Liga 1 Baru Jalan 2 Pekan, Sanksi Sudah Bertebaran

Dewa United jadi klub dengan denda terbesar

Jakarta, IDN Times - Komisi Disiplin (Komdis) PSSI menemukan banyak pelanggaran saat Liga 1 musim 2023/24 baru menyelesaikan pekan kedua. Dewa United FC dianggap menjadi klub yang paling banyak melakukan pelanggaran dan mendapat denda terbesar.

Semua pelanggaran itu terjadi pada pekan pertama Liga 1. Selain Dewa United, ada PSS Sleman, Arema FC, RANS Nusantara, dan PSM Makassar, yang ikut dijatuhi sanksi Komdis PSSI.

1. Dewa United kena sanksi Rp100 juta

Liga 1 Baru Jalan 2 Pekan, Sanksi Sudah BertebaranSelebrasi penggawa Dewa United usai membobol gawang PSM Makassar, Sabtu (8/7/2023). (Instagram/@dewaunitedfc).

Sidang Komdis PSSI digelar pada 11 Juli 2023. Dewa United dapat denda terbanyak, setelah melakukan dua pelanggaran, saat menjamu Arema FC di Stadion Indomilk, pada 2 Juli 2023 lalu.

Dewa United terlambat masuk ke lapangan sehingga babak kedua mundur selama 93 detik. Selain itu, pemain Dewa United, Alta Tarik Ballah, yang tidak terdaftar dalam Field of Play berada di Offical Area. Besar kemungkinan, itu karena Alta masuk ke area sakral tanpa menggunakan ID.

Atas dua pelanggaran tersebut, Komdis PSSI menjatuhkan sanksi denda sebesar Rp100 juta.

Baca Juga: Pengamat: Alasan Larangan Suporter Tim Tamu di Liga 1 Tak Jelas

2. PSS dan PSM denda Rp50 juta gegara panen kartu kuning

Liga 1 Baru Jalan 2 Pekan, Sanksi Sudah BertebaranSelebrasi Ryo Matsumura saat membobol gawang PSM, Senin (3/7/2023). (Dok. Persija).

Sementara, PSS Sleman dan PSM Makassar harus membayar denda sebesar Rp50 juta gegara lima pemainnya mendapat kartu kuning dalam satu laga.

Itu terjadi saat PSS melawat ke markas Bali United FC pada 1 Juli 2023 dan PSM menyambangi kandang Persija Jakarta, Stadion Utama Gelora Bung Karno, 3 Juli 2023.

3. Arema denda Rp50 juta, RANS Rp10 juta

Liga 1 Baru Jalan 2 Pekan, Sanksi Sudah BertebaranSelebrasi pemain RANS Nusantara FC usai membobol gawang Bhayangkara FC, Minggu (9/7/2023). (Instagram/@rans.nusantara).

Apa yang dialami Dewa United juga dirasakan Arema. Singo Edan juga didenda Rp50 juta gegara terlambat masuk ke lapangan yang menyebabkan babak kedua terlambat 93 detik.

Sementara, RANS Nusantara mendapat hukuman yang paling ringan, yakni Rp10 juta setelah Erwin Ramdani mendapat kartu merah secara langsung.

Hanya saja, Erwin juga dilarang bermain sebanyak dua pertandingan karena memukul pemain Persikabo 1973 saat berduel di Stadion Maguwoharjo pada 3 Juli 2023 lalu.

Baca Juga: 2 Pendatang Baru Liga 1 Melejit, Tim Raksasa Malah Ompong 

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya