Comscore Tracker

9 Alumnus Ajax yang Merumput di Luar Eredivisie pada 2022/2023

Ada yang sempat tidak punya klub karena penyakit jantung

AFC Ajax merupakan klub sukses asal Belanda. Tim berjuluk De Godenzonen ini berjaya di kompetisi domestik maupun Eropa. Hal tersebut bisa terjadi karena mereka mempunyai akademi sepak bola yang luar biasa.

Johan Cruyff, Dennis Bergkamp, dan Marco van Basten jadi beberapa nama legendaris jebolan Ajax. Tim asal Amsterdam tersebut juga masih sering menghasilkan pemain bintang hingga menjadi rebutan beberapa klub besar di liga top Eropa saat ini. Tidak heran jika mantan pemain Ajax bertebaran di mana-mana.

Pada 2022/2023, sejumlah alumnus Ajax merumput di luar Eredivisie. Siapa saja mereka?

1. Christian Eriksen (Manchester United)

9 Alumnus Ajax yang Merumput di Luar Eredivisie pada 2022/2023Christian Eriksen (premierleague.com)

Christian Eriksen adalah gelandang serang yang pernah menimba ilmu di akademi Ajax. Dirinya bisa menembus skuad utama karena tampil mengesankan. Penampilanya bahkan menarik minat berbagai klub top Eropa.

Pada 2013, Eriksen memutuskan meninggalkan Ajax untuk bergabung dengan Tottenham Hotspur. Ia juga pernah merasakan sengitnya kompetisi Serie A Italia saat bergabung dengan Inter Milan pada 2020.

Pada bursa transfer musim dingin 2022, Christian Eriksen kembali ke lapangan setelah mengalami masalah jantung di Piala Eropa 2020. Dirinya bergabung dengan Brentford di English Premier League (EPL).

Tak disangka, Eriksen menemukan permainannya kembali sehingga bisa berkontribusi besar untuk The Bees di kasta tertinggi Liga Inggris. Penampilannya bahkan menarik radar Manchester United.

Christian Eriksen lantas bertahan setengah musim saja bersama Brenford. Pada 2022/2023, ia merapat ke tim berjuluk The Red Devils. Eriksen ternyata bermain luar biasa di lini tengah Manchester United.

2. Donny van de Beek (Manchester United)

9 Alumnus Ajax yang Merumput di Luar Eredivisie pada 2022/2023Donny van de Beek (manutd.com)

Donny van de Beek adalah gelandang yang sejak kecil bermain untuk akademi Ajax. Pemain kelahiran Nijkerkerveen ini sukses tampil impresif sehingga bisa menembus skuad utama.

Van de Beek mengemban peran penting di lini tengah Ajax. Penampilannya pun menarik minat klub-klub Eropa. Pada bursa transfer musim panas 2020, ia setuju menandatangani kontrak bersama Manchester United hingga 2025.

Penampilannya ternyata tidak sesuai harapan. Ia malah lebih banyak menghuni bangku cadangan. Manchester United lantas meminjamkan Donny van de Beek ke Everton pada bursa transfer musim dingin 2022.

Pada 2022/2023, Van de Beek kembali ke Manchester United. Meski begitu, ia belum bisa berkontribusi secara maksimal karena cedera. Itu membuatnya absen dari pertandingan.

3. Frenkie de Jong (Barcelona)

9 Alumnus Ajax yang Merumput di Luar Eredivisie pada 2022/2023Frenkie De Jong (fcbarcelona.com)

Frenkie de Jong adalah gelandang yang pernah bermain di akademi Ajax. Ia bisa menunjukkan permainan terbaiknya sehingga dipromosikan ke tim utama.

Dirinya sukses menjadi bagian penting dari permainan tim asal kota Amsterdam tersebut. Pemain kelahiran Arkel ini pun menjadi incaran banyak klub Eropa.

Pada bursa transfer musim panas 2019, De Jong menandatangani kontrak dengan Barcelona. Ia bisa bermain di Camp Nou hingga 2026.

Pada 2022/2023, Frenkie de Jong sempat dikabarkan akan meninggalkan Barcelona, tetapi kabar tersebut ditepisnya. Ia setia bermain untuk Blaugrana. Xavi selaku pelatih pun sering memercayai De Jong untuk menjadi jenderal lini tengah.

4. Justin Kluivert (Valencia)

9 Alumnus Ajax yang Merumput di Luar Eredivisie pada 2022/2023Justin Kluivert (valenciacf.com)

Justin Kluivert merupakan penyerang sayap yang pernah merasakan akademi Ajax pada usia muda. Ia sendiri adalah anak dari legenda sepak bola, Patrick Kluivert. Bapak dan anak ini sama-sama lulusan akademi tim asal Amsterdam tersebut.

Justin Kluivert mampu menembus skuad utama Ajax dengan penampilan impresifnya. Namun, pada bursa transfer musim panas 2018, ia memutuskan hengkang dengan bergabung ke AS Roma.

Pemain kelahiran Zaandam ini ternyata belum bisa tampil padu dengan tim berjuluk I Giallorossi. Dirinya pun lebih banyak dipinjamkan ke berbagai klub di Eropa alih-alih bermain di Roma.

Pada 2022/2023, AS Roma meminjamkan Justin Kluivert ke Valencia selama 1 musim. Ia beberapa kali dipercaya Gennaro Gattuso untuk tampil di skuad utama.

5. Stanislav Lobotka (Napoli)

https://www.youtube.com/embed/upsAmFYr0vw

Stanislav Lobotka adalah gelandang bertahan yang pernah bermain di Jong Ajax. Pemain asal Slovakia ini berstatus pinjaman dari AS Trencin saat itu. Tidak heran jika Lobotka hanya bermain semusim di tim U-21 klub berjuluk De Godenzonen itu.

Gelandang kebangsaan Slovakia ini kemudian bertualang ke berbagai klub di Eropa. Pada bursa transfer musim dingin 2020, Lobotka pindah ke Napoli dari Celta de Vigo.

Stanislav Lobotka dinilai bisa memperkuat lini tengah tim berjuluk I Partenopei. Dirinya pun menjadi pembelian menjanjikan Gennaro Gattuso yang saat itu masih menjadi pelatih  tim asal Naples tersebut.

Pada 2022/2023, Lobotka masih menjadi pemain tak tergantikan di posisi gelandang bertahan Napoli. Luciano Spalleti yang kini jadi pelatih Napoli percaya dengan kemampuan Lobotka.

Baca Juga: Skuad Resmi Denmark di Piala Dunia 2022, Christian Eriksen Comeback

6. Matthijs de Ligt (Bayern Munich)

https://www.youtube.com/embed/YPDn-tRPAlw

Matthijs de Ligt adalah seorang bek yang membela akademi Ajax sejak usia dini. Dirinya sering tampil mengesankan sehingga bisa menembus tim utama, bahkan menjadi kapten tim. Ia juga pernah memenangi penghargaan Golden Boy pada 2018 bersama Ajax.

Pada bursa transfer musim panas 2019, De Ligt bergabung dengan Juventus. Dirinya langsung menjadi pilihan utama untuk menjaga lini belakang tim berjuluk La Vecchia Signora tersebut. Ia turut mengantarkan klub asal Turin itu menguasai kompetisi domestik.

Meski begitu, pada musim panas 2022, Matthijs de Ligt setuju untuk bergabung dengan Bayern Munich. Ia meneken kontrak berdurasi hingga 2027. Dirinya kini menjadi pilihan utama Julian Nagelsmann untuk mengawal lini belakang tim asal Jerman tersebut.

7. Donyell Malen (Borussia Dortmund)

https://www.youtube.com/embed/f51EIS_yXlA

Donyell Malen merupakan penyerang yang pernah mengenyam pendidikan di akademi Ajax. Pemain asal Belanda ini bergabung sejak masih belia.

Pemain kelahiran Wieringen ini sendiri tidak sempat bermain di skuad utama Ajax karena pindah ke akademi lain. Malen mulai menjadi buah bibir ketika memutuskan untuk bermain di PSV Eindhoven. Ia berhasil menembus skuad utama tim yang berasal dari Eindhoven tersebut.

Donyell Malen mencetak 55 gol dan 24 assist dalam 116 pertandingan selama bermain untuk skuad utama PSV Eindhoven. Dirinya menjelma jadi wonderkid yang diperbincangkan banyak klub Eropa. 

Pad bursa transfer musim panas 2021, Malen merapat ke Borussia Dortmund. Dirinya dikontrak hingga 2026.

8. Noussair Mazraoui (Bayern Munich)

https://www.youtube.com/embed/31vHemnyW50

Noussair Mazraoui merupakan pemain bertahan yang berasal dari akademi Ajax. Ia bermain di berbagai jenjang usia untuk tim asal Belanda tersebut.

Bek yang mempunyai keturunan Maroko ini lalu sukses menembus skuad utama Ajax. Ia sering menjadi pilihan pelatih untuk bermain di posisi bek kanan.

Meskipun berperan sebagai pemain bertahan, dirinya termasuk produktif karena mampu mencetak 10 gol dan 9 assist dalam 137 pertandingan bersama tim berjuluk De Godenzonen ini. Penampilan Noussair Mazraoui pun menarik minat raksasa Bundesliga.

Pada bursa transfer musim panas 2022, Bayern Munich mengamankan tanda tangan pemain muda potensial ini. Ia akan berseragam klub berjuluk The Bavarians hingga 2026.

9. Sven Botman (Newcastle United)

9 Alumnus Ajax yang Merumput di Luar Eredivisie pada 2022/2023Sven Botman (nufc.co.uk)

Sven Botman adalah bek muda berbakat yang pernah merasakan pendidikan di akademi Ajax. Ia berseragam klub asal Amsterdam tersebut sejak usia dini. Dirinya sampai ikut bertanding di berbagai jenjang usia, tetapi malah tidak sampai ke tim utama.

Pemain asal Belanda tersebut dipinjamkan ke SC Heerenveen selama semusim. Pada tahun berikutnya, setelah pulang dari masa peminjaman, Sven Botman dijual ke LOSC Lille. Permainannya mulai menanjak ketika tampil di Ligue 1 Prancis.

Pada 2022, Sven Botman bergabung dengan Newcastle United. Ia dikontrak hingga 2027. Botman sendiri sering menjadi pilihan Eddie Howe untuk menjaga lini belakang Newcastle.

Kesembilan pemain dalam daftar di atas merupakan jebolan Ajax. Pada 2022/2023, mereka memilih untuk berkarier di luar Eredivisie. Beberapa dari pemain tersebut ada yang sudah menjadi bagian inti di klubnya masing-masing saat ini.

Baca Juga: 10 Fakta Sven Botman, Bek Baru Newcastle United

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya