5 Mantan Pemain yang Dipercaya Melatih Tim Lamanya, Ada Lampard!

Ada yang sudah menghasilkan gelar

Chelsea mulai berbenah setelah mendepak Graham Potter dari kursi kepelatihan. Tim asal London Barat ini bergerak cepat mendatangkan pelatih sementara dengan menunjuk Frank Lampard pada Kamis (6/4/2023).

Kehadiran Lampard sebagai juru taktik ternyata menambah daftar mantan pemain yang dipercaya untuk melatih tim lamanya. Siapa para pelatih yang dimaksud? Berikut ini ulasannya!

1. Mikel Arteta (Arsenal)

5 Mantan Pemain yang Dipercaya Melatih Tim Lamanya, Ada Lampard!potret Mikel Arteta (premierleague.com)

Mikel Arteta merupakan mantan gelandang tengah yang bermain untuk Arsenal. Dirinya membela tim London Utara ini pada 2011—2016. Pemain asal Spanyol ini juga berjasa mengantar klubnya tersebut meraih beberapa trofi domestik.

Selepas pensiun, Mikel Arteta berkarier sebagai pelatih. Dirinya mendapat kesempatan untuk menjadi juru taktik Arsenal pada 2019. The Gunners sangat percaya kepadanya sehingga mendapat kontrak jangka panjang hingga 2025.

Arteta dianggap sebagai figur yang cocok untuk membawa Arsenal menuju masa kejayaan. Pada 2022/2023, dirinya berpeluang besar mempersembahkan trofi English Premier League (EPL) untuk The Gunners.

2. Xavi Hernandez (Barcelona)

5 Mantan Pemain yang Dipercaya Melatih Tim Lamanya, Ada Lampard!Xavi Hernandez (instagram.com/fcbarcelona)

Xavi Hernandez adalah mantan gelandang tengah jebolan akademi La Masia. Dirinya tampil dengan skuad utama Barcelona pada 1998—2015. Pesepak bola asal Spanyol ini juga telah mempersembahkan berbagai gelar domestik dan Eropa untuk Blaugrana.

Xavi melanjutkan karier sebagai pelatih selepas pensiun. Dirinya mendapat tawaran dan setuju untuk menangani Blaugrana pada 2021. Ia langsung mendapat kontrak jangka panjang hingga 2024.

Pelatih kelahiran Terrassa ini dipercaya sebagai figur yang mampu mengembalikan performa Barcelona. Sejauh ini, ia sudah menghadirkan Piala Spanyol 2023 dan berpeluang besar mempersembahkan gelar LaLiga Spanyol 2022/2023.

Baca Juga: 5 Pembelian Termahal Arsenal selama Ditangani Mikel Arteta

3. Frank Lampard (Chelsea)

5 Mantan Pemain yang Dipercaya Melatih Tim Lamanya, Ada Lampard!Frank Lampard (twitter.com/ChelseaFC)

Frank Lampard merupakan gelandang tengah legendaris Chelsea pada 2001—2014. Pesepak bola kelahiran London ini berjasa menghadirkan berbagai gelar domestik dan Eropa untuk The Blues.

Lampard memilih menjalani karier sebagai pelatih selepas gantung sepatu. Juru taktik berjuluk Super Frank ini mendapat tawaran menjadi pelatih Chelsea lagi. Ia tentu tidak asing karena pernah melatih The Blues pada 2019.

Frank Lampard mendapat kontrak dari Chelsea hingga akhir musim 2022/2023. Dirinya direkrut untuk mengembalikan rasa percaya diri para penggawa The Blues yang tengah terpuruk di EPL.

4. Diego Simeone (Atletico Madrid)

5 Mantan Pemain yang Dipercaya Melatih Tim Lamanya, Ada Lampard!Diego Simeone (twitter.com/Atleti)

Diego Simeone adalah gelandang yang pernah bermain untuk Atletico Madrid. Ia tampil pertama kali bersama tim ibu kota Spanyol tersebut pada 1994—1996. Pemain asal Argentina ini lantas bertualang ke beberapa tim dan baru kembali membela Los Colchoneros pada 2003—2005.

Simeone melanjutkan karier sebagai pelatih dan sempat menangani berbagai tim di Liga Argentina dan Liga Italia. Dirinya baru mendapat kesempatan untuk menjadi juru taktik Atletico Madrid pada 2011. Saat ini, ia masih terikat kontrak hingga 2024.

Pelatih kelahiran San Nicolas ini mampu merebut hati para penggemar Atletico Madrid dengan menghadirkan gelar domestik dan Eropa. Sejauh ini, Simeone sudah mendampingi Los Colchoneros dalam 617 pertandingan di berbagai ajang.

5. Ruud van Nistelrooy (PSV Eindhoven)

5 Mantan Pemain yang Dipercaya Melatih Tim Lamanya, Ada Lampard!Ruud van Nistelrooy (twitter.com/RvN1776)

Ruud van Nistelrooy merupakan penyerang legendaris asal Belanda. Pemain kelahiran Oss ini pernah menjadi bintang PSV Eindhoven pada 1998—2001. Dirinya juga sudah menghadirkan beberapa gelar untuk Rood-witten.

Nistelrooy kemudian memilih menekuni dunia kepelatihan dengan menjadi asisten di Timnas Belanda. Bertahan singkat, dirinya mulai membesut skuad junior PSV Eindhoven pada 2016.

Van Nistelrooy kemudian diangkat menjadi pelatih utama PSV Eindhoven pada 2022 dan mendapat kontrak hingga 2025. Sejauh ini, ia membawa tim asuhannya bercokol diperingkat ketiga Eredivisie Belanda dan masuk ke babak perempat final UEFA Europa League 2022/2023.

Kelima mantan pemain di atas berkarier menjadi pelatih dan berkesempatan untuk menangani tim yang pernah dibelanya. Frank Lampard menjadi yang terbaru. Ia mendapat kesempatan kedua bersama Chelsea. Ini tentu menjadi musim pembuktian bagi pelatih asal Inggris tersebut.

Baca Juga: Gabung Chelsea Lagi, Lampard: Keputusan yang Mudah

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya