Perjalanan Karier Buffon, Bintang yang Punya Loyalitas Tinggi

Siapa yang gak kenal Buffon?

Jakarta, IDN Times - Kiper legenda Italia, Gianluigi Buffon, sudah memutuskan gantung sepatu. Dia menutup lembaran karier sepak bolanya saat menginjak usia 45 tahun.

Buffon sejatinya masih ada kontrak bersama Parma Calcio 1913 sapai Juni 2024. Namun, pria kelahiran Carrara, Italia itu sepakat mengakhiri kerja samanya imbas cedera yang tak kunjung sembuh.

Eks kiper Juventus itu merupakan kiper kebanggaan Italia. Ketika usianya sudah uzur, dia mampu beraksi dengan gemilang di bawah mistar.

Seperti apa kisah perjalanan karier Buffon? Berikut ulasannya IDN Times sajikan.

1. Perjalanan Buffon dimulai dari Parma

Perjalanan Karier Buffon, Bintang yang Punya Loyalitas Tinggifootball365.com

Parma menjadi awal bagi Buffon membangun karier profesionalnya. Tepatnya pada Juli 1994 lalu, dia berhasil promosi ke tim utama Parma.

Buffon mengabdi selama enam tahun bersama Parma dengan mencatat 85 clean sheet. Dalam periode itu, dia selalu menjadi sorotan hingga akhirnya diboyong Juventus pada musim 2021/02.

Baca Juga: Gianluigi Buffon, Bukti Pengabdian sang Legenda untuk Si Nyonya Tua

2. Loyalitas Buffon tak perlu ditanyakan

Perjalanan Karier Buffon, Bintang yang Punya Loyalitas Tinggiskysports.com

Nah, bersama Juventus, Buffon berhasil mengukir segudang kenangan. Salah satu yang mungkin tak terlupakan adalah ketika dirinya memilih setia bertahan di Juventus saat  degradasi ke Serie B pada musim 2005/06.

Juventus harus turun kasta usai terkena skandal calciopoli. Padahal, pada musim tersebut, Bianconeri berhasil mengakhiri kompetisi sebagai pemuncak klasemen.

Banyak pemain yang hengkang setelah Juventus dihantam masalah tersebut, seperti Fabio Cannavaro, Emerson, Patrick Vieira dan Zlatan Ibrahimovic.

Namun, Buffon tetap bertahan. Dia bersama Alessandro Del Piero, Giorgio Chiellini, Pavel Nedved, David Trezeguet serta Mauro Camoranesi memilih setia di Turin.

Ternyata tak butuh waktu lama bagi Buffon dan kolega untuk membawa Juventus kembali naik ke Serie A. Hanya semusim, mereka berhasil menjadi juara di Serie B dengan torehan 85 poin pada musim 2006/07.

3. Buffon hanya kekurangan satu trofi

Perjalanan Karier Buffon, Bintang yang Punya Loyalitas Tinggiskysports.com

Setelah puas di Juventus, Buffon mencari tantangan baru di Paris Saint-Germain (PSG) pada musim 2018/19. Ternyata, pria 45 tahun itu hanya bertahan semusim sebelum akhirnya kembali memutuskan berseragam Juventus.

Buffon sebenarnya bisa gantung sepatu dengan senyum yang lebar. Maklum, dalam kiprahnya, Buffon berhasil menyabet banyak gelar, seperti 10 Scudetto dan sebiji trofi Piala Dunia.

Namun, ada yang kurang dari koleksi trofi milik Buffon. Dia belum sempat mencicipi trofi Liga Champions hingga pensiun.

Addio Gianluigi Boffon!

Baca Juga: Buffon Catat Rekor Abadi Kiper Dunia

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya