3 Pemain Naturalisasi Gagal di Timnas Indonesia, Ada yang Kegemukan

Berikut pemain naturalisasi yang gagal memperkuat Timnas

Jakarta, IDN Times - Setelah membahas pemain naturalisasi sukses dan sering dipanggil ke Timnas Indonesia, ada baiknya kita menengok yang gagal. Ya, kebijakan naturalisasi PSSI yang digemakan sejak 2010 lalu, tak selamanya berlangsung baik. Justru, sejumlah pemain malah tak terpakai di Timnas.

Alasan mereka tak terpakai beragam. Kualitas teknik jadi salah satu masalah utama yang membuat mereka tak terpakai. Lalu, faktor usia juga menjadi masalah lainnya.

Kemudian, ada lagi alasan konyol lainnya, lantaran tubuhnya sudah terlalu tambun. Akibatnya, sang pemain juga sempat mengalami cedera punggung akibat bobot tubuh yang terlalu berat ketika berlaga di Piala AFF 2012 lalu. Siapa saja pemain naturalisasi yang gagal? Berikut IDN Times sajikan buat kamu.

1. Tonnie Cusell

3 Pemain Naturalisasi Gagal di Timnas Indonesia, Ada yang Kegemukaninstagram.com/cuselltonnie

Pada 2012 lalu, Tonnie Cusell resmi dinaturalisasi Indonesia dan langsung berlaga di ajang Piala AFF 2012. Penampilan Tonnie bersama Pasukan Garuda kala itu tak memuaskan.

Bahkan, dia tak terlihat nyetel dengan permainan tim asuhan Nilmaizar kala itu. Jadilah, Taufiq yang diplot sebagai gelandang utama.

Pasca Piala AFF, Tonnie merumput di Indonesia dan bermain buat Barito Putera. Performanya tak kunjung menanjak. Hingga akhirnya, Tonnie didepak dari Barito Putera.

Tonnie kemudian bermain bersama klub amatir Belanda, Nieuw Utrecht, pada 2015 silam dan mulai berpindah-pindah ke klub lainnya seperti Ajax Zaterdag yang main di divisi lima Belanda.

Baca Juga: 5 Timnas dengan Skuad Termahal di Piala AFF, Ada Indonesia

2. Jhonny Van Beukering

3 Pemain Naturalisasi Gagal di Timnas Indonesia, Ada yang Kegemukaninstagram.com/jhonnyvanbeukering

Tadi sempat dibicarakan, ada pemain naturalisasi yang terlalu tambun tubuhnya. Ya, dia adalah Jhonny van Beukering. Ketika gabung skuad Indonesia di Piala AFF 2012, tubuh Van Beukering memang tak ideal.

Dokter Timnas kala itu, Syarif Alwi, bahkan meminta Van Beukering buat diet ketat. Sebab, pergerakan tubuhnya begitu lambat akibat terlalu tambun.

"Saya sempat memintanya menurunkan berat badan. Ketika datang masih 95 kilogram bobotnya," ujar Syarif Alwi kala itu.

Van Beukering juga sempat mengalami cedera punggung akibat tubuhnya yang terlalu tambun itu. Permainan Van Beukering di Piala AFF 2012 juga tak bagus.

Hingga akhirnya, Van Beukering tak dipanggil lagi ke Timnas Indonesia. Dia kembali ke Belanda untuk melanjutkan karier profesionalnya. Ketika di Belanda, Van Beukering sempat tersandung kasus narkotika, menanam ganja melebihi batas ambang yang ditentukan pemerintah hingga akhirnya harus berurusan dengan kepolisian.

3. Sergio Van Dijk

3 Pemain Naturalisasi Gagal di Timnas Indonesia, Ada yang KegemukanSergio

Sergio van Dijk dinaturalisasi dengan harapan yang tinggi. Ketajamannya saat merumput di Australia bersama Brisbane Roar dan Adelaide United, memunculkan harapan akan kebutuhan striker ganas di Indonesia terpenuhi.

Van Dijk selanjutnya dinaturalisasi pada 2014. Dia juga gabung Persib Bandung. Performanya bareng Persib terbilang luar biasa.

Tapi, ketika main buat Timnas, Van Dijk malah melempem. Dia terlihat kesulitan mengimbangi permainan cepat ala Pasukan Merah Putih. Karena usianya yang sudah terlalu senja, Van Dijk akhirnya tak dipanggil lagi ke tim nasional.

Baca Juga: Naturalisasi Timnas Jangan Sampai Bermasalah Kayak Marc Klok

Topik:

  • Bella Manoban
  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya