Penyesalan Hansi Flick Usai Jerman Keok dari Jepang

Hansi Flick enggan cari-cari alasan

Jakarta, IDN Times - Jerman menelan hasil buruk dalam laga perdananya di Grup E Piala Dunia 2022. Die Mannschaft keok dari Jepang dengan skor 1-2 saat berduel di Khalifa International Stadium, Rabu malam WIB (23/11/2022).

Menyikapi kekalahan itu, pelatih Jerman, Hansi Flick, enggan mencari alasan. Dia hanya menyanjung permainan Samurai Biru yang memukau.

"Kami tidak mencari alasan. Itu akan murahan. Jepang adalah tim bagus, mereka terlatih dengan baik," kata Hansi Flick selepas laga mengutip laman resmi DFB.

1. Serangan Jerman kurang efektif

Penyesalan Hansi Flick Usai Jerman Keok dari JepangSelebrasi Takuma Asano saat membobol gawang Jerman di Piala Dunia 2022, Rabu (23/11/2022). (Twitter/@FIFAWorldCup).

Kekalahan ini menjadi bahan evaluasi bagi Flick dalam petualangannya di Piala Dunia 2022. Dia merasa anak-anak asuhnya tidak efektif dalam membangun serangan.

Tumpulnya barisan depan Kai Havertz dan kolega harus dibayar mahal. Terlalu sering buang peluang, Jerman akhirnya dihukum lewat dua gol balasan Jepang.

"Kami menciptakan peluang bagus, tapi tidak memanfaatkannya dengan baik. Jepang lebih efisien di depan gawang," kata mantan pelatih Bayern Munich itu.

Baca Juga: Jepang Comeback, Permalukan Jerman di Piala Dunia 2022

2. Pertahanan Jerman begitu rapuh

Penyesalan Hansi Flick Usai Jerman Keok dari JepangPotret Takuma Asano saat membobol gawang Jerman di Piala Dunia 2022, Rabu(23/11/2022). (Twitter/@jfa_samuraibliue).

Barisan pertahanan Jerman juga kena sentil Flick. Lini belakang Der Panzer dirasa terlalu mudah ditembus oleh para pemain Jepang dan kerap kalah dalam adu sprint.

Soliditas pertahanan Jerman juga masih belum tercipta dan tak padu. Itulah yang membuat Jepang dengan mudah mebobol gawang Manuel Neuer.

"Kami membuat kesalahan individu. Kami harus bertahan lebih baik dan menekan bola di area sendiri. Kami harus bereaksi lebih baik usai kebobolan dua gol," ujar Flick.

3. Janji tampil lebih baik

Penyesalan Hansi Flick Usai Jerman Keok dari JepangSelebrasi Jerman saat membobol gawang Jepang di Piala Dunia 2022, Rabu (23/11/2022). (Twitter/@DFB_Team).

Flick berjanji akan memperbaiki performa Jerman tampil lebih baik ketika bersua Spanyol dalam lanjutan Grup E Piala Dunia 2022, Senin (28/11/2022) mendatang. Duel ini menjadi krusial sifatnya karena bisa menentukan nasib Jerman.

Kalah, maka Jerman harus siap-siap angkat koper. Tugasnya cukup berat, mengingat Spanyol tampil ganas usai mencukur habis Kosta Rika dengan skor 7-0, Rabu malam WIB (23/11/2022).

"Spanyol adalah lawan yang berbeda dan kami memiliki rencana permainan lain untuk pertandingan nanti," kata pelatih 57 tahun tersebut.

Baca Juga: Aksi Konyol Ruediger, Ledek Pemain Jepang Malah Jerman Keok

Topik:

  • Satria Permana
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya