Profil Salem Al Dawsari yang Bikin Argentina dan Messi Gigit Jari

Gol Salem Al Dawsari bantu Arab Saudi kalahkan Argentina 2-1

Jakarta, IDN Times - Arab Saudi sukses memberikan kejutan di Piala Dunia 2022. Green Falcons mampu comeback untuk membuat Argentina gigit jari di laga perdana Grup C, Selasa (22/11/2022).

Berlaga di Lusail Stadium, Argentina sebenarnya unggul lebih dulu saat duel berusia 10 menit lewat eksekusi penalti Lionel Messi. Keunggulan itu bertahan hingga babak pertama berakhir.

Petaka didapat Argentina tepat setelah jeda turun minum. Tim asuhan Lionel Scaloni dikejutkan dengan gol cepat Saleh Al Shehri saat duel babak kedua baru berjalan tiga menit.

Entah apa yang terjadi dengan barisan pertahanan Argentina di awal babak kedua ini. Hanya lima menit berselang, gawang Emiliano Martinez kembali kebobolan.

Kali ini, giliran Salem Al Dawsari yang mencatatkan namanya di papan skor pada menit 53. Meliak-liuk di kotak penalti, melewati dua pemain bertahan Argentina, Al Dawsari langsung melakukan tembakan keras yang tak bisa dibendung Martinez.

Siapa sangka, gol tersebut sukses mengantarkan Green Falcons memetik kemenangan pada laga perdananya di Piala Dunia 2022. Tampil sebagai pahlawan, siapa sebenarnya Al Dawsari? Berikut ini adalah profil Saleh Al Shehri, simak informasi selengkapnya berikut ini.

1. Sempat jadi wonderkid Arab Saudi

Profil Salem Al Dawsari yang Bikin Argentina dan Messi Gigit JariSalem Al Dawsari. (Instagram/@29salem).

Karier Al Dawsari berawal setelah bakatnya ditemukan raksasa asal Arab Saudi, Al Hilal. Bakatnya terus diasah, hingga akhirnya menembus tim utama pada 2011 silam.

Dia promosi ke tim utama dengan usia yang terbilang muda, yakni 20 tahun. Semenjak saat itu, dia menjadi andalan di barisan depan Al Hilal.

Bersama Al Hilal, Al Dawsari sukses memenangkan 13 gelar. Rinciannya adalah lima trofi Liga Arab Saudi, tiga Saudi Cup, dua Saudi Crown Prince Cup, dan satu Saudi Super Cup. Dia juga sempat membawa Al Hilal menjuarai AFC Champions League dua kali.

Baca Juga: Kata Messi Usai Argentina Dipermalukan Arab Saudi

2. Sempat berseragam Villarreal

Profil Salem Al Dawsari yang Bikin Argentina dan Messi Gigit JariSalem Al Dawsari. (Instagram/@29salem).

Al Dawsari sebenarnya juga sempat berkiprah di LaLiga. Pada musim 2017/18 lalu, dia dipinjam Villarreal selama setengah musim.

Sial, kariernya saat berseragam Villarreal kurang mentereng. Dia hanya memainkan satu penampilan sejak bergabung pada Januari hingga Juni 2018 lalu, sebelum akhirnya kembali ke Al Hilal.

3. Sayap yang tajam

Profil Salem Al Dawsari yang Bikin Argentina dan Messi Gigit Jaripotret Salem Al-Dawsari bersama Timnas Arab Saudi (the-afc.com)

Sebagai penyerang sayap, Al Dawsari memiliki kontribusi besar di barisan depan Al Hilal. Sebanyak 71 gol dan 62 assist sudah dia torehkan dari 309 penampilan di seluruh kompetisi.

Pada musim 2021/22 lalu, Al Dawsari juga tampil meyakinkan. Dia mencetak 15 gol dan enam assist dari 31 penampilannya.

Menarik untuk dinantikan seperti apa kiprah Al Dawsari di Piala Dunia 2022 ini. Setelah membenamkan Argentina, mampukah pemain 31 tahun itu tampil konsisten?

Baca Juga: Kejutan! Argentina Dipermalukan Arab Saudi di Piala Dunia 2022

Topik:

  • Satria Permana
  • Eddy Rusmanto

Berita Terkini Lainnya