Pemain Naturalisasi Sukses, Sering Dipakai Timnas Indonesia

3 nama pemain naturalisasi paling sukses di Timnas

Jakarta, IDN Times - Naturalisasi menjadi jalan pintas buat Indonesia untuk mencari prestasi di pentas internasional. Sejak program ini diinisiasi pada 2010 silam, PSSI sudah melakukan naturalisasi kepada lebih dari 20 pemain profesional.

Sayangnya, naturalisasi yang dilakukan tak berbuah manis. Belum ada gelar yang diberikan buat Indonesia oleh para pemain naturalisasi tersebut. Justru, kebanyakan dari pemain naturalisasi di Indonesia malah tak terpakai.

Namun, ada pula yang pada akhirnya sering dipanggil ke Timnas Indonesia. Mereka bahkan memberikan dampak cukup nyata di permainan Timnas Indonesia, meski belum mampu menyumbangkan gelar.

Berikut IDN Times rangkum buat kamu.

1. Victor Igbonefo

Pemain Naturalisasi Sukses, Sering Dipakai Timnas IndonesiaHumas Kemenpora / Bek Persib Bandung, Victor Igbonefo

Victor Igbonefo menjadi salah satu pemain naturalisasi tersukses yang pernah dimiliki Indonesia. Saat ini, Igbonefo bahkan main di Piala AFF 2020, sebagai pemain tertua di dalam skuad asuhan Shin Tae Yong.

Resmi dinaturalisasi pada 2011 lalu, Igbonefo sempat jadi andalan buat Indonesia di beberapa ajang. Bahkan, dia sempat main pula di Piala AFF, yakni edisi 2014. Sayangnya, kala itu Indonesia babak belur.

Tapi, setelahnya Igbonefo masih rutin dipanggil ke Timnas Indonesia. Hal itu tak terlepas dari kemampuannya yang memang konsisten.

Baca Juga: Naturalisasi Buat Timnas Indonesia Tak Sembarangan

2. Stefano Lilipaly

Pemain Naturalisasi Sukses, Sering Dipakai Timnas IndonesiaInstagram.com/StefanoLilipaly

Stefano Lilipaly merupakan pemain naturalisasi paling sukses yang pernah dimiliki oleh Timnas Indonesia. Pemain kelahiran Belanda ini memang punya gaya main khas dan paling nyetel dengan sejumlah pelatih Timnas Indonesia asal Eropa seperti Alfred Riedl dan Luis Milla.

Bahkan, pada 2016 silam, Lilipaly nyaris saja mengantarkan Indonesia jadi juara Piala AFF. Sayangnya, kala itu Indonesia gagal juara karena keok dari Thailand di final leg 2, setelah sempat unggul 2-1 pada pertemuan pertama.

Lilipaly kembali jadi andalan Timnas Indonesia di bawah arahan Milla. Dia menjadi satu dari sekian pemain senior yang dipanggil Milla buat Asian Games 2018. Sayangnya, langkah Indonesia di Asian Games 2018 tak jauh. Meski begitu, permainan Indonesia telah mencuri perhatian masyarakat.

3. Raphael Maitimo

Pemain Naturalisasi Sukses, Sering Dipakai Timnas IndonesiaInstagram.com/psimjogja_official

Raphael Maitimo jadi salah satu naturalisasi tersukses yang pernah dimiliki Indonesia. Sama seperti Lilipaly, dia sering masuk Timnas Indonesia, meski sering terjadi pergantian pelatih.

Maitimo sudah merasakan Piala AFF di dua edisi, 2012 dan 2014. Setelahnya, dia sempat beberapa kali dipanggil ke Timnas Indonesia dalam berbagai ajang. Namun, seiring munculnya banyak gelandang muda, Maitimo mulai tersisihkan.

Baca Juga: Naturalisasi Timnas Jangan Sampai Bermasalah Kayak Marc Klok

Topik:

  • Bella Manoban
  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya