7 Bintang Aktif yang Pernah Memperkuat AS Monaco, Ada Mbappe!

Dipenuhi pemain dengan bakat luar biasa

Monako adalah negara kecil yang tidak memiliki kompetisi sepak bola lokal, tetapi mempunyai klub terkenal, AS Monaco. Tim berjuluk Les Rouge et Blanc ini bergabung dengan Ligue 1 Prancis sebagai salah satu peserta.

AS Monaco menjadi salah satu tim sukses di Ligue 1. Les Rouge et Blanc juga sering mengorbitkan pemain dari akademi dan merekrut bintang berbakat.

Saat ini, ada sejumlah bintang aktif yang pernah memperkuat AS Monaco. Itu termasuk Kylian Mbappe yang namanya melejit bersama Paris Saint-Germain.

1. Fabinho

7 Bintang Aktif yang Pernah Memperkuat AS Monaco, Ada Mbappe!Fabinho (twitter.com/AS_Monaco)

Fabinho merupakan gelandang bertahan asal Brasil yang pernah memperkuat AS Monaco. Dirinya dipermanenkan dari Rio Ave FC pada transfer musim panas 2015.

Gelandang kelahiran Campinas ini langsung menjadi starter di AS Monaco. Fabinho mampu mengemban peran penting di lini tengah tim. Ia juga sudah mempersembahkan gelar juara Ligue 1 pada 2017.

Fabinho sudah tampil dalam 233 pertandingan dengan membuat 31 gol dan 21 assist untuk AS Monaco. Namun, ia hanya bertahan beberapa musim karena memilih merapat ke Liverpool pada transfer musim panas 2018.

2. Bernardo Silva

7 Bintang Aktif yang Pernah Memperkuat AS Monaco, Ada Mbappe!Bernardo Silva (twitter.com/AS_Monaco)

Bernardo Silva merupakan gelandang serang yang dipermanenkan AS Monaco dari SL Benfica pada transfer musim dingin 2015. Tak butuh adaptasi lama, pemain asal Portugal ini mampu menjadi faktor penting serangan tim.

Gelandang kelahiran Lisboa ini mampu berkontribusi dalam permainan tim dan mempersembahkan gelar juara Ligue 1. Silva sudah tampil dalam 147 pertandingan dengan membuat 28 gol dan 19 assist.

Ternyata, bakatnya mendapat pantauan dari beberapa tim besar Eropa. Bernardo Silva kemudian memilih hengkang dari AS Monaco dan bergabung dengan Manchester City pada 2017.

3. Kylian Mbappe

7 Bintang Aktif yang Pernah Memperkuat AS Monaco, Ada Mbappe!Kylian Mbappe (twitter.com/AS_Monaco)

Kylian Mbappe adalah penyerang yang menimba ilmu di akademi sepak bola AS Monaco. Dirinya mampu tampil impresif bersama Les Rouge et Blanc sehingga dipromosikan ke skuad utama pada 2015.

Penyerang muda ini bertansformasi menjadi salah satu bakat yang diperhitungkan di liga. Mbappe juga ikut mengantar AS Monaco meraih gelar juara Ligue 1 pada 2017. 

Mbappe berhasil tampil dalam 60 pertandingan dengan menyumbang 27 gol dan 16 assist di berbagai ajang bersama AS Monaco. Ini membuat Paris Saint-Germain meminjam penyerang muda tersebut pada 2017 dengan opsi permanen. Mbappe kini menjadi bintang besar dunia.

Baca Juga: 10 Fakta Ethan Mbappe, Adik Sekaligus Penerus Kylian Mbappe

4. Joao Moutinho

7 Bintang Aktif yang Pernah Memperkuat AS Monaco, Ada Mbappe!Joao Moutinho (twitter.com/AS_Monaco)

Joao Moutinho adalah gelandang tengah yang mampu tampil cemerlang bersama FC Porto. Ini membuat AS Monaco mendatangkannya pada transfer musim panas 2013.

Pemain asal Portugal ini sukses menjadi jenderal lini tengah AS Monaco dalam beberapa musim. Moutinho juga ikut mengantar Les Rouge et Blanc meraih gelar juara Ligue 1 2017. Dirinya tampil dalam 219 pertandingan dengan membuat 11 gol dan 39 assist.

Pada 2018, Joao Moutinho memutuskan untuk berkarier di Inggris dengan membela Wolverhampton Wanderers. Ia saat itu memperkuat Wolves yang baru promosi di English Premier League.

5. Radamel Falcao

7 Bintang Aktif yang Pernah Memperkuat AS Monaco, Ada Mbappe!Radamel Falcao (twitter.com/AS_Monaco)

Radamel Falcao adalah penyerang yang bergabung dengan AS Monaco setelah didatangkan dari Atletico Madrid pada 2013. Karier pemain asal Kolombia ini tidak langsung mulus. Ia sempat dipinjamkan ke Manchester United dan Chelsea.

Meski kariernya pasang surut, Falcao ikut menghadirkan gelar juara Ligue 1 bagi AS Monaco pada 2017. Penyerang berjuluk El Tigre ini sudah tampil dalam 140 pertandingan dengan membuat 83 gol dan 14 assist untuk Les Rouge et Blanc.

Pada 2019, Falcao memilih hengkang dari AS Monaco untuk bergabung dengan Galatasaray SK. Ia pindah ke tim asal Turki tersebut secara gratis.

6. Thomas Lemar

7 Bintang Aktif yang Pernah Memperkuat AS Monaco, Ada Mbappe!Thomas Lemar (twitter.com/AS_Monaco)

Thomas Lemar merupakan gelandang serang yang didatangkan AS Monaco dari Stade Malherbe Caen pada 2015. Tak butuh waktu lama, pemain asal Prancis ini mampu menjadi starter bersama Les Rouge et Blanc.

Pemain kelahiran Baie-Mahault ini mampu memberikan kontribusi luar biasa terhadap permainan tim. Lemar juga turut mempersembahkan gelar juara Ligue 1 untuk AS Monaco. Dirinya sudah tampil dalam 127 pertandingan dengan menyumbang 22 gol dan 33 assist.

Performa Thomas Lemar banyak menarik tim besar Eropa. Ia lantas bergabung dengan Atletico Madrid pada transfer musim panas 2018.

7. Cesc Fabregas

7 Bintang Aktif yang Pernah Memperkuat AS Monaco, Ada Mbappe!Cesc Fabregas (twitter.com/AS_Monaco)

Cesc Fabregas adalah gelandang tengah yang sempat bergabung dengan AS Monaco setelah kontraknya tidak diperpanjang Chelsea pada 2019. Pemain veteran ini dihadirkan untuk mengisi kekuatan di lini tengah.

Fabregas mampu memberikan kontribusi pada musim pertama. Namun, saat musim kedua, ia sering absen karena cedera. Gelandang asal Spanyol ini hanya tampil dalam 68 pertandingan dengan membuat 4 gol dan 9 assist.

Pada 2022, Cesc Fabregas meninggalkan AS Monaco untuk bergabung secara gratis dengan Como 1907. Dirinya membela tim yang bermain di Serie B Italia.

Ketujuh bintang di atas pernah menjadi bagian dari AS Monaco. Sebagian dari mereka sukses mempersembahkan gelar untuk Les Rouge et Blanc.

Baca Juga: 5 Prestasi Kylian Mbappe Sepanjang Tahun 2022, Produktif Cetak Gol!

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya