3 Fakta Menarik Usai Basket Putri Ukir Sejarah di SEA Games 2023

Sudahi dahaga 64 tahun!

Jakarta, IDN Times - Timnas basket putri Indonesia akhirnya membuat sejarah di SEA Games. Srikandi Indonesia untuk pertama kalinya menyabet medali emas, ketika berpetualang di SEA Games 2023 Kamboja.

Medali itu didapat usai mengalahkan Singapura dalam laga pamungkasnya di Stadion Morodok Techo, Minggu (14/5/2023). Tim asuhan Christopher Matthews mendominasi sepanjang kuarter, hingga menyudahi laga dengan skor 86-39.

Ternyata, ada sejumlah fakta menarik yang menyelimuti keberhasilan basket putri Indonesia. Berikut ulasannya.

1. Runtuhkan dominasi Malaysia dan Filipina, serta penantian 64 tahun

3 Fakta Menarik Usai Basket Putri Ukir Sejarah di SEA Games 2023Aksi timnas basket putri Indonesia saat menghadapi Singapura, Minggu (14/5/2023). (Dok. Perbasi)

Keberhasilan Timnas basket putri sekaligus meruntuhkan dominasi Filipina dan Malaysia. Dyah Lestari dan kawan-kawan juga mengakhiri penantian 64 tahun, untuk meraih medali emas di pesta olahraga Asia Tenggara ini.

Sejak 1977, Malaysia menjadi tim yang paling sering juara di nomor putri. Sedangkan, Filipina baru mendominasi dalam dua edisi terakhir. Nah, prestasi terbaik Indonesia sebelumnya hanya medali perak.

Baca Juga: Timnas Basket Putri Raih Emas, Cetak Sejarah di SEA Games!

2. Medali emas tanpa adanya kompetisi

3 Fakta Menarik Usai Basket Putri Ukir Sejarah di SEA Games 2023Timnas basket putri Indonesia meraih emas di SEA Games 2023. (Dok. Perbasi).

Prestasi ini semakin membanggakan, karena Henny Sutjiono dan kolega memenangkan emas tanpa menjalani sebuah kompetisi. Liga basket putri sudah mati suri sejak pandemi COVID-19, 2020 lalu.

Basket putri hanya mengandalkan pemusatan latihan (TC) jangka panjang, yang dimulai sejak Agustus 2022 lalu. Latihan tanpa libur ini ternyata berhasil membuahkan hasil yang manis.

"Saya tak bisa berkata-kata, bangga. Saya cuma bisa takjub sama perjuangan teman-teman. Tugas saya hanya menyiapkan dan memberikan bekal. Tapi, kerja keras mereka, apa yang dilalui dalam latihan sejak Agustus tanpa libur membuahkan hasil," kata manajer Timnas basket putri, Christopher Tanuwidjaja, usai laga.

3. Juara dengan sempurna

3 Fakta Menarik Usai Basket Putri Ukir Sejarah di SEA Games 2023Aksi timnas basket putri Indonesia saat menghadapi Singapura, Minggu (14/5/2023). (Dok. Perbasi)

Kendati tanpa kompetisi, Timnas basket putri Indonesia berhasil tampil eksplosif. Mereka menyabet medali emas dengan cara yang luar biasa.

Betapa tidak, Timnas basket putri mampu menyapu bersih enam laga dengan kemenangan. Salah satu tim favorit, Filipina, juga dlibas oleh Timnas basket putri dengan skor 89-68.

Dengan hasil ini, 12 poin milik Indonesia tak lagi bisa dikejar. Medali emas sudah dipastikan, meski turnamen belum selesai.

Baca Juga: Indonesia Tembus Target 60 Emas di SEA Games 2023

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya