SUGBK Bersiap Sambut Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

Megah dan bersih

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia akhirnya pulang ke Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Pada Jumat (23/12/2022), Indonesia akan kembali mentas di SUGBK saat menjamu Kamboja dalam penyisihan Grup A Piala AFF 2022.

Setelah mengalami renovasi di berbagai sektor, SUGBK akhirnya bisa dipakai. Pihak Pengelola Pusat Kawasan Gelora Bung Karno (PPKGBK) telah memperbaiki berbagai sisi dari stadion yang dianggap sebagai kembaran Luzhniki Stadium, Rusia, tersebut.

Lewat perbaikan itu, diharapkan Indonesia bisa bermain dengan nyaman dan menjamu lawannya dengan baik. Berikut ini, IDN Times berkesempatan buat berkeliling SUGBK, sambil review segala macam fasilitas yang sudah diperbaiki.

1. Hamparan hijau rumput zoysia matrella

SUGBK Bersiap Sambut Timnas Indonesia di Piala AFF 2022Potret Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). (IDN Times/Tino).

SUGBK memiliki wajah baru dari segi field of play. Hamparan rumput hijau zoysia matrella sudah sempurna setelah renovasi rampung pada November 2022 lalu.

Drainase juga dimaksimalkan dengan baik. Direktur Utama PPKGBK, Rakhmadi Afif Kusumo, menjamin tidak akan ada genangan di lapangan meski diguyur hujan deras. Jadi, Indonesia bisa main dengan enak sepanjang Piala AFF.

"Sebelum AFF, GBK telah bersiap dari jauh-jauh hari, terutama dari segi field of play. Kami mengembangkan, memaksimalkan rumput dan resapan airnya. Semua sudah sesuai dengan standar FIFA," kata Rakhmadi kepada IDN Times.

Baca Juga: Tribune SUGBK Bakal Ramai, Jordi Amat Tak Sabar Lakoni Debut

2. Ada jacuzzi di ruang ganti

SUGBK Bersiap Sambut Timnas Indonesia di Piala AFF 2022Potret ruang ganti Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). (IDN Times/Tata Firza).

Ruang ganti di SUGBK juga terlihat cukup megah. Terdapat empat ruang ganti dengan warna yang berbeda, termasuk merah, yang nantinya ditempati Marc Klok dan kawan-kawan.

Menariknya, toiletnya bak hotel bintang lima. Bahkan, ada jacuzzi di dalamnya, yang bisa dimanfaatkan para pemain melakukan ice bathing.

3. Memiliki tempat pemanasan indoor yang luas

SUGBK Bersiap Sambut Timnas Indonesia di Piala AFF 2022Potret tempat pemanasan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). (IDN Times/Tata Firza).

SUGBK juga memiliki lapangan dalam ruangan yang cukup luas. Ini difungsikan untuk para pemain melakukan pemanasan.

Namun, yang patut diapresiasi, seisi stadion memiliki kebersihan yang begitu baik. Maka dari itu, Rakhmadi berharap suporter yang datang ke stadion untuk menyaksikan Pasukan Garuda di SUGBK bisa menjaga kebersihan dan fasilitas.

Baca Juga: Jelang Piala Dunia U-20, FIFA Kembali Cek Kondisi SUGBK

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya