Termasuk Jerman, 7 Negara Besar Ini Pernah Jadi 'Korban' Shin Tae-yong

Masih ragu dengan kapasitas oppa Shin?

Pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong baru saja mencetak sejarah bagi Timnas Indonesia. Shin mengantar Fachrudin Ariyanto dan kawan-kawan melenggang mulus ke Piala Asia 2023. Ini adalah pertama kalinya Indonesia kembali lolos ke Piala Asia setelah 15 tahun. Terakhir kali Indonesia menjadi peserta Piala Asia adalah tahun 2007, itu pun melalui jalur tuan rumah.

Keraguan sebenarnya sempat dirasakan oleh pencinta sepak bola dalam negeri. Maklum, setelah hanya mendapat perunggu di SEA Games, Timnas Indonesia hanya bermain seri tanpa gol melawan Bangladesh pada pertandingan uji coba terakhir sebelum berangkat ke Kuwait untuk melakoni kualifikasi. 

Keraguan ini pun dibayar tuntas oleh Shin dengan menjadi runner up grup A menyisihkan Kuwait dan Nepal. Bahkan, di pertandingan terakhir Garuda melumat 7 gol tanpa balas.

Kapasitas Shin memang tak perlu dragukan lagi. Ia tercatat pernah beberapa kali mengandaskan negara-negara besar, baik saat melatih Korea Selatan maupun ketika sudah menjadi nahkoda Timnas Indonesia.

1. Pulangkan Jerman di Piala Dunia 2018

Termasuk Jerman, 7 Negara Besar Ini Pernah Jadi 'Korban' Shin Tae-yongShin Tae-yong (instagram.com/shintaeyong7777)

Salah satu puncak karier kepelatihan Shin Tae-yong adalah saat dipercaya menukangi Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 lalu. Ia memandu Son Heung-min dan kawan-kawan di grup neraka yang berisikan Meksiko, Swedia dan Jerman. 

Pada laga pertama Korea Selatan harus kalah oleh Swedia dengan skor 0-1. Hasil buruk kembali mereka terima kala berjumpa Meksiko. Korea Selatan terhempas dengan skor 1-2. Dua kekalahan ini memastikan Korea Selatan gagal lolos ke fase berikutnya. Meski begitu, mereka masih menyisakan satu pertandingan terakhir, yaitu melawan Jerman. 

Jerman sendiri kala itu butuh kemenangan untuk maju ke babak gugur. Meski dikurung sejak menit awal, Korea Selatan mampu memaksakan skor imbang hingga menit 90. Dan drama pun terjadi pada babak tambahan waktu. Kim Young-gwon mampu mencuri gol pertama pada menit 90+2. 

Jerman yang ketinggalan pun menerapkan strategi menyerang total. Keasyikan menyerang, mereka malah kebobolan lewat gol solo run Son Heung-min di menit 90+6. Hasil ini pun membuat Jerman harus pulang. 

2. Hajar Jepang 4-1 di kejuaraan sepak bola Asia Timur 2017

Termasuk Jerman, 7 Negara Besar Ini Pernah Jadi 'Korban' Shin Tae-yongShin Tae-yong (instagram.com/shintaeyong7777)

Setahun sebelum berangkat ke Rusia, tepatnya Shin Tae-yong mampu membawa pulang kejuaraan Asia Timur alias East Asian Football Championship. Salah satu kemenangan penting Korea Selatan di kejuaraan ini adalah saat mengandaskan Jepang. 

Tak main-main, Korea Selatan di bawah asuhan Shin mampu mengandaskan Jepang dengan skor 4-1. Hebatnya, Korea Selatan sempat tertinggal lebih dahulu melalui gol penalti Jepang pada menit ketiga. Mereka membalasnya dengan tiga gol pada babak pertama dan satu gol di babak kedua. 

Baca Juga: Optimisme Shin Tae Yong Usai Antar Indonesia ke Piala Asia: Kami Siap!

3. Kandaskan Venezuela pada pertandingan pertamanya melatih Korea Selatan

Termasuk Jerman, 7 Negara Besar Ini Pernah Jadi 'Korban' Shin Tae-yongShin Tae-yong (instagram.com/shintaeyong7777)

Kualitas Shin Tae-yong sebagai pelatih sudah bisa dilihat sejak pertama kali mengarsiteki Timnas Korea Selatan. Pada pertandingan pertama usai ditunjuk sebagai pelatih tim berjuluk The Taeguk Warriors ini, ia sudah mampu menyumbangkan kemenangan. 

Kemenangan itu diraih kala menghadapi Venezuela dalam pertandingan uji coba internasional tahun 2014 lalu. Korea Selatan yang sempat tertinggal satu gol kemudian membalikkan keadaan dengan tiga gol balasan.

Venezuela sendiri bukan negara sembarangan dalam sepak bola. Mereka adalah langganan Piala Dunia yang kala itu berada di rangking 30 dunia. Sementara Korea tahun 2014 masih bertengger di posisi 53 dunia. 

4. Pernah kandaskan Meksiko dan Uruguay saat menangani Korea Selatan U-20

Termasuk Jerman, 7 Negara Besar Ini Pernah Jadi 'Korban' Shin Tae-yongShin Tae-yong. (instagram.com/shintaeyong7777)

Tak hanya di level senior, Shin Tae-yong juga terkenal jago meracik pasukan muda. Hal ini dibuktikan saat menangani Korea Selatan U-20. Tim ini pernah mengalahkan salah satu tim terkuat dunia, Meksiko U-20 pada babak penyisihan Olimpiade 2016 lalu. Meksiko mereka kandaskan dengan skor 1-0 pada tahun 2016 lalu. 

Tak cuma Meksiko, negara lain yang pernah menjadi korban Shin adalah Uruguay U-20. Mereka menang atas negara Amerika Latin ini dengan skor 2-0 dalam laga uji coba internasional.

5. Bersama Shin Tae-yong, Indonesia juga secara mengejutkan mengalahkan Makedonia Utara U-19 dan Qatar U-19

Termasuk Jerman, 7 Negara Besar Ini Pernah Jadi 'Korban' Shin Tae-yongShin Tae-yong.(instagram.com/shintaeyong7777)

Apa yang diraih Shin Tae-yong bersama Korea Selatan menular saat ia mulai menangani Timnas Indonesia. Di bawah asuhan Shin, permainan Indonesia mulai terlihat progresnya. Pembuktian pertama Shin Tae-yong adalah saat menjalani Training Center alias pemusatan latihan di Kroasia bersama U-19 tahun 2020 lalu.

Di sana, Garuda Muda menjalani beberapa laga uji coba internasional melawan negara-negara besar seperti tuan rumah Kroasia, Qatar, Bosnia, Arab Saudi, hingga Makedonia Utara. Hasilnya pun cukup menjanjikan.

Dari 8 kali bertanding, Indonesia memetik dua kemenangan, dua kemenangan, tiga seri dan tiga kali kalah. Dua kemenangan mereka raih dari Makedonia Utara U-19 dan Qatar U-19. 

Qatar mereka kandaskan dengan skor 2-1 melalui gol Supriadi dan Brylian Aldama. Sementara kemenangan paling meyakinkan ditorehkan oleh anak asuh Shin Tae-yong kala melumat Makedonia Utara U-19 dengan skor 4-1. Kemenangan ini menjadi catatan sendiri karena Makedonia Utara U-19 merupakan salah tim kuat yang menjadi langganan Piala Eropa U-20. Bahkan, rangking mereka ada jauh di atas Indonesia, yaitu posisi 62. 

Itu tadi beberapa negara besar yang pernah jadi korban keganasan Shin Tae-yong. Tangan dingin dan pengalaman Shin akan dibutuhkan di Piala Asia 2023 dan Piala Dunia U-20 nanti. Masih ragu Indonesia bakal berbicara banyak di kompetisi level dunia?

Baca Juga: 5 Klub Sepak Bola dengan Jumlah Utang Terbanyak di Dunia Tahun 2022

Kuncoro Photo Verified Writer Kuncoro

Penikmat tanggal muda

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya