3 Aksi Brutal Doan Van Hau di AFF 2022, Indonesia Harus Lebih Waspada

Aksi brutalnya selalu luput dari pandangan wasit

Jakarta, IDN Times - Bek sayap Timnas Vietnam, Doan Van Hau, tengah menjadi sorotan di Piala AFF 2022. Itu berawal dari permainan kerasnya yang menjurus kasar kepada pemain lawan di beberapa laga yang sudah dijalani.

Van Hau diprediksi bakal kembali menjadi momok bagi Timnas Indonesia di leg kedua semifinal Piala AFF 2022, yang digelar di My Dinh Stadium, Senin (9/1/2023). Aksinya sempat merepotkan barisan depan skuad Garuda pada leg pertama, 6 Januari 2023 lalu.

Dalam laga itu, bek sayap berusia 23 tahun tersebut sukses meredam eksplosivitas Marc Klok dan kawan-kawan, namun secara kurang fair play. Ternyata, tingkahnya sudah terlihat sejak babak penyisihan grup.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, sampai dibuat geram oleh tingkahnya. Shin sampai mengunggah sejumlah 'dosa' Van Hau di Instagramnya.

1. Tekel Dendy Sulistyawan dengan dua kaki

Aksi Van Hau yang paling membuat geram di leg pertama semfinal Piala AFF 2022 adalah saat menjatuhkan Dendy Sulistyawan. Tega, Van Hau menekel Dendy dengan menerjangkan dua kakinya.

Mirisnya, tekel keras tersebut tak mendapat kartu dari wasit. Dendy juga beruntung tak terkena secara telak.

Baca Juga: Injak Kaki Evan Dimas, Ini Profil Pemain Vietnam Doan Van Hau

2. Hajar kaki Ricky Kambuaya di kotak penalti

Selain Dendy, Ricky Kambuaya juga menjadi korban dari Van Hau. Kaki Ricky kena tendang saat Van Hau telat menyapu bola di depan gawang Vietnam yang lagi-lagi luput dari pandangan wasit.

Menilik kejadian tersebut, Indonesia sepertinya layak mendapat hadiah penalti. Sebab, Ricky telah memenangkan perebutan bola terlebih dahulu.

3. Menyikut dada pemain Malaysia

Sebelumnya, Van Hau juga sempat memantik amarah netizen Negeri Jiran ketika Vietnam bersua Malaysia di Grup B Piala AFF 2022, 27 Desember 2022 lalu.

Van Hau menyikut dada Azam Azmi yang sedang memberikan high pressing. Aksinya membuat pemain Malaysia tersebut meringis kesakitan sembari memegang dadanya.

Pun, aksinya kembali luput dari pandangan wasit. Malaysia tidak mendapat hadiah penalti dan Van Hau lolos dari kartu.

Baca Juga: Penginjak Kaki Evan Dimas, Doan Van Hau, Catat Debut di Belanda

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya