Kabar Terkini 6 Rekrutan Termahal PSG di Musim Pertama QSI

Ada yang sempat berkiprah di Liga 1 Indonesia, lho!

Sebelum kedatangan Qatar Sports Investments (QSI) yang dipimpin oleh Nasser Al-Khelaifi, PSG kesulitan untuk menambah koleksi gelar Ligue 1 mereka yang berjumlah dua. Terakhir kali mereka sanggup merengkuh gelar tersebut pada musim 1993/94 setelah pertama kali meraihnya pada musim 1985/86 silam.

Namun, semuanya berubah saat QSI mengambil alih kendali klub yang bermarkas di kota Paris itu pada tahun 2011. Mereka mendominasi Ligue 1 dalam satu dekade terakhir. Perubahan signifikan yang mereka lakukan tentunya adalah di bursa transfer. Di musim pertama, mereka langsung super aktif merekrut pemain-pemain berlabel bintang, terutama yang berasal dari Serie A Italia.

1. Javier Pastore

Kabar Terkini 6 Rekrutan Termahal PSG di Musim Pertama QSIJavier Pastore melakukan selebrasi usai mencetak gol. (psgtalk.com)

Tampil impresif dalam dua musim terakhir di Serie A bersama Palermo, Javier Pastore menjadi rekrutan termahal di musim pertama QSI. Playmaker asal Argentina itu diangkut dengan biaya Rp730 miliar.

Ia langsung menjadi pilihan utama untuk mengatur ritme serangan PSG. Selama tujuh musim menjadi pujaan publik Parc des Princes, Pastore sukses mempersembahkan 19 gelar bergengsi untuk PSG.

Ia akhirnya dilepas ke AS Roma pada musim panas 2018 dengan tebusan Rp429 miliar. Kini, pemain berusia 32 tahun itu bermain untuk Elche di LaLiga.

2. Thiago Motta

Kabar Terkini 6 Rekrutan Termahal PSG di Musim Pertama QSIThiago Motta tampil membela PSG. (sportskeeda.com)

Seperti Pastore, Thiago Motta juga hijrah dari kompetisi Serie A menuju Paris. Ia ditebus pada pertengahan musim 2011/12 dari Inter dengan biaya Rp200 miliar.

Mantan pemain Barcelona itu sukses menjadi andalan di lini tengah dan mampu mencatatkan 231 laga dengan torehan 12 gol dan 18 assist. Selain itu, ia pun berhasil mempersembahkan 18 gelar untuk PSG.

Usai memutuskan gantung sepatu pada tahun 2018, Motta sempat menjabat sebagai pelatih PSG U-19 dan Genoa. Kini ia tengah berjuang mengangkat Spezia yang berada di bibir jurang degradasi Serie A.

3. Kevin Gameiro

Kabar Terkini 6 Rekrutan Termahal PSG di Musim Pertama QSIKevin Gameiro melakukan selebrasi usai mencetak gol. (skysports.com)

Ketajaman Kevin Gameiro bersama Lorient di Ligue 1 membuatnya tak luput dari radar PSG. Pada pembukaan bursa transfer musim 2011/12, mereka pun langsung merekrutnya dengan mahar Rp191 miliar.

Selama dua musim berkostum PSG, striker yang sempat mengecap 13 penampilan untuk Timnas Perancis itu mampu mencetak 23 gol dari 77 pertandingan di semua ajang dan sukses mempersembahkan gelar Ligue 1 musim 2012/13.

Gameiro kemudian memutuskan pergi ke Spanyol setelah kalah bersaing dengan Zlatan Ibrahimovic dan Jeremy Menez. Di sana ia meraih kesuksesan dengan merengkuh 1 Piala Spanyol bersama Valencia serta 4 Europa League bersama Sevilla dan Atletico Madrid.

Musim ini, pemain berusia 34 tahun itu memutuskan mudik ke Perancis dan membela klub profesional pertamanya, Strasbourg, yang berlaga di Ligue 1. Saat melakukan "reuni" ke Parc des Princes pada pekan kedua Ligue 1 Agustus 2021 lalu, ia sukses menjaringkan 1 gol ke gawang mantan klubnya itu.

Baca Juga: Messi dan Neymar Bikin Mbappe Tak Nyaman di PSG

4. Blaise Matuidi

Kabar Terkini 6 Rekrutan Termahal PSG di Musim Pertama QSIBlaise Matuidi usai tampil membela PSG. (intermiamicf.com)

Jika ditanya siapa salah satu gelandang terbaik yang pernah dimiliki PSG, nama Blaise Matuidi patut dikemukakan. Sejak direkrut dari Saint Etienne dengan tebusan Rp139 miliar pada awal musim 2011/12, ia selalu menjadi pilihan utama di lini tengah PSG.

Selama enam musim berkostum PSG, ia berhasil mempersembahkan total 17 gelar dan mampu menorehkan 33 gol serta 28 assist dari 295 laga di semua kompetisi. Tak hanya itu, kepindahannya ke Juventus pada tahun 2017 lalu membuat PSG meraup untung Rp434 miliar, hampir empat kali lipat dari biaya saat mendatangkannya.

Saat ini pemegang gelar Piala Dunia 2018 bersama Timnas Prancis itu berkiprah di MLS. Ia membela klub milik David Beckham, Inter Miami FC, sejak tahun 2020 lalu.

5. Jeremy Menez

Kabar Terkini 6 Rekrutan Termahal PSG di Musim Pertama QSIJeremy Menez saat tampil membela PSG. (skysports.com)

Didatangkan dari AS Roma dengan biaya Rp139 miliar, Jeremy Menez langsung menjadi andalan di posisi winger kanan. Ia sukses menghadirkan 2 gelar Ligue 1, 2 Piala Liga Perancis, dan 1 Piala Super Perancis selama tiga musim berkostum PSG.

Namun, moncernya penampilan Ezequiel Lavezzi dan Lucas Moura memaksanya kembali ke Serie A dan membela AC Milan pada tahun 2014. Kini, pemain berusia 34 tahun itu tengah berjuang bersama Reggina di Serie B Italia.

6. Mohamed Sissoko

Kabar Terkini 6 Rekrutan Termahal PSG di Musim Pertama QSIMohamed Sissoko saat tampil membela PSG. (talksport.com)

Mohamed Sissoko merupakan jebolan akademi Auxerre yang sempat berkiprah di Liga 1 Indonesia pada tahun 2017 lalu bersama Mitra Kukar. Sebelumnya, ia sempat menjadi salah satu rekrutan termahal PSG saat didatangkan dari Juventus dengan mahar Rp139 miliar.

Awalnya, ia mendapatkan banyak menit bermain, tetapi kedatangan Thiago Motta di pertengahan musim membuat kesempatan bermainnya mulai mengecil. Pada transfer musim dingin 2013, ia dipinjamkan ke Fiorentina hingga akhirnya dilepas pada akhir musim.

Pada tahun 2020, mantan gelandang timnas Mali itu memutuskan pensiun setelah terakhir kali membela Sochaux di Ligue 2 pada musim 2018/19.

 

Para pemain berharga mahal di atas sebagian besar mampu menjadi andalan PSG dan menghadirkan banyak gelar. Akankah transfer sensasional PSG musim ini juga menjadi langkah efektif seperti transfer kala itu?

Baca Juga: 5 Pemain Top PSG dengan Assist Terbanyak

Sugiadi Azhar Photo Verified Writer Sugiadi Azhar

Makasih banyak editorial team IDNTimes udah bikin tulisanku jadi makin keren. From: Pejuang hidup yang bergerak lewat goresan tinta.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya