Girangnya Park Hang Seo Usai Singkirkan Indonesia dari Piala AFF 2022

Park Hang Seo ukir sejarah

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Vietnam, Park Hang Seo, meluapkan rasa senangnya usai mengalahkan sekaligus menyingkirkan Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Maklum, dia berhasil mengukir sejarah bersama The Golden Star Warriors.

Ya, Vietnam berhasil melaju ke final Piala AFF 2022 usai mengalahkan Pasukan Garuda 2-0 di My Dinh Stadium, Senin (9/1/2023). Mereka menang secara agregat, karena Indonesia hanya mampu bermain imbang 0-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, 6 Januari 2023 lalu.

1. Kemenangan pertama sejak 1996 lalu

Girangnya Park Hang Seo Usai Singkirkan Indonesia dari Piala AFF 2022Aksi penggawa Timnas Indonesia saat dikalahkan Vietnam 0-2 di leg kedua semifinal Piala AFF 2022, Senin (9/1/2023). (Dok. PSSI).

Ini menjadi kemenangan pertama Vietnam atas Timnas Indonesia dalam sejarah Piala AFF sejak edisi 1996 lalu. Pada edisi tersebut, The Golden Star Warriors menekuk Indonesia dengan skor 3-2.

Park pun bangga dan lega setelah penantian 26 tahun. Sebab, dia tak mau generasi muda Vietnam terganggu dengan sejarah tersebut.

"Kami telah melewati masa 26 tahun tanpa mengalahkan Indonesia di Piala AFF. Tepat sebelum pertandingan, saya bicara kepada para pemain untuk memenangkan laga. Hasil ini penting buat generasi baru Vietnam agar tidak lagi terbebani dengan hal itu," ujar Park usai laga melansir Zing News.

Baca Juga: Timnas Indonesia Gagal ke Final Piala AFF 2022 Usai Keok dari Vietnam

2. Vietnam main bagus

Girangnya Park Hang Seo Usai Singkirkan Indonesia dari Piala AFF 2022Aksi Timnas Indonesia saat dikalahkan Vietnam 0-2 di leg kedua semifinal Piala AFF 2022, Senin (9/1/2023). (Dok. PSSI).

Juru taktik asal Korea Selatan itu juga menyanjung performa anak-anak asuhnya usai berhasil mengukir sejarah. Nguyen Tien Linh dan kolega disebut menunjukkan permainan terbaiknya selama turnamen.

Memang benar, Vietnam berhasil membuat Timnas Indonesia kewalahan. Mereka mendominasi sepanjang babak lewat permainan umpan-umpan pendek. Gol kejutan mereka pada menit 3 dan 47 yang diceploskan Nguyen Tien Linh sukses mengubur mimpi Indonesia.

"Pemain menunjukkan performa yang bagus. Mereka memperlihatkan permainan terbaik untuk membawa tim ke final (Piala AFF 2022)," kata Park.

3. Vietnam bidik trofi

Girangnya Park Hang Seo Usai Singkirkan Indonesia dari Piala AFF 2022Timnas Vietnam (affsuzukicup.com)

Nguyen Tien Linh, yang mencetak dua gol ke gawang Indonesia pada laga kemarin, langsung memasang target tinggi. Dia ingin membantu Vietnam mengulangi pencapaian pada edisi 2018 lalu, yakni juara.

"Saya berharap kami bisa kembali menjadi yang terbaik di turnamen ini," kata Tien Linh.

Baca Juga: 3 Fakta Usai Timnas Indonesia Tersingkir dari Piala AFF 2022

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya