Kalah Selisih Gol dari Thailand, Indonesia Jadi Runner-up Grup A

Thailand dan Indonesia melaju ke semifinal Piala AFF 2022

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia harus rela lolos ke semifinal Piala AFF 2022 sebagai runner-up Grup A. Skuad Garuda kalah selisih gol dari Thailand saat berburu juara Grup A.

Indonesia mengamankan tiket semifinal usai membungkam Filipina 2-1 dalam laga pamungkasnya di Grup A Piala AFF 2022 di Rizal Memorial Stadium, Manila, Senin (2/1/2023) malam.

Pada waktu yang bersamaan, Thailand yang bermain di markasnya sukses menghajar Kamboja dengan skor 3-1.

1. Timnas Indonesia kalah selisih gol dari Thailand

Kalah Selisih Gol dari Thailand, Indonesia Jadi Runner-up Grup ATimnas Thailand di Piala AFF 2022 (Instagram.com/changsuek)

Timnas Indonesia terpaksa menempati runner-up Grup A setelah Witan Sulaeman dan kawan-kawan hanya mencatat surplus sembilan gol. Rinciannya adalah 12 membobol lawan dan kemasukan tiga kali.

Sedangkan, Thailand berhasil membukukan selisih 11 gol untuk menjuarai Grup A. Catatan itu didapat lewat 13 gol dan hanya dua kali kebobolan.

Baca Juga: Bungkam Filipina, Timnas Indonesia ke Semifinal Piala AFF 2022

2. Timnas Indonesia bisa bersua Vietnam

Kalah Selisih Gol dari Thailand, Indonesia Jadi Runner-up Grup ATimnas Vietnam. (affsuzukicup.com)

Dengan begitu, tim asuhan Shin Tae Yong bakal bersua juara Grup B. Vietnam menjadi tim yang diunggulkan untuk menempati posisi tersebut, karena bersua Myanmar dalam laga pamungkasnya di Grup B.

Di sisi lain, persaingan Grup B juga masih ketat. Vietnam dan Singapura lebih diuntungkan karena mengoleksi tujuh poin untuk melaju ke semifinal. Malaysia juga masih memiliki asa ke semifinal, karena hanya terpaut satu angka.

3. Shin Tae Yong tak pilih-pilih lawan

Kalah Selisih Gol dari Thailand, Indonesia Jadi Runner-up Grup APelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong dalam jumpa pers jelang lawan Filipina, Minggu (1/1/2023). (Twitter/@PSSI).

Sebenarnya, Shin tak mau ambil pusing soal calon lawannya di semifinal Piala AFF 2022. Sebab, menurut Shin, seluruh tim yang lolos ke semifinal merupakan kesebelasan yang kuat.

"Mau bertemu Vietnam, Singapura atau Malaysia, saya tidak peduli. Pastinya, semua tim yang ke semifinal atau final merupakan tim kuat. Kami tak mau menghindari tim kuat untuk lawan di semifinal," ujar Shin.

Baca Juga: Indonesia Berpeluang ke Semifinal Piala AFF 2022, Shin Tak Pilih Lawan

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya