13 Pencetak Gol Tertua di Piala Dunia, Ada Cristiano Ronaldo 

Roger Milla pencetak gol tertua, saat itu umurnya 42 tahun

Piala Dunia telah berlangsung sejak tahun 1930. Ajang kompetisi sepak bola terbesar di dunia ini telah melahirkan banyak rekor-rekor, seperti rekor pemegang gelar pemenang terbanyak, kartu merah tercepat, dan masih banyak rekor-rekor lainnya.

Kali ini, akan dibahas mengenai rekor pencetak gol tertua selama ajang Piala Dunia berlangsung. Yuk, kita lihat daftarnya di bawah ini.

1. Roger Milla - Kamerun (42 tahun, 39 hari)

13 Pencetak Gol Tertua di Piala Dunia, Ada Cristiano Ronaldo Roger Milla (twitter.com/fifaworldcup)

Roger Milla adalah seorang pemain sepak bola asal Kamerun yang memegang rekor sebagai pencetak gol tertua di Piala Dunia. Milla mencetak gol ketika umurnya menginjak 42 tahun, 1 bulan, 8 hari.

Milla mencetak gol pada Piala Dunia 1994, ketika Kamerun berhadapan dengan Rusia di laga Grup B. Meski timnasnya berakhir kalah, Roger Milla mengakui bahwa ia senang karena gol serta rekor tersebut dapat menunjukkan pada orang-orang bahwa meski fisik dan usianya yang menua, ia tetap memiliki teknik.

2. Pepe - Portugal (39 tahun, 8 hari)

13 Pencetak Gol Tertua di Piala Dunia, Ada Cristiano Ronaldo potret Pepe bersama Timnas Portugal(besoccer.com)

Pepe adalah pencetak gol tertua yang berada di urutan kedua setelah Roger Milla. Pepe mencetak gol pada babak sistem gugur di Piala Dunia 2022 saat usianya sudah 39 tahun.

Pepe merupakan pemain timnas Portugal dan dapat mengalahkan Swiss dengan skor 6-1, sehingga Portugal dapat melaju ke babak perempat final.

3. Cristiano Ronaldo - Portugal (37 tahun, 295 hari)

13 Pencetak Gol Tertua di Piala Dunia, Ada Cristiano Ronaldo Cristiano Ronaldo (goal.com)

Cristiano Ronaldo tidak ada henti-hentinya menciptakan rekor-rekor hebat selama bermain sepak bola. Ronaldo berumur 37 tahun 295 hari ketika ia mencetak gol saat melawan Timnas Ghana.

Ronaldo tentu sudah menjadi pemain langganan yang berpartisipasi dalam Piala Dunia mengingat ia sudah tampil dalam lima edisi Piala Dunia dan tidak pernah absen untuk mencetak gol. Pemain asal portugal ini pun berada pada urutan ketiga sebagai pencetak gol tertua di Piala Dunia.

4. Gunnar Gren - Sweden (37 tahun, 236 hari)

13 Pencetak Gol Tertua di Piala Dunia, Ada Cristiano Ronaldo ilustrasi potret Gunnar Gren (curiosidadesdelfutbol.wordpress.com)

Gunnar Gren merupakan pemain asal Swedia dan mencetak gol ketika umurnya menginjak 37 tahun 236 hari di laga Semifinal Piala Dunia 1958. Swedia harus berhadapan dengan Jerman ketika dan pertandingan tersebut digelar di Gamla Ullevi, Swedia.

Saat itu, Swedia mampu menumbangkan Jerman Barat dengan skor 3-1. Namun, Swedia tidak berhasil menjadi juara karena harus menerima kekalahan atas Brasil dengan skor 5-2.

Baca Juga: 5 Pemain Liga Domestik Termahal Kroasia di Piala Dunia 2022

5. Cuauhtémoc Blanco - Meksiko (37 tahun, 151 hari)

13 Pencetak Gol Tertua di Piala Dunia, Ada Cristiano Ronaldo Publimetro

Cuauhtemoc Blanco menjadi salah satu pemain terbaik di Meksiko karena ia dapat memproduksi sebanyak 39 gol selama 19 tahun berkarir di bidang sepak bola. Cuauhtemoc Blanco termasuk ke dalam pencetak gol tertua ketika ia berlaga di Piala Dunia 2010.

Meksiko saat itu berhadapan dengan Prancis di fase grup. Seusai gantung sepatu, Cuauhtemoc Blanco terjun ke bidang politik dan sempat menjadi walikota dan gubernur.

6. Felipe Baloy - Panama (37 tahun, 120 hari)

13 Pencetak Gol Tertua di Piala Dunia, Ada Cristiano Ronaldo FIFA

Pemain asal Panama ini lahir pada 24 Februari 1981 dan berhasil mencetak gol di umur 37 tahun 120 hari. Momen tersebut terjadi ketika timnas Panama berhadapan dengan Inggris di fase grup Piala Dunia 2018 yang digelar di Rusia.

Felipe Baloy saat itu berhasil mencetak satu gol tunggal. Namun sayangnya, ia belum mampu membawa timnasnya untuk lolos ke babak selanjutnya.

7. Obdulio Varela - Uruguay (36 tahun, 279 hari)

13 Pencetak Gol Tertua di Piala Dunia, Ada Cristiano Ronaldo potret Obdulio Varela (transfermarkt.co.id)

Pencetak gol tertua selanjutnya adalah Obdulio Varela. Varela membela timnas Uruguay di Piala Dunia 1954.

Umurnya sudah 36 tahun ketika ia bermain di Piala Dunia 1954. Meski tidak lagi muda, Varela masih mampu untuk mencetak gol ketika Uruguay berhadapan dengan Inggris. Uruguay berhasil membekuk Inggris dengan skor akhir 4-2 pada babak perempat final.

8. Martín Palermo - Argentina (36 tahun, 227 hari)

13 Pencetak Gol Tertua di Piala Dunia, Ada Cristiano Ronaldo transfermarkt.com

Palermo adalah salah satu pemain andalan timnas Argentina ketika pelatihnya adalah Diego Maradona. Pemain yang dijuluki sebagai ‘Si Gila’ ini dapat mencetak gol di Piala Dunia 2010 dan berhasil membuat Yunani kalah atas Argentina.

Palermo juga masuk Guinness World Record, tapi sayangnya bukan karena hal yang bagus. Ia masuk buku Guinness World Record karena gagal mengeksekusi penalti sebanyak tiga kali dalam satu laga.

Baca Juga: Pemain Korea Selatan yang Paling Banyak Bermain di Piala Dunia 2022

9. Georges Bregy - Swiss (36 tahun, 152 hari)

13 Pencetak Gol Tertua di Piala Dunia, Ada Cristiano Ronaldo potret George Bregy (alchetron.com)

George Bregy adalah pemain asal Swiss dan mencetak gol pada menit ke-39 ketika Timnas Swiss berhadapan dengan Amerika Serikat di Piala Dunia 1994. George Bregy berusia 36 tahun 152 hari saat itu dan pertandingan berakhir imbang dengan skor 1-1.

Ia merupakan penyerang dan juga pemain glandang yang telah mencetak 12 gol untuk tim nasional Swiss. Tak hanya itu, ia bahkan pernah mendapatkan gelar pencetak gol terbanyak di Swiss pada tahunu 1984, yaitu sebanyak 21 gol dalam semusim. 

10. Tom Finey - Inggris (36 tahun, 64 hari)

13 Pencetak Gol Tertua di Piala Dunia, Ada Cristiano Ronaldo potret Tom Finey (bolaskor.com)

Tom Finey berpartisipasi dalam Piala Dunia 1958 dengan timnas Inggris. Umurnya saat itu 36 tahun dan ia menyumbangkan gol ketika pertandingan sudah berjalan di menit ke-85.

Timnas Inggris bertemu dengan Uni Soviet di Piala Dunia 1958 dan laga terebut berakhir imbang dengan skor 2-2. Ia juga merupakan pemain dari klub Preston North End dan Distillery. 

11. Olivier Giroud - Prancis (36 tahun, 53 hari)

13 Pencetak Gol Tertua di Piala Dunia, Ada Cristiano Ronaldo potret Olivier Giroud bersama Timnas Prancis (skysports.com)

Giroud menempati posisi sebagai seorang penyerang dan berasal dari klub AC Milan. Oliver Giroud dalam Piala Dunia 2022 membantu timnas Prancis melakukan penyerangan.

Giroud berhasil menjebol gawang Polandia di babak 16 besar. Umurnya 36 tahun 53 hari ketika ia berhasil mencetak gol dan termasuk ke dalam salah satu pemain tertua yang mencetak gol di Piala Dunia.

12. Miroslav Klose - Jerman (36 tahun, 29 hari)

13 Pencetak Gol Tertua di Piala Dunia, Ada Cristiano Ronaldo potret Miroslav Klose (skysports.com)

Salah satu pemain terbaik Jerman, Miroslav Klose, menempati posisi sebagai penyerang. Namanya berhasil muncul di papan skor saat ia mencetak gol ketika berhadapan dengan timnas Ghana.

Umurnya 36 tahun 29 hari ketika ia mencetak gol tersebut dan pertandingan berakhir imbang dengan skor 2-2.

13. John Aldridge - Irlandia (35 tahun, 279 hari)

13 Pencetak Gol Tertua di Piala Dunia, Ada Cristiano Ronaldo John Aldridge (live4liverpool.com)

Pencetak gol tertua terakhir adalah John Aldridge yang berasal dari timnas Irlandia. Aldridge mencetak gol saat usianya menginjak 35 tahun 279 hari saat Irlandia bertemu dengan Meksiko.

Meski ia berhasil mencetak gol untuk timnasnya, hal tersebut tidak membuat Irlandia dapat melaju ke babak selanjutnya. Sayang sekali, ya.

Baca Juga: 5 Peserta Piala Dunia 2022 dengan Pengalaman Minim di Piala Dunia

Itulah 13 pencetak gol tertua di Piala Dunia. Yang mana jagoan mu?

Topik:

  • Bella Manoban
  • Cynthia Nanda Irawan

Berita Terkini Lainnya