Janji Ivar Jenner dan Rafael Struick usai Jadi WNI

Keduanya segera bela Timnas Indonesia

Jakarta, IDN Times - Ivar Jenner dan Rafael Struick mengumbar janji setelah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), Senin (22/5/2023). Keduanya siap memberikan segalanya ketika membela Timnas Indonesia.

"Saya berjanji akan memberikan segalanya untuk negara ini, untuk negara kita," kata Ivar Jenner melansir situs resmi PSSI, Senin.

Baca Juga: Lawan Argentina, Timnas Indonesia Dihantui Rekor Buruk

1. Tak sabar bela Timnas

Janji Ivar Jenner dan Rafael Struick usai Jadi WNIAksi Rafael William Struick bersama Timnas Indonesia U-20 saat bersua Slovakia U-20, Sabtu (19/11/2022). (dok. PSSI).

Ivar dan Rafael mengaku tak sabar membela Timnas Indonesia. Kualifikasi Piala Asia U-23 2024, pada 4-12 September 2023, menjadi ajang terdekat bagi Ivar dan Rafael untuk bisa mengukir debut.

Namun, keduanya tak menutup peluang untuk langsung tampil di level senior. Mereka bisa tergabung di bawah asuhan Shin Tae Yong, saat menghadapi Palestina atau Argentina di FIFA Matchday, bulan depan.

"Sama seperti Ivar, saya sudah tidak sabar juga untuk melakukan pemusatan latihan bersama timnas Indonesia," kata Rafael.

Baca Juga: Shin Tae Yong Bawa Ivar Jenner dan Justin Hubner saat TC di Spanyol

2. Timnas kategori usia kian kompetitif

Janji Ivar Jenner dan Rafael Struick usai Jadi WNIJustin Hubner dan Ivar Jenner berpotensi ikut Timnas U-20 TC ke Spanyol. (Instagram/@ivarjnr).

Kehadiran mereka juga mendapat sambutan positif dari Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. Ivar dan Rafael membuat persaingan di timnas kategori usia kian kompetitif.

"Para pemain lain tentu akan semakin termotivasi untuk bersaing secara sehat, meningkatkan kemampuan agar dipilih menjadi bagian dari skuat Garuda," kata Erick.

Baca Juga: Sumpah Tertutup, Ivar Jenner dan Rafael Struick Resmi Jadi WNI

3. Pengambilan sumpah Ivar dan Rafael digelar tertutup

Janji Ivar Jenner dan Rafael Struick usai Jadi WNIKedua pemain keturunan, Rafael Struick dan Ivar Jenner resmi menjadi WNI (IDN Times/Tino)

Di sisi lain, Ivar dan Rafael mendapat perlakuan berbeda. Tak seperti Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Shayne Pattynama, dua pemain itu melakukan sumpah tanpa ditemani anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI.

Pengambilan sumpah di Kanwil Kemenkumham juga digelar secara tertutup. PSSI tak membolehkan Ivar dan Rafael memberikan keterangan kepada awak media. PSSI juga melarang awak media mengambil gambar keduanya.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya