Shin Tae Yong Minta Timnas Indonesia Balas Irak di Leg 2

Ada 2 pertemuan lagi kontra Irak

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong meminta anak-anak asuhnya sadar diri setelah dilibas Iran dengan skor 1-5 di Basra International Stadium, Kamis (16/11/2023). Skuad Garuda perlu meningkatkan level permainannya, demi memuluskan misi balas dendam.

Juru taktik asal Korea Selatan itu meminta Jordi Amat dan kawan-kawan tampil lebih garang ketika menjamu Irak di leg kedua, pada Juni 2024. Namun, Indonesia bisa membalaskan dendamnya lebih cepat saat bersua Irak di Piala Asia 2023, awal tahun depan.

"Saya ucapkan selamat kepada Irak, mereka membuat kami kalah telak. Tapi, kami akan memainkan permainan yang lebih bagus di kandang kami!" kata Shin Tae Yong.

Baca Juga: Timnas Indonesia Kalah, Shin Tae Yong Akui Kualitas Irak

1. Level permainan Indonesia tertinggal jauh dari Irak

Shin Tae Yong Minta Timnas Indonesia Balas Irak di Leg 2Timnas Indonesia kalah 1-5 dari Irak, Kamis (16/11/2023). (Dok. PSSI).

Kekalahan ini sebenarnya menjadi pukulan buat Pasukan Garuda. Mereka benar-benar kewalahan menghadapi tim dengan peringkat FIFA yang lebih tinggi. Mereka sering salah dalam mengambil keputusan dan sulit mengembangkan permainan lantaran umpan yang tak akurat.

Memang, tekanan yang diberikan puluhan ribu suporter Irak memang mempengaruhi mental Indonesia. Namun, secara level permainan, Indonesia gagal mengimbangi tim berjuluk Singa Mesopotamia tersebut.

Baca Juga: Irak Masih Jadi Momok bagi Timnas Indonesia

2. Dapat pelajaran berharga di Basra

Shin Tae Yong Minta Timnas Indonesia Balas Irak di Leg 2Shayne Pattynama dalam jumpa pers usai dikalahkan Irak 1-5, Kamis (16/11/2023). (Dok. PSSI).

Shayne Pattynama pun mengakui kalau Timnas Indonesia harus segera naik level. Sebab, pada awal Januari 2024, mereka akan bersaing di Piala Asia 2023.

"Ini pelajaran bagi kami. Irak adalah tim bagus, kami akan belajar dari kekalahan ini. Saya rasa kami harus berjuang lebih keras lagi dan percaya pada kemampuan sendiri, karena kami adalah tim yang bagus," ujar Shayne Pattynama.

Baca Juga: Timnas Indonesia Tak Berkutik di Kandang Irak

3. Timnas fokus hadapi Filipina

Shin Tae Yong Minta Timnas Indonesia Balas Irak di Leg 2Timnas Indonesia berlatih di Irak. (pssi.org)

Selanjutnya, Pasukan Garuda sudah ditunggu Filipina pada matchday 2 Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Duel tersebut akan dihelat di Rizal Memorial Stadium, 21 November 2023.

Ada waktu empat hari buat para pemain Timnas untuk memulihkan diri dan evaluasi. Filipina juga dalam kondisi yang kurang baik, usai dipermalukan Vietnam dua gol tanpa balas di kandang sendiri.

"Selanjutnya, (lawan Filipina) kami akan bermain lebih baik," kata Shayne.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya