Mimpi Shayne Pattynama: Antar Timnas Indonesia ke Piala Dunia

Pattynama optimistis mimpinya bisa terwujud

Jakarta, IDN Times - Shayne Pattynama punya mimpi besar setelah menyandang status sebagai Warga Negara Indonesia (WNI), Selasa (24/1/2023). Pemain keturunan Belanda itu ingin tampil di Piala Dunia bareng Timnas Indonesia, suatu saat nanti.

"Saya punya mimpi besar, bermain di Piala Dunia bersama Indonesia. Saya yakin kami bisa melakukannya," kata Shayne usai pengambilan sumpah kewarganegaraan di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) DKI Jakarta, Selasa (24/1/2023).

Baca Juga: Profil Shayne Pattynama, Bek Naturalisasi Anyar Timnas Indonesia

1. Mau bantu Timnas Indonesia jadi tim terbaik di ASEAN

Mimpi Shayne Pattynama: Antar Timnas Indonesia ke Piala DuniaAksi penggawa Timnas Indonesia saat dikalahkan Vietnam 0-2 di leg kedua semifinal Piala AFF 2022, Senin (9/1/2023). (Dok. PSSI).

Hanya saja, Pattynama punya target pendek, yakni membantu Indonesia menjadi yang terbaik di Asia Tenggara terlebih dahulu. Itu memang penting sebelum berbicara jauh ke Piala Dunia.

Maklum, di Piala AFF saja, Pasukan Garuda belum mampu mengangkat trofi. Indonesia memang sering melaju ke final, tapi selalu gagal juara.

"Saya ingin membantu Indonesia menjadi yang terbaik di Asia Tenggara. Saya punya mimpi besar di Indonesia," kata Pattynama.

Baca Juga: Shayne Pattynama Resmi Jadi WNI, Timnas Dapat Pemain Lagi

2. Pattynama minta dukungan

Mimpi Shayne Pattynama: Antar Timnas Indonesia ke Piala DuniaSuporter di Stadion GBK saat Timnas Indonesia berhadapan dengan Kamboja dalam laga Grup A Piala AFF 2022, Jumat (23/12/2022). (IDN Times/Tata Firza)

Untuk mewujudkan impian itu, bek klub Norwegia, Viking FK, itu meminta dukungan kepada masyarakat, khususnya pecinta sepak bola Indonesia. Bagi Pattynama, Indonesia butuh dukungan penuh untuk meningkatkan levelnya di ajang internasional.

"Saya sangat yakin kami bisa melakukannya, dengan dukungan (masyarakat Indonesia). Saya bangga menjadi bagian dari itu sekarang," ujar Pattynama.

3. Bisa segera lakoni debut

Mimpi Shayne Pattynama: Antar Timnas Indonesia ke Piala DuniaShayne Pattynama bek naturalisasi baru Timnas Indonesia (instagram.com/s.pattynama)

Piala Asia 2023 yang akan berlangsung pada Juni hingga Juli mendatang menjadi event besar terdekat buat bek 24 tahun tersebut agar bisa menciptakan debut bersama Indonesia.

Tapi, sebenarnya ada satu momen yang bisa digunakan Pattynama untuk mencetak debut di Indonesia lebih dini, yakni periode FIFA Matchday pada Maret 2023 mendatang. Namun, belum ada kepastian soal lawan dan jadwal Indonesia di FIFA Matchday.

"FIFA Matchday Maret ini, tentunya kami berharap Shayne bisa ke Indonesia untuk bergabung, menyesuaikan diri dengan Timnas. Sebab, kalau FIFA Matchday semua pemain-pemain naturalisasi bisa bergabung," kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Baca Juga: Yoyok: PSIS Ingin Rekrut Shayne Pattynama, tapi Kemahalan

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya