PSSI dan JFA Jajaki Kerja Sama di Kongres FIFA

Kapan akan terealisasi?

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengajak Japan Football Association (JFA) untuk berkolaborasi. Potensi itu terbuka, setelah Erick berbincang dengan Presiden JFA, Tashima Kohzo.

Pertemuan Erick dan Tashima terjadi di Kongres Tahunan FIFA, di BK Arena Kigali, Rwanda, pada Kamis (16/3/2023). Kesempatan itu pun dimanfaatkan pria 52 tahun itu untuk mengajak JFA berkolaborasi.

"Saya bertemu dengan Presiden JFA, Tashima Kohzo. Kami berbicara tentang potensi kolaborasi kedua federasi," kata Erick Thohir dalam rilis yang diterima IDN Times.

1. Buat dongkrak kualitas sepak bola Indonesia

PSSI dan JFA Jajaki Kerja Sama di Kongres FIFALogo PSSI di Kantor PSSI. (IDN Times/Tino).

Erick punya harapan besar PSSI bisa berkolaborasi dengan JFA untuk ke depannya. Kolaborasi itu bisa membantu kualitas sepak bola Indonesia menjadi lebih bagus.

Ada yang ingin dipelajari Menteri BUMN tersebut dari kolaborasi nanti. Seperti peningkatkan kualitas kompetisi, wasit, serta pengembangan sepak bola putri dan usia dini.

"Fokus area kolaborasi adalah mengenai pengembangan liga, perbaikan wasit dan pengembangan sepak bola putri di Indonesia," ujar Erick.

Baca Juga: PSSI Lockdown SUGBK, Persija Harus Jamu Persib di Mana?

2. Mau kolaborasi juga dengan Federasi Arab Saudi

Sebelumnya, Erick juga membagikan pembicaraannya dengan Presiden Saudi Arabian Football Federation (SAFF), Yaser Al Misehal. SAFF disebut bersedia untuk membantu menyukseskan Piala Dunia U-20 2023 Indonesia, 20 Mei hingga 11 Juni mendatang.

Yaser bersedia membantu meski Arab Saudi tidak lolos ke ajang tersebut. Selain itu, Erick ingin SAFF membangun aplikasi seluler untuk fans sepak bola Indonesia.

"Alhamdulillah, SAFF siap membantu menyukseskan Piala Dunia U-20 di Indonesia, meski tim Arab Saudi tidak lolos ke putaran Piala Dunia U-20. Saya juga menginginkan SAFF bisa membantu PSSI membangun aplikasi seluler untuk fans sepak bola Indonesia. Aplikasi seluler MySAFF sangat efektif meningkatkan keterlibatan fans sepak bola Arab Saudi dan memberikan informasi ke fans terkait sepak bola di Arab Saudi," tulis Erick di Instagramnya.

3. PSSI juga dapat dukungan dari AFC

Tak berhenti di situ, Erick juga berbincang dengan Presiden Asia Football Confederation (AFC), Shaikh Salman Al Khalifa. AFC mendorong PSSI untuk mereformasi tata kelola sepak bola.

"Presiden Shaikh Salman mendorong pembenahan total PSSI karena Indonesia adalah negara sepak bola terbesar di Asia Tenggara," tulis Erick di Instagramnya.

Baca Juga: Erick Thohir: AFC Dukung Perbaikan Sepak Bola Indonesia

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya