Gvardiol Bersyukur Gabung ManCity: Gak Harus Hadapi Haaland

Gvardiol selalu dibuat repot Haaland

Jakarta, IDN Times - Josko Gvardiol merasa senang sekaligus bersyukur bisa bergabung dengan Manchester City di bursa transfer musim panas ini. Kelakar Gvardiol, dia tak perlu lagi mengkhawatirkan Erling Haaland sebagai lawan, karena kini sudah menjadi rekan satu tim.

Ya, Gvardiol resmi diperkenalkan sebagai penggawa anyar The Citizens pada Sabtu (5/8/2023). ManCity mendatangkannya dari RB Leipzig dengan mahar sebesar 77,5 juta poundsterling atau setara Rp1,4 triliun dan dikontrak hingga 2028 mendatang.

"Rasanya menyenangkan sekarang saya satu tim dengannya (Haaland)," kata Gvardiol mengutip laman resmi ManCity.

1. Selalu pontang-panting jagain Haaland

Gvardiol Bersyukur Gabung ManCity: Gak Harus Hadapi HaalandSelebrasi Haaland saat mencetak lima gol ke gawang Leipzig di babak 16 besar Liga Champions 2022/23. (uefa.com)

Maklum, pada musim 2021/22 lalu, Gvardiol punya pengalaman kurang baik saat bersua striker Norwegia itu sebagai lawan di Bundesliga. Kala itu, Haaland masih berseragam Borussia Dortmund dan mampu membobol gawang Leipzig enam kali.

Haaland, yang memutuskan pindah ke ManCity, membuat Gvardiol bisa bernapas lega karena tak lagi berhadapan di Bundesliga. Sial, ternyata mereka dipertemukan kembali di ajang Liga Champions musim lalu.

Pertemuan itu terjadi di babak 16 besar. Haaland kembali menjadi mimpi buruk Gvardiol, usai mencetak lima gol di leg kedua sekaligus membantai Leipzig 7 gol tanpa balas. 

"Musim lalu dan musim sebelumnya di Bundesliga, dia pemain yang tangguh, cepat dan punya segalanya untuk menjadi salah satu yang terbaik di dunia. Untungnya, sekarang saya rekan satu tim. Jadi tidak perlu lagi mengkhawatirkannya," kata mantan bek Leipzig tersebut.

Baca Juga: Klaim Mbappe: Menang Ballon d'Or, Kalahkan Messi dan Haaland

2. Tak sabar lakoni debut

Gvardiol Bersyukur Gabung ManCity: Gak Harus Hadapi HaalandJosko Gvardiol (twitter.com/ManCity)

Setelah diperkenalkan, bek tangguh yang membela Kroasia di Piala Dunia 2022 itu mengaku tak sabar untuk segera melakoni debutnya bersama The Citizens. Namun, untuk saat ini, dia mau fokus beradaptasi dengan taktik tim terlebih dahulu.

"Saya harus mengatakan bahwa saya akan dikelilingi oleh para pemain kelas dunia, dan senang berada di sini. Saya akan membutuhkan waktu untuk membiasakan diri dengan pelatihan, tetapi itu tidak akan memakan waktu lama," ujar Gvardiol.

3. Pertahanan ManCity kian kuat

Gvardiol Bersyukur Gabung ManCity: Gak Harus Hadapi HaalandEkspresi Pep Guardiola usai menumbangkan Real Madrid di semifinal Liga Champions 2022/23, Kamis (18/5/2023). (Twitter/@ManCity)

Kehadiran Gvardiol tentu menjadi angin segar buat Pep Guardiola. Manajer asal Spanyol itu bisa lebih banyak opsi dalam meramu lini pertahanan tim yang meraih treble winners musim lalu.

Di sisi lain, bek 21 tahun justru punya beban yang lebih besar. Tantangannya di ManCity lebih berat ketimbang di Leipzig, karena atmosfer Premier League punya intensitas yang lebih tinggi.

"Kompetisi ketat, banyak pemain hebat dan tangguh di sini. Saya mau berjuang demi menang dan trofi," terang Gvardiol.

Baca Juga: Eks Pemain Man City, Benjamin Mendy Bebas dari Dakwaan Pemerkosaan

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya