Naturalisasi 3 Pemain Timnas Indonesia U-20 Disetujui DPR!

Hubner, Jenner, dan Struick, makin dekat dengan status WNI

Jakarta, IDN Times - Proses naturalisasi Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Rafael Struick, akhirnya menemui kejelasan. Ketiganya telah mendapat restu Komisi X DPR RI, untuk menyandang status Warga Negara Indonesia (WNI).

Restu tersebut didapat setelah Komisi X menggelar rapat kerja bersama jajaran PSSI yang dihadiri Ratu Tisha (Wakil Ketua Umum), Yunus Nusi (Sekretaris Jenderal), hingga Indra Sjafri (Direktur Teknik) dan Plt Menpora Muhadjir Effendy, di Gedung Nusantara I, Senin (20/3/2023).

Rapat kerja dipimpin langsung Ketua Komisi X, Syaiful Huda. Syaiful sempat meminta PSSI dan Plt Menpora menjelaskan secara detail urgensi untuk menaturalisasi ketiga pemain keturunan tersebut.

Syaiful pun sempat mengkritik proyek naturalisasi yang masih dilakukan PSSI. Harapnya, federasi bisa mengevaluasi langkah naturalisasi ini.

"Naturalisasi ini sebagai langkah paling akhir dari sekian banyak tahapan proses kita dalam transformasi sepak bola, maupun cabor lain. Kami sangat berharap untuk meminta penjelasan detail dari naturalisasi ini," kata Syaiful dalam dialog pembukanya.

Ratu Tisha pun memaparkan urgensi PSSI dalam mengajukan tiga nama untuk dinaturalisasi. Hubner, Jenner, dan Struick, disebut sebagai pemain potensial untuk membantu Timnas U-20 dan sebagai proyek jangka panjang Indonesia.

"Sejak 19 September (2022) sudah ada kunjungan ke Belanda dari Direktur Teknik dan tim analisis. Setelah pemantauan cukup panjang, kami dapat alasan teknis untuk mendapatkan ketiga anak ini. Mereka bersedia, komitmen kepada PSSI untuk memberikan yang terbaik bagi Timnas U-20," kata Ratu Tisha.

Setelah PSSI memberikan penjelasan, Komisi X akhirnya menyetujui permohonan naturalisasi kepada ketiga pemain keturunan tersebut.

"Komisi X memtusukan menyetujui rekomendasi kewarganegaraan RI atas nama Justin Hubner, Rafael Struick, dan Ivar Jenner, dengan catatan penetapan Kewarganegaraan RI ditetapkan oleh instansi yang berwenang berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku," kata Syaiful Huda saat membacakan hasil putusan.

Sayangnya, hanya Ivar Jenner dan Rafael Struick yang hadir secara virtual. Pun, mereka tidak diberikan kesempatan untuk memperkenalkan diri.

Baca Juga: PSSI Yakin Justin Hubner Pilih Timnas U-20 Indonesia Ketimbang Belanda

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya