Penyesalan Shin Tae Yong dalam Kemenangan Timnas U-20

Masih ada yang perlu dibenahi

Jakarta, IDN Times - Kemenangan besar Timnas Indonesia U-20 tak lantas membuat pelatih Shin Tae Yong puas. Justru, Shin menyoroti adanya kekurangan yang muncul dalam kemenangan itu.

Sejumlah aspek, menurut Shin, masih harus dibenahi dari skuad Garuda. Hanya saja, secara keseluruhan performa para pemain sudah cukup bagus.

"Saya senang dengan kerja keras pemain. Saya juga puas dengan kemenangan yang telak. Tapi, masih ada beberapa kekurangan di atas lapangan," kata Shin.

Baca Juga: 3 Pemain yang Sukses Bawa Timnas U-20 Bungkam Timor Leste

1. Timnas U-20 masih kurang kompak

Penyesalan Shin Tae Yong dalam Kemenangan Timnas U-20Duel Timnas U-20 versus Timor Leste di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. (dok. PSSI)

Kekurangan yang dimiliki Garuda Muda tak cuma disadari Shin. Striker Timnas U-20, Hokky Caraka, juga merasakannya.

Pencetak hattrick ke gawang Timor Leste tersebut mengakui kalau permainan Timnas U-20 masih belum padu. Transisi permainan juga belum matang.

"Kami masih perlu melakukan evaluasi. Cara bertahan dan menyerang kami kurang kompak," kata Hokky.

2. Timnas U-20 harus lebih matang

Penyesalan Shin Tae Yong dalam Kemenangan Timnas U-20Shin Tae Yong dalam konferensi pers. (IDN Times/Tino)

Saat melakoni duel lawan Hong Kong dan Vietnam, Shin meminta anak-anak asuhnya bermain lebih atraktif dan eksplosif ketimbang laga pembuka. Aturan head to head harus diwaspadai agar bisa finis sebagai juara grup di Kualifikasi Piala Asia 2023.

"Indonesia mau bersaing untuk peringkat pertama. Semoga bisa semakin matang dan lebih baik," kata Shin.

3. Lawan Hongkong, Shin lebih optimistis

Penyesalan Shin Tae Yong dalam Kemenangan Timnas U-20Duel Timnas U-20 versus Timor Leste di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. (dok. PSSI)

Selanjutnya, Timnas Indonesia U-20 bakal bersua Hongkong di Stadion Gelora Bung Tomo, Jumat (16/9/2022) malam WIB. Shin menilai Garuda Muda memiliki keuntungan pada laga tersebut. Sebab, Hongkong datang ke Surabaya tanpa persiapan yang bagus. Apalagi, dalam laga pembuka, mereka dihajar Vietnam, 1-5.

"Saya menonton pertandingan mereka. Tapi, saya merasa Hongkong belum ada persiapan yang matang," ujar Shin.

Baca Juga: 3 Fakta Menarik Kemenangan Timnas U-20 Atas Timor Leste

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya