikut 5 Penjualan Pemain Dortmund yang Cuan Banget!Jadon Sancho saat berseragam Dortmund (eurosport.co.uk)

Jadon Sancho merupakan buah manis dari model bisnis yang dijalankan Dortmund. Jadon Sancho baru saja diresmikan oleh Manchester United setelah melalui drama transfer yang panjang.

Mahar yang disetujui kedua belah pihak untuk kepindahan Sancho adalah sebesar 85 juta euro atau sekitar Rp1,4 triliun.

Sebelumnya, Sancho dibeli Dortmund dari rival sekota MU, Manchester City, pada musim 2017/2018 ketika usianya baru menginjak 17 tahun dengan harga 5 juta euro atau setara Rp85 miliar saja. Selama empat tahun berkarir di Signal Iduna Park, Sancho mencatatakan penampilan impresif dengan mengoleksi 50 gol dan 64 asis dari 137 pertandingan.

Baca Juga: 5 Calon Kuat Pengganti Mbappe di PSG Jika Jadi Hengkang ke Madrid

3. Christian Pulisic – 2018/2019 

Sancho ke MU, Berikut 5 Penjualan Pemain Dortmund yang Cuan Banget!Pulisic ketika masih membela Dortmund (goal.com)

Christian Pulisic merupakan binaan akademi Dortmund sejak tahun 2015. Pennsylvania Classics, klub sepak bola Amerika Serikat, secara gratis memberikan Pulisic kepada Dortmund pada bursa transfer musim dingin 2014/2015.

Ia menembus tim senior Dortmund pada pertengahan musim 2015/2016. Selama membela tim senior Dortmund, ia menjadi andalan lini depan bersama Pierre-Emerick Aubameyang dan Marco Reus. Ia mencatatkan torehan 19 gol dan 26 asis dari 127 laga.

Dortmund melego Pulisic ke Chelsea pada bursa transfer musim dingin 2018/2019 dengan mahar 64 juta euro atau setara Rp1 triliun. Terbaru, Pulisic meraih trofi Liga Champions bersama dengan Chelsea setelah mengalahkan Manchester City pada laga final yang digelar di Estadio do Dragao, Porto.

4. Pierre-Emerick Aubameyang – 2017/2018 

Sancho ke MU, Berikut 5 Penjualan Pemain Dortmund yang Cuan Banget!potret Aubameyang merayakan gol (goal.com)

Bintang sepak bola asal Gabon ini cukup dikenal sebagai pesepak bola yang melanglang buana di banyak klub Eropa. Aubameyang tercatat pernah membela AC Milan, Lille, Saint-Etienne, hingga akhirnya berlabuh di Dortmund pada musim 2013/2014. Ia ditebus oleh Die Borussen seharga 13 juta euro atau setara Rp222 miliar dan menghabiskan waktu lima musim bersama Die Borussen.

Selama lima musim tersebut, ia mencatatkan 213 pertandingan dengan torehan 141 gol dan 36 asis. 

Aubameyang ditebus Arsenal pada musim dingin 2017/2018 dengan harga transfer sebesar 63,75 juta euro atau setara Rp1,9 trilun. Bersama tim meriam London tersebut, ia dipercaya sebagai kapten tim dalam beberapa musim terakhir. 

5. Henrikh Mkhitaryan – 2016/2017 

Sancho ke MU, Berikut 5 Penjualan Pemain Dortmund yang Cuan Banget!Henrikh Mkhitaryan saat masih membela Dortmund (goal.com)

Gelandang kreatif satu ini menjadi andalan lini serang Dortmund selama tiga musim. Mkhitaryan didatangkan dari Shaktar Donetsk pada musim 2013/2014 dengan biaya transfer sebesar 27,5 juta euro atau setara Rp470 miliar.

Kreativitasnya menjadikan lini depan Dortmund yang dihuni Pulisic, Dembele, dan Aubameyang semakin menakutkan bagi bek lawan. Ia berhasil menorehkan 41 gol dan 49 asis dalam 140 pertandingan bersama Die Borussen.

Penampilan Mkhitaryan yang impresif membuat pelatih MU saat itu, Jose Mourinho, tertarik untuk menggunakan jasanya. MU menebus Mkhitaryan dari Dortmund dengan biaya sebesar 42 juta euro atau sekitar Rp718 miliar. Bersama Setan Merah, Mkhitaryan hanya mampu mencatatkan 13 gol dan 11 asis dalam 63 laga.

Pada bursa transfer musim dingin 2017/2018, ia dibarter dengan Alexis Sanchez dan dipinjamkan oleh Arsenal ke AS Roma selama semusim sebelum akhirnya pindah secara permanen ke AS Roma setelah kontraknya bersama Arsenal habis pada Juni 2021.

Itulah deretan nama pemain bintang yang berhasil dilepas Borussia Dortmund dengan nama fantastis. Setelah ini, Dortmund masih berkesempatan meraup keuntungan fantastis jika akhirnya bersedia melepas bintang andalan mereka, Erling Braut Haaland, ke klub besar Eropa lainnya.

Baca Juga: 10 Pemain Termahal yang Pernah Dilepas LOSC Lille, Deretan Pemain Top

Satriyo Ari Raharjo Photo Writer Satriyo Ari Raharjo

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya