Comscore Tracker

Denzel Dumfries, Sosok yang Mengubur Mimpi AS di Piala Dunia 2022

Ternyata pernah bela negara lain

Jakarta, IDN Times - Mimpi Amerika Serikat melangkah jauh di Piala Dunia 2022 Qatar pupus pada babak 16 besar, Sabtu (3/12/2022). Harapan itu dikubur lewat penampilan gemilang Denzel Dumfries yang menjadi inspirator kemenangan Belanda.

Dumfries mencetak 1 gol dan melepaskan 2 assist di Khalifa International Stadium. Penampilan gemilangnya membantu De Oranje menang dengan skor 3-1 atas AS.

Assist pertama Dumfries tercipta saat duel baru berusia 10 menit, yang disambar dengan matang oleh Memphis Depay. Pada menit 45+1, giliran Daley Blind yang mendapat umpan tarik terukurnya.

Kemudian, pada menit 81, giliran Blind yang memberikan assist untuk Dumfries. Umpan tersebut disambarnya dengan tendangan first time yang tepat sasaran.

Membuat kreasi serangan Belanda lebih efektif, siapa sebenarnya pemain satu ini? Inilah Denzel Dumfries, sosok yang mengubur mimpi AS di Piala Dunia 2022!

1. Denzel Dumfries berdarah campuran Belanda/Aruba

Denzel Dumfries, Sosok yang Mengubur Mimpi AS di Piala Dunia 2022Denzel Dumfries, penggawa Timnas Belanda, tampil atraktif melawan Timnas Amerika Serikat di Piala Dunia 2022 Qatar, Sabtu (3/12/2022). (twitter.com/OnsOranje)

Denzel Justus Morris Dumfries lahir di Rotterdam pada 18 April 1996. Dia merupakan pesepak bola berdarah Belanda/Aruba.

Dumfries kurang terkenal ketika masih belia. Kariernya berawal dari tim junior VV Smitshoek. Dia sempat berkelana ke beberapa tim antah berantah pada 2013—2016.

Denzel Dumfries baru menembus level tertinggi sepak bola Belanda pada 2017. Bakatnya dilirik salah satu tim Eredivisie, SC Heerenveen. Namun, dia hanya semusim di sana karena langsung dibeli mahal sekitar Rp95 miliar oleh PSV Eindhoven.

Nilai pasarnya melonjak ketika bermain bersama PSV Eindhoven. Pada Agustus 2021, dia bertolak ke raksasa Italia, Inter Milan, hingga sekarang.

Baca Juga: 5 Pemain yang Pakai Nomor 2 Inter Milan Sebelum Denzel Dumfries

2. Nyaris membela Timnas Aruba

Denzel Dumfries, Sosok yang Mengubur Mimpi AS di Piala Dunia 2022Denzel Dumfries saat membela Heerenveen di Eredivisie Belanda. (instagram.com/ddumfries2)

Fakta menariknya, Denzel Dumfries pernah membela Timnas Aruba. Debutnya terukir pada Maret 2014. Dia telah mengemas 2 penampilan dengan 1 gol.

Berselang 2 tahun, Dumfries akhirnya diikat Belanda U-20 sebelum akhirnya mengukir debut bareng De Oranje pada Oktober 2018. Bersama Belanda, dia mengemas 6 gol dari 41 penampilan.

3. Sosok gelandang/bek kanan yang cepat, tajam, dan kreatif

Denzel Dumfries, Sosok yang Mengubur Mimpi AS di Piala Dunia 2022Denzel Dumfries bermain bersama Timnas Belanda. (instagram.com/ddzumfries2)

Denzel Dumfries termasuk gelandang/bek kanan yang memiliki kreativitas tinggi. Bermodalkan kecepatan, dia sering kali merepotkan barisan pertahanan lawan.

Itu yang dia tunjukkan pada laga tadi. Selain memiliki kecepatan, dia juga mampu mengirimkan umpan tarik akurat ke area titik buta lawan. Kualitasnya begitu disukai oleh pelatih yang cenderung mengandalkan tiga bek tengah sejajar.

Bersama Inter Milan sejak musim lalu, dia telah mengemas 7 gol dan 10 assist. Itu dia bukukan lewat 65 penampilan.

Baca Juga: 3 Fakta Menarik Usai Belanda Hajar Amerika Serikat

Topic:

  • Gagah N. Putra
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya