7 Gelandang EPL yang Kontraknya Habis pada 2022/2023

Ada yang masih menjadi pemain kunci

Ada sejumlah pemain top yang kontraknya segera habis pada akhir 2022/2023. Para pemain itu belum sepakat untuk menambah masa bakti. Mereka pun masuk radar perburuan tim-tim besar Eropa yang ingin mendapatkan amunisi secara gratis. 

Sejumlah pemain yang berpotensi hengkang itu mempunyai posisi sebagai gelandang dan bermain di English Premier League (EPL). Siapa sajakah gelandang EPL yang kontraknya habis pada 2022/2023?

1. Ilkay Guendogan

7 Gelandang EPL yang Kontraknya Habis pada 2022/2023Ilkay Guendogan (twitter.com/IlkayGuendogan)

Ilkay Guendogan bagian penting di lini tengah Manchester City. Pemain asal Jerman itu merupakan pemain kepercayaan Pep Guardiola. Ia bahkan diplot sebagai kapten The Citizens mulai pada 2022/2023 ini.

Guendogan cukup sulit tergantikan. Pesepak bola kelahiran Gelsenkirchen itu sudah tampil dalam 35 pertandingan dengan membuat 3 gol dan 3 assist musim ini.

Meski menjadi pemain penting, Ilkay Guendogan belum sepakat terkait kontrak baru dengan Manchester City. Padahal masa baktinya akan berakhir pada Juni 2023. Dirinya terus dikaitkan dengan beberapa tim besar Eropa. Salah satunya Barcelona.

2. N'Golo Kante

7 Gelandang EPL yang Kontraknya Habis pada 2022/2023N'Golo Kante (twitter.com/ChelseaFC)

N'Golo Kante adalah gelandang andalan Chelsea. Pemain asal Prancis itu mampu menjadi penyeimbang lini tengah The Blues dalam beberapa musim terakhir.

Meski begitu, kontrak Kante segera habis pada akhir 2022/2023. Ia sendiri masih bernegosiasi dengan tim untuk memastikan masa depannya di Stamford Bridge.

Situasi rumit ini bisa dimanfaatkan rival Chelsea yang ingin merekrut pemain kelahiran Paris itu. Jika ia pindah, maka The Blues akan kehilangan sosok penting di lini tengah.

3. Manuel Lanzini

7 Gelandang EPL yang Kontraknya Habis pada 2022/2023Manuel Lanzini (premierleague.com)

Manuel Lanzini merupakan gelandang serang yang dipermanenkan West Ham United dari Al Jazira Club pada 2016. Saat itu, ia dihadirkan untuk menambah daya gempur lini depan The Hammers.

Pada 2022/2023, Lanzini mulai jarang mendapat kesempatan dari David Moyes. Ia pun tidak bisa berkontribusi optimal.

Pemain asal Argentina itu baru tampil dalam 17 pertandingan dengan membuat 2 gol di berbagai kompetisi. West Ham tampaknya tidak akan memperpanjang kontrak Lanzini. Ia bisa pergi tanpa biaya.

Baca Juga: Jalan Berliku Kehidupan N'Golo Kante hingga Dikenal Dunia

4. Youri Tielemans

7 Gelandang EPL yang Kontraknya Habis pada 2022/2023Youri Tielemans (twitter.com/LCFC)

Youri Tielemans bermain untuk Leicester City. Pemain kelahiran Sint-Pieters-Leeuw itu mampu mempersembahkan beberapa gelar domestik untuk The Foxes. Namun, kontraknya segera berakhir pada Juni 2023.

Leicester City belum menemukan kata sepakat dengan Tielemans dalam negosiasi kontrak baru. Langkah mereka makin sulit karena tim top Eropa lain juga berusaha mendapatkan gelandang asal Belgia itu.

Tielemans berpeluang hengkang secara gratis pada transfer musim panas 2023. Pesepak bola 25 tahun itu tidak sepi peminat.

5. Joao Moutinho

7 Gelandang EPL yang Kontraknya Habis pada 2022/2023Joao Moutinho (twitter.com/JoaoMoutinho)

Joao Moutinho merupakan gelandang tengah veteran yang kini membela Wolverhampton Wanderers. Dirinya didatangkan dari AS Monaco pada 2018. Kehadirannya diproyeksikan untuk memperkuat lini tengah Wolves.

Joao Moutinho menjawabnya dengan mampu menjadi sosok kunci di lini tengah. Ia juga sering dipasang sebagai starter.

Meski menjadi pilar penting, pemain asal Portugal itu ternyata belum mendapat perpanjangan kontrak. Ia berpotensi hengkang secara gratis pada akhir 2022/2023.

6. Naby Keita

7 Gelandang EPL yang Kontraknya Habis pada 2022/2023Naby Keita (twitter.com/LFC)

Naby Keita didatangkan Liverpool dari RB Leipzig pada 2018. Pesepak bola kelahiran Conakry itu ditebus demi memperkuat lini tengah The Reds.

Alih-alih tampil cemerlang, Naby Keita justru lebih sering absen karena cedera, sehingga tidak berkontribusi secara maksimal terhadap permainan Liverpool. Pada 2022/2023, dirinya baru bermain dalam 13 laga di berbagai ajang.

Liverpool sepertinya tidak memperpanjang kontrak Naby Keita. Mereka akan melepaskannya secara gratis pada transfer musim panas 2023.

7. James Milner

7 Gelandang EPL yang Kontraknya Habis pada 2022/2023James Milner (twitter.com/LFC)

James Milner adalah gelandang tengah veteran Liverpool. Pemain yang kini berusia 37 tahun itu didatangkan dari Manchester City pada 2015.

Dirinya mempunyai karier yang luar biasa bersama The Reds. Namun, kontrak gelandang serbabisa itu akan berakhir pada Juni 2023. James Milner belum mendapatkan penawaran kontrak baru. Ia kemungkinan hengkang pada musim panas.

Kontrak ketujuh gelandang tim English Premier League di atas segera habis pada akhir 2022/2023. Beberapa dari mereka masih melakukan negosiasi untuk menentukan masa depan. Mungkinkah mereka bertahan?

Baca Juga: 10 Fakta James Milner, Pemain Veteran Liverpool yang Serba Bisa

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya