Erick Thohir: AFC Dukung Perbaikan Sepak Bola Indonesia

AFC siap membantu perkembangan sepak bola Indonesia

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menghadiri Kongres FIFA di Kigali, Rwanda, pada Rabu (15/3/2023). Dalam kongres tersebut, Erick berbincang dengan Presiden Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), Shaikh Salman Al Khalifa.

Erick menyatakan Shaikh Salman menaruh perhatian besar kepada sepakbola Indonesia. Shaikh Salman menilai, Indonesia punya pekerjaan rumah dalam memperbaiki iklim sepak bola agar bisa bersaing di kancah internasional.

"Tadi, Presiden Shaikh Salman mendorong untuk pembenahan total PSSI karena Indonesia adalah negara sepak bola terbesar di Asia Tenggara," ujar Erick pada Rabu (15/3/2023), dalam keterangan resminya.

1. Arab Saudi juga memberikan dukungan

Erick Thohir: AFC Dukung Perbaikan Sepak Bola IndonesiaKetua Umum PSSI, Erick Thohi tinjau Stadion Utama Gelora Bung Karno (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Tak hanya Presiden AFC, Erick juga bertemu Presiden Federasi Sepakbola Kerajaan Arab Saudi (KSA), Yaser Al Misehal. Erick menyebut peran penting KSA dalam pencalonan tuan rumah Piala Dunia U-20 bagi Indonesia.

"Saya berterima kasih ke Presiden Yaser. Arab Saudi adalah salah satu tim yang mendukung Indonesia ketika kita bidding untuk Piala Dunia U-20," kata Erick.

Dalam perbincangan dengan Yaser, Erick juga menjajaki sejumlah kerja sama PSSI dengan KSA ke depan. Ada potensi kolaborasi yang bisa terjadi antara PSSI dan KSA.

Baca Juga: Erick Thohir: SUGBK Lockdown Hingga Piala Dunia U-20

2. Tambahan motivasi bagi PSSI

Erick Thohir: AFC Dukung Perbaikan Sepak Bola IndonesiaKetum PSSI, Erick Thohir, di GBK Arena. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Erick menyebut, dorongan dari berbagai pihak menjadi tambahan motivasi PSSI dalam memperbaiki sepak bola Tanah Air. Dia berkata, perbaikan sepakbola Indonesia sudah menjadi bagian dari program reformasi total dalam tata kelola PSSI.

"Saya dan PSSI sedang merancang peta jalan untuk sepak bola Indonesia 2023-2045," ucap Erick.

3. Indonesia siap menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023

Erick Thohir: AFC Dukung Perbaikan Sepak Bola IndonesiaKetum PSSI, Erick Thohir dalam jumpa pers FIFA Matchday, Jumat (10/3/2023). (IDN Times/Tino).

Dalam pertemuan itu, Erick juga menyampaikan perkembangan kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. AFC mengapresiasi langkah pemerintah dan PSSI dalam mempersiapkan seluruh prasarana untuk Piala Dunia U-20 2023.

"Tadi saya juga memberikan cenderamata Piala Dunia U-20 2023 kepada Shaikh Salman selaku Presiden AFC. Alhamdulillah beliau menyatakan dukungan yang maksimal untuk Indonesia," kata Erick.

Baca Juga: Piala Dunia U-20: Palestina Tak Masalah Israel ke Indonesia

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya