Erling Haaland dan Pep Guardiola Sabet Penghargaan UEFA

Haaland dan Guardiola layak mendapatkannya!

Jakarta, IDN Times - Manchester City sukses memborong Penghargaan UEFA. Itu setelah Erling Haaland dan Pep Guardiola dinobatkan sebagai dua figur terbaik di Eropa pada musim 2022/23.

Haaland terpilih menjadi Pemain Pria Terbaik UEFA. Pencapaian Haaland tak lepas dari keberhasilannya mengantar Manchester City meraih treble winner, usai memenangkan Premier League, Liga Champions dan Piala FA musim lalu.

1. Haaland memang layak

Gelar tersebut memang layak diberikan kepada Haaland. Bomber Norwegia itu sukses mengukir debut sensasional bersama The Citizens pada musim 2022/23.

Selain mengantarkan ManCity treble, Haaland sukses membukukan 52 gol dalam semusim di berbagai ajang. Catatan itu berhasil dibuat Haaland dari 53 laga.

"Bisa mencapainya bersama rekan-rekan setimku itu sesuatu yang istimewa. Aku sangat gembira. Ini memberiku motivasi yang sangat besar untuk terus bekerja dan memenangi trofi ini lebih banyak lagi," kata Haaland dikutip dari laman resmi UEFA.

Baca Juga: Messi Saingan dengan De Bruyne dan Haaland Jadi Pemain Terbaik UEFA

2. Guardiola jadi pelatih terbaik

Erling Haaland dan Pep Guardiola Sabet Penghargaan UEFAEkspresi Pep Guardiola usai menumbangkan Real Madrid di semifinal Liga Champions 2022/23, Kamis (18/5/2023). (Twitter/@ManCity)

Sementara, Guardiola terpilih menjadi pelatih terbaik. Gelar ini juga layak buat Guardiola membuat ManCity tak terbendung pada musim lalu.

Guardiola menjadi manajer pertama yang mengantarkan The Citizens meraih trofi Liga Champions. Tak tanggung-tanggung, trofi tersebut dipersembahkan Guardiola berbarengan dengan gelar treble winners.

3. Daftar Penghargaan UEFA 2023

Erling Haaland dan Pep Guardiola Sabet Penghargaan UEFALogo UEFA (Dok. UEFA)

Selain Haaland dan Guardiola, UEFA juga memberikan penghargaan kepada sejumlah figur lain yang meraih kesuksesan pada musim 2022/23. Berikut daftar lengkap pemenangnya.

Pemain Pria Terbaik UEFA: Erling Haaland
Pelatih Terbaik Pria UEFA: Pep Guardiola
Pemain Wanita Terbaik UEFA: Aitana Bonmati
Pelatih Wanita Terbaik UEFA: Sarina Wiegman

Baca Juga: Profil Pep Guardiola, Pelatih dengan 3 Gelar Liga Champions Eropa 

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya