Kejutan! Maroko Sikat Tim Penuh Bintang Belgia

Maroko bikin Belgia tak berdaya lewat efektivitasnya

Jakarta, IDN Times - Kejutan kembali terjadi di Piala Dunia 2022. Tim penuh bintang, Belgia, kalah dari Maroko dalam duel penyisihan Grup F di Al Thumama Stadium, Minggu (27/11/2022).

Kemenangan ini membuat Maroko memimpin klasemen sementara Grup F. Mereka mengoleksi empat poin dari dua laga.

Sepanjang pertandingan, Maroko sebenarnya tertekan. Belgia terus menggempur pertahanan Maroko sejak menit awal. Bahkan, sepanjang babak pertama, Belgia sempat mencatatkan 70 persen penguasaan bola.

Namun, Belgia kesulitan buat membongkar pertahanan Maroko. Belgia sempat dibuat panik ketika Maroko cetak gol di masa injury time babak pertama. Beruntung, gol itu dianulir VAR karena berbau offside.

Babak kedua, Belgia masih buntu. Situasi ini dimanfaatkan oleh Maroko. Mereka mulai berani keluar menyerang.

Hingga akhirnya, The Atlas Lions mampu memecah kebuntuan pada menit 73. Lewat ruang sempit, tendangan bebas Abdelhamid Sabiri sukses membobol gawang Thibaut Courtois.

Pelatih Roberto Martinez langsung merotasi barisan depannya, sebagai respons usai tertinggal 0-1. Leandro Trossard, Romelu Lukaku, dan Charles De Ketelaere, dimainkan dari bangku cadangan untuk menambah daya gedor.

Kehadiran Lukaku membuat gaya bermain Belgia berubah. Dari yang sering melakukan tembakan dari luar kotak penalti, Belgia cenderung mengirimkan umpan silang ke depan gawang.

Namun, Belgia terus dibuat frustrasi dengan kokohnya pertahanan Maroko. Apalagi, setelah unggul, Maroko cenderung bertahan cukup dalam untuk mempertahankan keunggulannya.

Ketika asyik menyerang, Belgia meninggalkan celah besar di barisan belakang. Hal itu dimanfaatkan Maroko dengan begitu baik. Lewat serangan balik cepat yang dimotori Ziyech, Zakaria Aboukhlal mencetak gol pembunuh menit 90+2.

Baca Juga: Gol Ziyech Dianulir, Belgia Vs Maroko Imbang di Babak I

Topik:

  • Satria Permana
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya