5 Mantan Pemain Top Eropa yang Jadi Pelatih di Championship 2022/2023

Semua pernah berkarier di Inggris 

Championship adalah kompetisi kasta kedua Inggris. Meski bukan kompetisi utama, kompetisi ini tidak kalah ketat karena semua klub bersaing memperebutkan tiket promosi ke English Premier League (EPL).

Tak jarang, klub-klub tersebut akan mendatangkan juru taktik yang dirasa mampu bersaing di Championship atau bahkan promosi ke EPL. Ternyata ada beberapa mantan pemain top yang sekarang menjadi pelatih di klub kasta kedua Inggris pada 2022/2023.

Penasaran siapa saja mantan pemain top Eropa yang jadi pelatih di Championship 2022/2023?

1. Michael Carrick (Middlesbrough)

https://www.youtube.com/embed/YrIQDxxfh3g

Michael Carrick merupakan mantan gelandang bertahan yang namanya melambung ketika berseragam Manchester United. Dirinya saat itu mampu membawa The Red Devils menjadi juara di kompetisi domestik dan Eropa. Pemain kelahiran Wallsend ini akhirnya memutuskan pensiun di klub asal kota pelabuhan tersebut pada 2018.

Carrick melanjutkan kariernya menjadi asisten pelatih Manchester United pada 2018. Bahkan, ia pernah diangkat sebagai pelatih sementara meski hanya dalam tiga pertandingan.

Pada 2022/2023, Michael Carrick setuju menangani Middlesbrough yang bermain di Championship dan mendapat kontrak hingga 2025 mendatang. Ia didatangkan untuk menggantikan posisi Chris Wilder yang dinilai tidak bisa mengangkat performa klub. Sementara ini, Carrick membawa The Boro berada di peringkat ke-6 dan masih berpotensi untuk promosi ke EPL musim depan.

2. Vincent Kompany (Burnley)

https://www.youtube.com/embed/Nd7G5ymDlEM

Vincent Kompany adalah legenda Manchester City yang berposisi sebagai bek ketika masih aktif bermain. Tak hanya itu, ia mempunyai jiwa kepemimpinan sehingga diplot sebagai kapten klub.

Pemain kelahiran Uccle ini sangat disiplin menjaga pertahanan dan tidak ragu berduel dengan penyerang lawan. Pada 2020, dirinya memutuskan pensiun di klub masa kecilnya, RSC Anderlecht.

Ketika bermain untuk RSC Anderlecht, dirinya berposisi sebagai pemain yang merangkap sebagai pelatih. Bahkan, ketika sudah pensiun, ia masih menangani klub asal Belgia tersebut.

Pada 2022/2023, Vincent Kompany setuju untuk pindah ke Inggris dengan menjadi juru racik klub di Championship, Burnley. Pelatih asal Belgia ini rencananya akan menangani Burnley hingga 2025 mendatang.

Sejauh ini, Vincent Kompany bisa menjawab ekspektasi para penggemar dengan membawa klub berjuluk The Clarets berada di pucuk klasemen. Kesempatan mereka terbuka lebar untuk promosi ke EPL pada musim mendatang.

Baca Juga: 5 Pesepak Bola Termahal di Kompetisi Championship 2022/2023

3. Jon Dahl Tomasson (Blackburn Rovers)

5 Mantan Pemain Top Eropa yang Jadi Pelatih di Championship 2022/2023Jon Dahl Tomasson (instagram.com/officialjondahltomasson)

Jon Dahl Tomasson adalah penyerang yang pernah memperkuat berbagai klub top Eropa. Dirinya sudah memenangi berbagai gelar domestik dan Liga Champions Eropa. Namanya makin melambung ketika membela AC Milan.

Pada 2011, pemain asal Denmark ini memutuskan untuk pensiun dari dunia sepak bola di klub asal Belanda, Feyenoord Rotterdam. Setelah pensiun, Tomasson melanjutkan karier di dunia kepelatihan dengan menjadi asisten pelatih Excelsior Rotterdam pada 2011.

Ia banyak menangani klub di Eropa. Pada 2022/2023, dirinya berlabuh ke Inggris untuk bergabung dengan Blackburn Rovers.

Jon Dahl Tomasson mendapatkan kontrak hingga 2025 untuk melatih klub berjuluk The Riversiders tersebut. Tak mengecewakan, sejauh ini dirinya mampu mendongkrak permainan klub sehingga berada di papan atas Championship. Mereka berpeluang tampil lagi di EPL setelah terakhir kali pada 2011/2012.

4. Kolo Toure (Wigan Athletic)

https://www.youtube.com/embed/gpEdY2bomko

Kolo Toure adalah mantan pemain yang berposisi sebagai seorang bek. Dirinya banyak membela klub yang berkompetisi di English Premier League. Berbagai gelar domestik sudah diraih pemain asal Pantai Gading ini.

Pesepak bola kelahiran Bouake tersebut akhirnya pensiun dari dunia yang membesarkan namanya pada 2017 di Celtic. Toure kemudian memulai karier kepelatihannya sebagai asisten di klub asal Skotlandia itu pada tahun yang sama ketika pensiun.

Toure sempat menjadi asisten pelatih Brendan Rodgers di Leicester City di EPL pada 2019. Namun, pada november 2022, Kolo Toure setuju untuk menjadi pelatih Wigan Athletic yang bermain di Championship.

Dirinya menggantikan posisi Leam Richardson yang dianggap gagal memenuhi ekspektasi klub berjuluk The Latics ini. Toure mempunyai tugas berat karena harus menyelamatkan klubnya dari pusaran degradasi musim ini.

5. Paul Ince (Reading)

https://www.youtube.com/embed/ojhpIgnym0c

Paul Ince merupakan gelandang bertahan legendaris yang pernah bermain untuk berbagai klub besar di Eropa. Pemain kelahiran London ini makin dikenal saat berseragam Manchester United. Dirinya kemudian memutuskan pensiun dari dunia sepak bola profesional pada 2007 di Macclesfield Town.

Mantan gelandang ini sudah menjadi pemain sekaligus pelatih ketika membela Macclesfield Town. Hal tersebut menjadi awal mula kiprahnya di dunia kepelatihan. Setelah itu, Ince menangani beberapa klub asal Inggris.

Pada 2022, Paul Ince kembali menangani klub setelah terakhir kali pada 2013. Dirinya dipercaya Reading untuk mengarungi Championship. Pada 2022/2023, ia membawa klub berjuluk The Royals tersebut berada di papan tengah klasemen.

Kelima mantan pemain di atas sekarang berkarier sebagai pelatih untuk klub yang berkompetisi di Championship 2022/2023. Mereka akan memberikan semua pengalamannya saat masih aktif bermain demi membawa klubnya meraih prestasi.

Baca Juga: 7 Pembelian Termahal Klub EFL Championship pada Musim Panas 2022

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya