Optimisme Shin Tae Yong Jika Pemain Naturalisasi Tampil di Piala Asia

Pemain Naturalisasi buat Timnas Indonesa semakin kuat

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, sangat menantikan rampungnya proses naturalisasi yang sedang dijalankan tiga pemain keturunan. Sebab, kehadiran mereka diklaim bisa membuat skuad Garuda semakin kuat di Piala Asia 2023.

Ketiga pemain itu adalah Sandy Walsh, Jordi Amat dan Shayne Pattynama. Mereka semua sudah melengkapi dokumen beberapa waktu lalu untuk bisa melengkapi proses perpndahan kewarganegaraan.

1. Pemain naturalisasi dibutuhkan Shin Tae Yong

Optimisme Shin Tae Yong Jika Pemain Naturalisasi Tampil di Piala AsiaIwan Bule dan Shin Tae Yong. (IDN Times/Tino)

Shin Tae Yong nampaknya membutuhkan ketiga pemain tersebut. Sebab, mereka itu memiliki kualitas dan pengalaman yang tidak dimiliki semua penggawa Timnas Indonesia.

Sandy dan Jordi berlaga di liga kasta tertinggi Belgia, Jupiler Pro League. Kemudian, Shayne beraksi di liga utama Norwegia, Eliteserien. Tentu, pengetahuan taktik, serta kondisi fisik mereka bisa dibilang unggul sedikit ketimbang pemain lokal.

"Dengan pemain naturalisasi akan lebih kuat dari pada sekarang," kata Shin Tae Yong di Hotel Fairmont, Senayan, Kamis (16/6/2022).

Baca Juga: Daftar 24 Peserta Piala Asia 2023, Ada Timnas Indonesia

2. Shin nilai lawan di Piala Asia lebih berat

Optimisme Shin Tae Yong Jika Pemain Naturalisasi Tampil di Piala Asiathe-afc.com

Timnas Indonesia memang tengah membutuhkan kekuatan baru untuk melengkapi kekuatannya. Bagaimana tidak, Piala Asia jauh lebih sulit ketimbang AFF. Tim langganan Piala Dunia berada di sana, seperti Jepang, Korea Selatan, ataupun Australia.

"Piala Asia memang tidak gampang. Lawan kuat daripada sekarang," kata Shin mengucapkan hal itu.

3. Shin Tae Yong optimistis Timnas Indonesia bisa bersaing di Piala Asia

Optimisme Shin Tae Yong Jika Pemain Naturalisasi Tampil di Piala AsiaShin Tae-yong saat memimpin latihan Timnas Indonesia (IDN Times/Herka Yanis)

Kendati demikian, arsitek asal Korea Selatan itu sangat optimistis. Pasukan Garuda sudah berkembang pesat sejak dirinya menjabat. Namun, dia tetap membutuhkan evaluasi. Marc Klok dan kawan-kawan dituntut lebih kerja keras.

"Secara mental dan fisik membaik. Mulai dari sekarang bukan hanya mengikuti turnamen, tetapi juga menjadi tim yang bisa bersaing dengan tim di Piala Asia," ujar Shin menutup pembicaraan.

Baca Juga: Posisi Shin Tae Yong di Timnas Indonesia Dijamin Aman

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya