Shin Minta Timnas U-19 Menunjukkan Mental Juara di Laga Terakhir

Kans skuad Garuda Muda lolos semifinal ditentukan laga lain

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia U-19 mendapat ujian berat untuk melangkahkan kaki ke semifinal Piala AFF U-19 2022. Selain wajib menang di laga terakhir Grup A, mereka juga mesti menunggu hasil di laga lain.

Bagi Shin Tae Yong, kondisi ini jadi momentum untuk melihat seberapa besar mental juara yang dimiliki Ronaldo Kwateh dan kawan-kawan. Beban berat bakal berada di pundak pemain dalam laga terakhir nanti yang harus menyelesaikan misi untuk menang. 

Sementara, kondisi tim juga sedang tidak ideal. Selain para pemain yang mulai kelelahan akibat menjalani jadwal padat di babak penyisihan ini, mereka juga tak akan diperkuat beberapa pemain andalannya. Salah satunya adalah Marselino Ferdinan.

1. Shin Tae Yong ingin melihat mental juara pemain Timnas U-19

Shin Minta Timnas U-19 Menunjukkan Mental Juara di Laga TerakhirShin Tae Yong sedang berdiskusi dengan tim pelatih Timnas U-19 Indonesia di salah satu laga Piala AFF U-19. (IDN Times/Tata Firza)

Namun demikian, Shin Tae Yong optimistis anak asuhnya mampu melewati rintangan tersebut. Syaratnya dengan memperlihatkan mental juara di atas lapangan.

Mental serta motivasi jadi aspek yang tengah digenjot Shin demi lolos ke semifinal Piala AFF. Berkorban untuk tim jadi hal yang ditekankan olehnya.

Sebab, saat ini, Timnas U-19 diakui sudah keletihan karena padatnya skedul Piala AFF U-19 2022. Ditambah, hilangnya peran Marselino membuat Garuda Muda sedikit pincang.

"Saya berusaha untuk mengubah mental pemain agar mereka bisa berkorban untuk tim. Itu yang ditegaskan kepada mereka. Pemain juga sudah berusaha keras," kata Shin usai laga kontra Filipina, Kamis (8/7/2022).

Baca Juga: Shin Tae Yong: Jadwal Padat di Piala AFF U-19 Bahayakan Pemain

2. Shin putar otak untuk akali keletihan pemain Timnas U-19

Shin Minta Timnas U-19 Menunjukkan Mental Juara di Laga TerakhirPemain Timnas U-19 melakukan selebrasi di salah satu pertandingan Piala AFF U-19 2022. (IDN Times/Tata Firza)

Perjudian besar dilakukan Shin saat meladeni Filipina kemarin malam. Saat membutuhkan kemenangan, dia malah merombak pemain yang jadi starter dalam laga tersebut. 

Hasilnya cukup memuaskan. Skuad Garuda Muda tampil lebih moncer ketimbang saat bentrok dengan Thailand. Subhan Fajri dan kolega mampu menggasak Filipina dengan skor telak 5-1.

Kemenangan itu jadi modal positif. Shin memiliki banyak opsi untuk laga pamungkas, kontra Myanmar pada Minggu (10/7/2022). Rotasi yang dilakukan diharapkan bisa membantu Timnas U-19 lebih bugar pada laga tersebut.

"Saya antisipasi fisik (pemain) untuk laga berikutnya, jadi hampir semua starting diganti. Semua pemain yang main (lawan Filipina) sangat bekerja keras. Jadi saya ucapkan terima kasih," ujar Shin.

3. Kans Timnas U-19 lolos ke semifinal masih terbuka lebar

Shin Minta Timnas U-19 Menunjukkan Mental Juara di Laga TerakhirTimnas Indonesia U-19, (Foto: Instagram/PSSI)

Hanya saja, Timnas U-19 tak otomatis lolos ke babak semifinal Piala AFF U-19 andai menang dalam laga pamungkas nanti. Sebab, berapa pun skor kemenangan kontra Myanmar, hasilnya akan nihil jika duel Vietnam melawan Thailand berakhir imbang dengan menghasilkan gol (1-1, 2-2, dst).

Hasil seperti itu bisa membuat Vietnam dan Thailand bakal mewakili Grup A di semifinal. Sebab, berdasarkan hitung-hitungan yang dipakai sebagai regulasi untuk menentukan tim yang lolos, keduanya unggul head to head atas Timnas U-19.

Hal ini terjadi lantaran Timnas U-19 dua kali bermain imbang tanpa gol, yakni ketika melawan Vietnam dan Thailand di babak penyisihan Grup A. Sehingga, usai dihitung head to head,  Indonesia bakal kalah dalam klasemen kecil di antaranya Vietnam dan Thailand.

Namun, andai Vietnam dan Thailand bermain imbang 0-0 dan Timnas U-19 menang, sudah bisa dipastikan tuan rumah lolos ke semifinal. Mereka bahkan bisa jadi juara grup, karena punya nilai yang sama secara head to head, tapi unggul selisih gol dibandingkan Thailand dan Vietnam. 

Tim besutan Shin Tae Yong sendiri kini sudah mengoleksi 12 gol dan kemasukan satu gol saja (+11) dalam empat laga yang dilalui. Jumlah itu lebih baik dari Vietnam (+9) dan Thailand (+6) yang kini ada di peringkat satu serta dua Grup A.

Timnas U-19 punya kans lolos semifinal Piala AFF U-19 2022 dengan skema lain. Jika duel Thailand kontra Vietnam berakhir dengan kemenangan salah satunya dan Timnas U-19 meraup tripoin lawan Myanmar, Ronaldo Kwateh dan kolega tetap dipastikan melaju ke semifinal dengan status sebagai runner-up Grup A.

Baca Juga: Kans Timnas U-19 ke Semifinal Piala AFF Ditentukan Laga Lain

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya