Semringahnya Rafael Struick Bisa Cetak Gol Debut Bareng Timnas U-20

Hanya membutuhkan adaptasi lebih cepat

Jakarta, IDN Times - Pemain keturunan asal Belandag, Rafael William Struick, memiliki kesan manis saat melakoni debutnya bareng Timnas Indonesia U-20. Dia sukses mencetak gol debut, saat membantu Garuda Muda bersua Slovakia U-20, Sabtu (19/11/2022) malam.

Rafael mencatatkan namanya di papan skor saat duel baru berusia 26 menit, usai memanfaatkan umpan silang dari Dzaki Asraf. Penyerang berusia 19 tahun itu merasa bangga dengan gol debutnya tersebut.

"Saya bangga bisa mencetak gol untuk negara yang menakjubkan," kata Rafael selepas laga.

1. Garuda Muda gagal menang

Semringahnya Rafael Struick Bisa Cetak Gol Debut Bareng Timnas U-20Potret Timnas Indonesia U-20 saat bersua Slovakia U-20, Sabtu (19/11/2022). (dok. PSSI).

Gol yang dicetak Rafael sejatinya membuat Garuda Muda unggul hingga memasuki babak kedua. Sial, tim asuhan Shin Tae Yong terpeleset saat laga menyisakan 11 menit.

Dzaki Asraf melakukan pelanggaran di kotak terlarang pada menit 79. Kiper Timnas U-20, Cahya Supriadi terkecoh oleh eksekusi Timotej Jambor. Kemudian, Slovakia U-20 mencetak gol pembunuh lewat Damian Kachut yang meliak-liuk di depan gawang Indonesia.

2. Karena kesulitan di babak kedua

Semringahnya Rafael Struick Bisa Cetak Gol Debut Bareng Timnas U-20Aksi Marselino Ferdinan saat membantu Timnas Indonesia U-20 bersua Slovakia U-20, Sabtu (19/11/2022). (dok. PSSI).

Kekalahan Timnas U-20, diakui Rafael, karena kesulitan keluar dari tekanan yang diberikan Slovakia U-20 di babak kedua. Padahal, Garuda Muda bermain atraktif pada babak pertama.

"Saya pikir kami memulai pertandingan dengan baik. Kami berhasil memimpin 1-0, baik dalam melakukan pressing, serta bermain energik. Tapi kami kesulitan di babak kedua. Kami bertarung, sayangnya kalah," ujar Rafael.

Baca Juga: Hubner Diganjar Kartu Merah, Indonesia Kalah Lawan Slovakia

3. Adaptasinya dinantikan Shin Tae Yong

Semringahnya Rafael Struick Bisa Cetak Gol Debut Bareng Timnas U-20Aksi Zico Jamai Soree dalam debutnya bersama Timnas Indonesia U-20. (dok. PSSI).

Bukan hanya Rafael yang melakoni debut bareng Timnas U-20. Adapun Zico Jamai Soree, pemain keturunan yang turut dipanggil Shin Tae Yong untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) Timnas U-20 di Spanyol.

Catatan Shin untuk mereka hanya soal chemistry di atas lapangan, lantaran baru bergabung dalam TC pada Jumat (18/11/2022). Maka dari itu, mereka diminta untuk cepat beradaptasi.

"Secara organisasi permainan mereka memang kurang, karena belum lama latihan bersama kami," kata Shin.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya