Bek Timnas Ceko Mau Belajar Bahasa Indonesia Demi Persija

Demi bikin pertahanan Persija lebih solid

Jakarta, IDN Times - Bintang baru Persija Jakarta, Ondrej Kudela, ternyata belajar bahasa Indonesia. Itu bertujuan untuk komunikasinya lancar saat menjadi palang pintu pertahanan Macan Kemayoran.

Hal itu diungkapkan oleh bek kanan andalan Persija, Rio Fahmi. Rio menyatakan Kudela selalu belajar bahasa Indonesia, sedikit demi sedikit.

1. Harmoni pertahanan Persija sudah oke

Bek Timnas Ceko Mau Belajar Bahasa Indonesia Demi PersijaPemain asing baru Persija, Ondrej Kudela disambut The Jakmania, Selasa (21/6/2022). (Foto/Persija)

Meski statusnya jebolan Liga Champions dan pernah main dengan Timnas Republik Ceko, Kudela sama sekali tak sombong, begitu pernyataan Rio. Pun, Kudela mau membumi demi bertanya tentang kultur Indonesia.

Momen ini yang membuat harmoni di lini pertahanan Persija terbentuk. Dengan begitu, Rio yakin sektor belakang Persija bisa jadi lebih solid.

"Kebetulan, Kudela orangnya sangat membumi. Dia juga belajar bahasa Indonesia, jadi mungkin dia tanya ke saya ini dan itu artinya apa. Jadi, kami sama-sama bisa lebih baik komunikasinya," kata Rio usai sesi latihan Persija di Nirwana Park, Sawangan.

Baca Juga: Kick-off Liga 1 Kemalaman, Persija Tak Masalah

2. Pemain Persija dapat ilmu berharga dari Kudela

Bek Timnas Ceko Mau Belajar Bahasa Indonesia Demi PersijaSituasi ketegangan usai Ondrej Kudela hina Glen Kamara dalam laga Liga Europa. (twitter.com/EnglandExtra)

Hadirnya Kudela bukan hanya untuk membantu pertahanan Persija lebih kuat. Pemain berusia 35 tahun itu memiliki dampak besar karena memberikan ilmu atas pengalamannya berkarier di Eropa, kepada rekan-rekannya di Persija.

"Tentunya luar biasa, dia datang dari Eropa, datang sebagai pemain kelas dunia, Timnas Ceko. Tentunya, kami bisa mengambil ilmu sebanyak-banyaknya dari dia, apa yang belum ditemukan di Indonesia bisa dari Kudela," ucap Rio.

3. Kapasitas Kudela bisa terlihat sebentar lagi

Rangkaian musim baru Liga 1 tinggal menghitung untuk dimulai. Bali United jadi lawan perdana Persija pada 23 Juli 2022 nanti.

Laga itu sekaligus menjadi ajang pembuktian kualitas dari Kudela, yang diharapkan membantu pertahanan Persija lebih kuat.

Baca Juga: Thomas Doll Tergoda Antar Persija Juara Piala Indonesia 2022

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya