Gagal Berbuat Banyak, Indonesia Diimbangi Vietnam di SUGBK

Hasil yang tidak menguntungkan untuk Timnas Indonesia

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia gagal menekuk Vietnam dalam duel leg pertama semifinal Piala AFF 2022, Jumat (6/1/2023) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Pasukan Garuda harus rela bermain imbang, 0-0.

Hasil itu tentu saja membuat situasi Indonesia kurang menguntungkan. Mereka harus meraih kemenangan di markas Vietnam, 9 Januari 2023 mendatang jika ingin melaju ke partai final.

Jalannya duel di babak pertama berjalan alot. Vietnam yang tampil di hadapan puluhan ribu suporter Indonesia justru mendominasi permainan.

Vietnam juga terus meneror pertahanan Indonesia. Hanya saja, gempuran mereka masih bisa diantisipasi dengan soliditas pertahanan Pasukan Garuda.

Indonesia mendapatkan peluang pertamanya saat duel baru berusia delapan menit. Lewat tendangan bebas, Marselino Ferdinan mampu menyambar umpan yang dilepaskan Marc Klok. Sial, tandukannya masih melambung di atas gawang Van Lam.

Laga berjalan cukup alot di lini tengah. Vietnam masih mendominasi, namun terus-menerus gagal menembus lini pertahanan Indonesia.

Garuda kembali menciptakan peluang pada menit 20. Marselino mengirim umpan terobosan kepada Dendy Sulistyawan yang lepas dari penjagaan. Namun, saat Dendy melakukan cut back, bola tersebut justru dipatahkan bek lawan.

Sembilan menit berselang, pasukan Shin Tae Yong hampir saja memecahkan kebuntuan. Sial, tendangan keras Yakob Sayuri dari luar kotak penalti masih melebar tipis dari sisi gawang.

Hingga akhir peluit jeda turun dibunyikan, keadaan di atas lapangan tak berubah. Kedua tim masih berbagi angka 0-0 di babak pertama.

Marck Klok dan kawan-kawan belum mampu mematahkan dominasi dari Vietnam di babak kedua. Pasukan Garuda terus dibuat kerepotan dengan tekanan yang diberikan tim tamu.

Indonesia mengandalkan serangan balik cepat. Namun, upaya mereka selalu dipatahkan high pressing dari Vietnam. Pun, ketika memasuki kotak penalti lawan, bola justru hilang.

Mulai dari menit 55, Vietnam bermain keras cenderung kasar dalam menghentikan pergerakan Indonesia. Itu karena Pasukan Garuda perlahan menguasai permaianan.

Duel masih berjalan alot hingga menit 75. Pun, Indonesia yang terus menyisir sisi kanan pertahanan Vietnam masih kesulitan untuk membongkar soliditas tim tamu.

Indonesia mendapatkan momentum bagus menit 81. Berawal dari kombinasi Dendy dan Yakob, sebuag peluang tercipta. Namun, sepakan Arhan masih melambung jauh dari mistar.

Tambahwan waktu delapan menit, Shin Tae Yong memasukkan Saddil Ramdani, Witan Sulaeman dan Ilija Spasojevic. Namun, kehadiran mereka urung memberikak perubahan. Skor 0-0 bertahan hingga peluit panjang dibunyikan.

Baca Juga: Eks Pelatih Thailand Berharap Timnas Indonesia Kalah dari Vietnam

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya