Shin Tae Yong Sudah Sibuk Cari Kelemahan Thailand saat di Pesawat

Indonesia akan menjamu Thailand di SUGBK, Kamis (29/12/2022)

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, tak bisa diam selama penerbangan dari Malaysia menuju Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Selasa (27/12/2022). Dalam perjalanan, Shin ternyata bekerja.

Selama sekitar dua jam perjalanan, Shin mengaku terus mencari kelemahan Thailand di pesawat. Hal itu perlu dilakukan agar Shin mendapat gambaran utuh terkait kekuatan terkini Pasukan Gajah Perang.

"Barusan nonton pertandingan (Thailand versus Filipina) di pesawat untuk dianalisis," kata Shin selepas mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Selasa (27/12/2022).

1. Cari cara hadapi Thailand

Shin Tae Yong Sudah Sibuk Cari Kelemahan Thailand saat di PesawatAksi pemain Timnas Indonesia saat berhadapan dengan Kamboja dalam laga Grup A Piala AFF 2022, Jumat (23/12/2022). (IDN Times/Tata Firza)

Shin belum menganalisis kekuatan Thailand secara menyeluruh. Pria 52 tahun itu baru akan mencari data Thailand lebih jauh malam ini hingga besok. Baru setelahnya, dia menyusun rencana agar bisa meredam kekuatan Thailand.

"Perlu dianalisis lagi. Besok, akan saya jelaskan kepada pemain bagaimana (cara menghadapinya)," ujar Shin.

Baca Juga: Wapres Maruf Amin Minta Timnas Indonesia Tiru Maroko di Piala AFF

2. Langsung gelar latihan

Shin Tae Yong Sudah Sibuk Cari Kelemahan Thailand saat di PesawatAksi pemain Timnas Indonesia saat berhadapan dengan Kamboja dalam laga Grup A Piala AFF 2022, Jumat (23/12/2022). (IDN Times/Tata Firza)

Shin juga belum mau melakukan evaluasi usai Pasukan Garuda menggilas Brunei Darussalam dengan skor telak, 7-0. Sebab, fokus Indonesia usai tiba di Jakarta adalah untuk memulihkan diri.

"Baru saja sampai, hari ini (langsung) fokus pemulihan untuk mempersiapkan tim jelang lawan Thailand," ujar Shin.

3. Harapkan dukungan suporter

Shin Tae Yong Sudah Sibuk Cari Kelemahan Thailand saat di PesawatSpanduk tragedi Kanjuruhan di laga Indonesia vs Kamboja. (IDN Times/Tata Firza)

Demi menghadapi Thailand, Shin sadar Indonesia tak bisa sendiri. Marc Klok dan kawan-kawan, menurut Shin, perlu dibantu pemain ke-12 alias suporter di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Makanya, Shin berharap suporter bisa memberikan dukungan penuh kepada anak-anak asuhnya.

"Saya berharapnya suporter di SUGBK bisa penuh, tidak hanya (dibatasi) beberapa persen saja agar bisa memberikan dukungan penuh untuk Indonesia," ujar Shin.

Baca Juga: Timnas Indonesia Tancap Gas, Gelar Latihan Meski Baru Pulang

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya