Bintang Timnas Basket Putri Tagih Kompetisi Usai Juara SEA Games 2023

Kompetisi basket putri sudah mati suri cukup lama

Jakarta, IDN Times - Sebuah harapan dilontarkan bintang Timnas basket putri Indonesia, Ayu Sriartha, usai meraih medali emas di SEA Games 2023. Ayu meminta, agar kompetisi basket putri bisa kembali diselenggarakan.

Memang, Women's Indonesian Basketball League sudah mati suri sejak 2016. Ada pun kompetisi yang digulirkan dengan sistem gotong royong dari klub-klub peserta, sudah berhenti sejak 2020, akibat pandemi COVID-19.

"Semoga dengan kami meraih emas di SEA Games 2023, basket putri Indonesia bisa lebih diperhatikan. Harus ada wadahnya, supaya basket putri bisa lebih berkembang," kata Ayu di Bandara Soekarno Hatta, Rabu (17/5/2023).

1. Basket putri cetak sejarah

Bintang Timnas Basket Putri Tagih Kompetisi Usai Juara SEA Games 2023Timnas basket putri Indonesia saat menghadapi Singapura, Minggu (14/5/2023). (Dok. Perbasi)

Kendati tanpa kompetisi, Timnas basket putri berhasil mencetak sejarah. Mereka menuntaskan penantian 64 tahun, untuk meraih medali emas di SEA Games.

Namun, Ayu berharap agar Perbasi bisa segera menyelenggarakan kompetisi reguler untuk basket putri. Wadah itu dibutuhkan untuk lebih mengharumkan basket putri Indonesia, di mata dunia.

"Basket putri harus lebih diperhatikan, biar bisa lebih maju lagi di tingkat dunia," kata Ayu.

Baca Juga: Timnas Basket Putri Raih Emas, Cetak Sejarah di SEA Games!

2. Kunci sukses Timnas basket putri cetak sejarah

Bintang Timnas Basket Putri Tagih Kompetisi Usai Juara SEA Games 2023Timnas basket putri Indonesia tiba di Bandara Soekarno Hatta, Rabu (17/5/2023). (IDN Times /Tino).

Bagi pebasket 25 tahun itu, soliditas tim menjadi kunci utama Timnas basket putri bisa meraih medali emas. Ayu juga bersyukur Perbasi menggelar pemusatan latihan (TC) jangka panjang, sebagai pengganti intensitas bertanding dalam kompetisi.

"Puji Tuhan, teman-teman mau berusaha bareng, berjuang, dan saling mengingatkan akan tujuan kita," ujar atlet kelahiran Bali itu.

Baca Juga: 3 Fakta Menarik Usai Basket Putri Ukir Sejarah di SEA Games 2023

3. Persembahkan emas untuk orang tua

Bintang Timnas Basket Putri Tagih Kompetisi Usai Juara SEA Games 2023Ilustrasi medali. (ANTARA/Aji Styawan)

Ayu mempersembahkan medali emas itu untuk kedua orang tuanya, pelatih, ofisial tim, dan rekan-rekan yang selalu mendukungnya.

"Medali emas ini dipersembahkan buat orang tua saya, kakak, adik dan para pelatih yang selalu mendukung saya. Juga, para ofisial, dan seluruh teman saya, yang selalu memberikan dukungan," kata Ayu.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya