4 Macam Tendangan Pada Sepak Bola, Apa Saja?

Simak baik-baik agar tidak keliru, ya!

Euforia Piala Dunia 2022 di Qatar tentu tidak bisa kita lewatkan. Piala Dunia yang merupakan ajang kompetisi internasional sepak bola ini selalu menarik untuk diulas lebih jauh karena sepak bola dapat dimainkan oleh berbagai kalangan.

Agar kita dapat melihat Piala Dunia 2022 dengan seru, tidak ada salahnya juga apabila kita mengetahui macam-macam tendangan sepak bola apa saja yang kerap kali digunakan oleh para pemain di lapangan hijau.

Berikut ini merupakan macam-macam tendangan sepak bola yang akan diulas lebih jauh. Keep scrolling, ya!

1. Tendangan kick-off

4 Macam Tendangan Pada Sepak Bola, Apa Saja?internet

Dimulai dari tendangan kick-off yang juga dikenal dengan sebutan tendangan mula atau sepak mula. Tendangan ini merupakan tendangan pertanda bahwa laga sepak bola akan dimulai.

Tendangan kick-off mengawali babak kedua dan dilakukan di tengah lapangan. Selain itu, tendangan ini juga dilakukan di kedua babak atau setelah gol tercipta oleh salah satu pemain.

Baca Juga: Diimbangi Ekuador, Belanda Gagal Kunci Tiket Fase Gugur

2. Tendangan bebas

4 Macam Tendangan Pada Sepak Bola, Apa Saja?Tendangan bebas David Beckham (thesun.co.uk)

Sebuah tim akan mendapatkan tendangan bebas apabila terdapat pemain yang dilanggar oleh tim lawan atau ketika tim lawan melakukan pelanggaran di luar kotak penalti. Tendangan bebas atau free kick dibagi menjadi dua macam, yaitu berdasarkan jaraknya dan berdasarkan teknisnya.

Tendangan bebas berdasarkan jaraknya pun terbagi lagi menjadi dua, yaitu tendangan bebas jarak jauh dan tendangan bebas jarak dekat. Tendangan bebas jarak jauh adalah tendangan yang terjadi dengan jarak yang jauh dari gawang dan biasa dilakukan tanpa dihadang oleh pagar betis tim lawan. Kerap kali tendangan ini terjadi di tempat pelanggaran di daerah musuh atau dekat dengan area penalti lawan.

Perbedaan signifikan antara tendangan bebas jarak jauh dan jarak dekat adalah jika tendangan bebas jarak dekat itu memiliki jarak yang tidak terlalu jauh dengan gawang. Selain itu, tendangan ini akan dijaga oleh pemain yang membuat pagar betis.

Sedangkan tendangan bebas secara teknis terdiri dari dua macam, yaitu tendangan bebas langsung dan tendangan bebas tidak langsung. Tendangan bebas langsung adalah tendangan yang secara langsung mengarah ke gawang dengan tujuan untuk mencetak gol dan tendangan bebas tidak langsung adalah tendangan yang tidak mengarah secara langsung ke gawang, melainkan sang pemain mengoper ke rekan timnya terlebih dahulu.

3. Tendangan penalti

4 Macam Tendangan Pada Sepak Bola, Apa Saja?Bruno Fernandes saat melakukan tendangan penalti. (eurosport.com)

Tendangan ini akan dilakukan jika pemain lawan melakukan pelanggaran di dalam kotak penalti, entah pelanggaran ringan ataupun pelanggaran berat. Jadi, hanya kiper yang berhadapan langsung dengan penendang.

Jarak dari bola ke gawang adalah sejauh 11 meter. Tendangan ini dianggap sebagai tendangan yang paling mudah untuk mencetak gol. Selain itu, tendangan penalti juga biasa dilakukan apabila kedua tim harus mengakhiri waktu normal dengan skor yang seimbang, sehingga perlu ditentukan pemenang melalui babak tendangan penalti.

4. Tendangan sudut

4 Macam Tendangan Pada Sepak Bola, Apa Saja?ilustrasi tendangan sudut (skysports.com)

Tendangan sudut atau corner kick dapat diperoleh apabila bola mengenai pemain tim lawan dan bola keluar ke sisi gawang lawan. Wasit akan mengibarkan bendera dan menunjuk ke arah tepian sudut lapangan. Tendangan ini juga ditunggu-tunggu oleh pemain karena tendangan ini memberikan peluang untuk mencetak gol di gawang lawan.

Itulah empat macam tendangan di dalam sepak bola. Semoga bermanfaat bagi kamu yang ingin memahami lebih jauh tentang dunia sepak bola, ya.

Baca Juga: 5 Negara Terakhir yang Jadi Lawan Pertama Timnas Jerman di Piala Dunia

Topik:

  • Bella Manoban
  • Rizna Hidayah

Berita Terkini Lainnya