7 Jebolan Manchester City yang Membela Klub Lain di EPL 2022/2023

Ada beberapa pemain muda potensial

Manchester City menjelma menjadi salah satu tim terbaik di Inggris setelah datangnya pemilik baru pada 2008. The Citizens langsung membenahi berbagai sektor dan salah satunya adalah akademi sepak bola.

Akademi Manchester City sering mengorbitkan nama-nama luar biasa. Beberapa pemain berhasil mendapat promosi ke tim utama dan menjadi andalan The Citizens. Namun, banyak mantan penggawa yang malah berkarier dengan tim lain.

Pada musim 2022/2023, ada beberapa jebolan Manchester City yang membela tim lain di English Premier League (EPL). Siapa saja mantan The Citizens yang dimaksud? Berikut ini ulasannya!

1. Jadon Sancho (Manchester United)

7 Jebolan Manchester City yang Membela Klub Lain di EPL 2022/2023Jadon Sancho (twitter.com/Sanchooo10)

Jadon Sancho adalah penyerang sayap yang pernah menimba ilmu di akademi Manchester City. Saat itu dia didatangkan dari akademi Watford pada 2015. Sancho bermain dengan skuad U-18 The Citizens.

Belum sampai tim utama, Jadon Sancho memilih hengkang setelah mendapat tawaran dari Borussia Dortmund pada 2017. Dia mampu tampil mencuri perhatian dan menjadi salah satu penggawa penting Die Borussen.

Performa menawan Sancho membuat Manchester United merekrutnya pada musim panas 2021. Namun, dia sering menunjukkan performa angin-anginan sehingga sulit berkontribusi terhadap permainan tim. Pada 2022/2023, pemain 23 tahun tersebut sudah tampil dalam 36 laga dengan membuat 6 gol dan 2 assist di berbagai ajang.

2. Loris Karius (Newcastle United)

7 Jebolan Manchester City yang Membela Klub Lain di EPL 2022/2023Loris Karius (twitter.com/NUFC)

Loris Karius merupakan kiper yang pernah merasakan bermain dengan akademi Manchester City. Dia didatangkan The Citizen dari akademi Stuttgart pada musim panas 2009. Pemain 29 tahun ini tampil di berbagai jenjang umur, namun tidak sampai tim utama.

Setelah hengkang dari Manchester City pada 2012, Karius banyak memperkuat tim di berbagai liga Eropa. Pada 2022/2023, dia menerima tawaran dari Newcastle United setelah berstatus tanpa tim. Kiper asal Jerman tersebut diproyeksikan sebagai pelapis dan sejauh ini baru tampil dalam satu pertandingan bersama The Magpies.

3. Kieran Trippier (Newcastle United)

7 Jebolan Manchester City yang Membela Klub Lain di EPL 2022/2023Kieran Trippier (twitter.com/NUFC)

Kieran Trippier merupakan bek kanan pernah bermain untuk akademi Manchester City. Pemain 32 tahun ini sudah tampil di berbagai kelompok umur bersama The Citizens. Kariernya tidak langsung mulus, dia sempat dipinjamkan ke tim lain untuk menambah menit bermain.

Pemain kelahiran Bury ini lantas hengkang dari Manchester City pada musim dingin 2012. Trippier kemudian bertualang ke beberapa tim besar Eropa seperti Tottenham Hotspur dan Atletico Madrid.

Pada 2022/2023, Trippier bermain untuk Newcastle United. Dia menjelma bagian penting di lini belakang dan berpeluang membawa The Magpies tampil di kompetisi Eropa musim depan. Sejauh ini, dirinya tampil dalam 42 laga dengan membuat 1 gol dan 9 assist di berbagai ajang.

Baca Juga: 5 Jebolan Akademi River Plate Terbaik yang Pernah Bermain di Serie A

4. Tosin Adarabioyo (Fulham)

7 Jebolan Manchester City yang Membela Klub Lain di EPL 2022/2023Tosin Adarabioyo (twitter.com/FulhamFC)

Tosin Adarabioyo adalah bek tengah jebolan akademi Manchester City. Dia sudah bermain untuk berbagai kategori umur dan sempat dipinjamkan ke tim lain demi membuat permainannya makin matang. Meski mempunyai potensi, Adarabioyo dilepas ke Fulham pada musim panas 2020. 

Bek 25 tahun ini berhasil mendapat kepercayaan dari Marco Silva sehingga mendapat kesempatan tampil sebagai starter. Adarabioyo juga ikut mengantarkan Fulham promosi ke English Premier League (EPL).

Pada 2022/2023, Tosin Adarabioyo makin menunjukkan peran pentingnya di sektor pertahanan Fulham. Dia juga masih berpeluang membawa The Cottagers tampil di Eropa musim depan. Sejauh ini, bek kelahiran Manchester sudah tampil dalam 25 laga dengan membuat 1 gol di berbagai ajang.

5. Gavin Bazunu (Southampton)

https://www.youtube.com/embed/JT6i7isiuks

Gavin Bazunu adalah kiper yang menimba ilmu di akademi sepak bola Manchester City. Dia sudah pernah bermain di berbagai kelompok usia untuk The Citizens. Namun, pemain 21 tahun ini belum sempat merasakan merumput dengan tim senior.

Kiper kelahiran Dublin ini memilih hengkang ke Southampton pada musim panas 2022. Ini membuatnya mendapat menit bermain yang lebih banyak dan berpeluang besar menjadi starter.

Benar saja, Gavin Bazunu sukses diplot jadi kiper utama Southampton pada 2022/2023. Namun, dia harus berjuang lebih keras untuk mengangkat performa The Saints yang sekarang berada di dasar klasemen English Premier League. Sementara ini dirinya sudah tampil dalam 37 pertandingan di berbagai kompetisi.

6. Kelechi Iheanacho (Leicester City)

7 Jebolan Manchester City yang Membela Klub Lain di EPL 2022/2023Kelechi Iheanacho (twitter.com/LCFC)

Kelechi Iheanacho adalah penyerang yang pernah merasakan pendidikan di akademi Manchester City. Dia bisa tampil impresif bersama skuad u18 sehingga mendapat promosi ke skuad utama The Citizens pada 2015.

Meski sudah bersama skuad senior Manchester City, Iheanacho kesulitan untuk mendapatkan tempat utama dan lebih sering hadir sebagai pemain pengganti. Situasi tersebut dimanfaatkan oleh Leicester City dengan mendatangkanya pada musim panas 2017.

Pada 2022/2023, Iheanacho beberapa kali mendapat kesempatan sebagai ujung tombak Leicester City. Sejauh ini, dia sudah tampil dalam 33 laga dengan membuat 8 gol dan 4 assist di berbagai ajang. Namun, pemain asal Nigeria tersebut harus berjuang lebih keras lagi untuk membawa The Foxes menghindari pusaran zona degradasi EPL.

7. Romeo Lavia (Southampton)

https://www.youtube.com/embed/oMMjNzvCbMQ

Romeo Lavia merupakan gelandang bertahan yang didatangkan Manchester City dari Anderlecht pada musim panas 2020. Tak langsung bergabung dengan skuad utama, dia harus tampil bersama tim junior The Citizens terlebih dahulu.

Meski berstatus sebagai pemain potensial, Romeo Lavia dilepas oleh Manchester City ke Southampton pada musim panas 2022. Pemain 19 tahun ini langsung diikat kontrak jangka panjang sampai 2027. 

Tak butuh waktu lama, Romeo Lavia mampu bermain secara reguler bersama Southampton. Dia berperan penting di lini tengah The Saints. Sejauh ini, Lavia sudah tampil dalam 31 laga dengan membuat 1 gol dan 1 assist di berbagai kompetisi.

 

Ketujuh pemain di atas adalah jebolan akademi Manchester City yang sekarang berkarier dengan tim English Premier League (EPL) lain pada 2022/2023. Sebagian dari mereka juga sukses menjadi penggawa penting untuk timnya masing-masing.

Baca Juga: Real Madrid Punya Modal Berharga Buat Tekuk Manchester City

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya