Penyesalan Sepp Blatter Tunjuk Qatar Jadi Tuan Rumah

Tidak sesuai rapat komite eksekutif

Jakarta, IDN Times - Ada fakta menarik yang baru saja terkuak tentang Piala Dunia 2022. Mantan Presiden FIFA, Sepp Blatter, akhirnya mengakui penunjukan Qatar sebagai tuan rumah sebagai sebuah kesalahan.

"Qatar adalah sebuah kesalahan," kata Blatter mengutip Sky Sports, Rabu (9/11/2022).

Baca Juga: Duta Piala Dunia Qatar Sebut Homoseksual Merusak Pikiran

1. Piala Dunia terlalu besar untuk Qatar

Penyesalan Sepp Blatter Tunjuk Qatar Jadi Tuan RumahBrasil melawan Argentina pada babak kualifikasi Piala Dunia 2022. (twitter.com/Argentina)

Ya, Qatar terpilih menjadi tuan rumah pada 2010 silam, semasa jabatan Blatter. Pria 86 tahun itu menyebut Qatar terlalu kecil untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia.

"Qatar itu terlalu kecil untuk menyelenggarakan Piala Dunia. Sepak bola dan Piala Dunia terlalu besar untuk itu," ujar Blatter.

Baca Juga: Qatar Dituduh Retas Pihak-pihak yang Kritik Piala Dunia 2022

2. Harusnya Amerika Serikat

Penyesalan Sepp Blatter Tunjuk Qatar Jadi Tuan RumahPresiden Amerika Serikat Joe Biden bersama Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris. (Instagram.com/joebiden)

Blatter juga mengakui bahwa Piala Dunia 2022 ini seharusnya digelar di Amerika Serikat. Negeri Paman Sam terpilih lewat rapat komite eksekutif FIFA.

"Saat itu, kami sebenarnya di rapat komite eksekutif sudah setuju memberikan Piala Dunia 2018 untuk Rusia, dan Piala Dunia 2022 untuk AS. Ini bisa jadi simbol perdamaian antara dua seteru politik jika mampu menggelar Piala Dunia secara beruntun," ujar Blatter.

3. Penuh kontroversi

Penyesalan Sepp Blatter Tunjuk Qatar Jadi Tuan RumahTimnas Italia terancam gagal lolos lagi ke putaran final Piala Dunia 2022. (euro.com).

Piala Dunia 2022 akan kick off kurang dari dua pekan lagi. Duel antara Qatar melawan Ekuador menjadi laga pembuka pada 20 November 2022 mendatang.

Namun, pesta sepak bola kali ini menuai banyak kontroversi. Mulai dari Piala Dunia yang digelar berbarengan kompetisi, hingga isu pelanggaran HAM di luar lapangan.

Baca Juga: 5 Pemain Terbaik Prancis di Piala Dunia 2018, Juara Dunia!

Topik:

  • Hana Adi Perdana
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya