6 Pemain Akademi Arsenal yang Membela Tim EPL Lain pada 2022/2023

Ada yang sudah menjadi bagian penting di tim baru

Arsenal merupakan salah satu tim raksasa yang bermain di English Premier League (EPL). Klub asal London Utara ini sudah sering memenangi berbagai gelar. Hal tersebut bisa terjadi karena ada andil yang luar biasa dari akademi sepak bola The Gunners.

Akademi Arsenal sering mengorbitkan pemain ke skuad utama. Namun, tidak semua penggawa The Gunners tersebut bertahan pada 2022/2023. Ada beberapa pemain yang memilih berkarier di klub EPL lain. Siapa saja yang dimaksud? Mari baca ulasannya di bawah ini!

1. Alex Iwobi (Everton)

6 Pemain Akademi Arsenal yang Membela Tim EPL Lain pada 2022/2023Alex Iwobi (twitter.com/Everton)

Alex Iwobi adalah gelandang serang yang sudah membela Arsenal sejak usia muda. Dia mampu menunjukkan permainan yang impresif sehingga mendapat promosi ke tim utama pada 2015. Pemain Timnas Nigeria ini menjadi sosok menjanjikan untuk The Gunners.

Pemain kelahiran Lagos ini sering dipercaya membela Arsenal di berbagai kompetisi. Iwobi ikut berkontribusi mempersembahkan beberapa gelar domestik untuk tim asal London Utara tersebut. Namun, dia harus dilepas ke Everton pada musim panas 2019.

Pada 2022/2023, Alex Iwobi menjelma menjadi pemain kunci Everton di berbagai ajang. Dia sering berkontribusi untuk lini tengah tim berjuluk The Toffees tersebut. Sejauh ini, dirinya sudah tampil dalam 39 laga dengan membuat 2 gol dan 9 assist.

2. Joe Willock (Newcastle United)

6 Pemain Akademi Arsenal yang Membela Tim EPL Lain pada 2022/2023Joe Willock (twitter.com/NUFC)

Joe Willock merupakan gelandang tengah yang pernah menimba ilmu di akademi Arsenal. Dia sudah tampil untuk berbagai kategori umur dan menunjukkan performa impresif sehingga dipromosikan ke skuad utama pada 2019. Dirinya bahkan mendapat label wonderkid saat berseragam The Gunners.

Pemain 23 tahun ini beberapa kali mendapat kesempatan tampil bersama skuad utama Arsenal. Meski menunjukkan performa yang mencuri perhatian, Willock harus dipinjamkan ke Newcastle United dan dipermanenkan pada 2021. Dia langsung mendapat kontrak hingga 2027.

Pada 2022/2023, Joe Willock menjadi pemain penting untuk lini tengah Newcastle United. Dia ikut berkontribusi membawa The Magpies bercokol di papan atas Premier League. Sejauh ini, dirinya sudah tampil dalam 43 laga dengan membuat 3 gol dan 6 assist.

3. Emiliano Martinez (Aston Villa)

https://www.youtube.com/embed/kE3y3mbiODk

Emiliano Martinez merupakan kiper jebolan akademi Arsenal. Kariernya tak langsung mulus. Dia sering dipinjamkan ke berbagai tim untuk menambah menit bermain dan pengalaman. Pemain asal Argentina ini sendiri pernah mencicipi tampil dengan skuad utama The Gunners.

Bertahan singkat dengan skuad utama Arsenal, Emiliano martinez dilepas secara permanen ke Aston Villa pada musim panas 2020. Tak butuh waktu lama, dia dipercaya menjadi kiper utama The Villans. Pada 2022/2023, dirinya sudah tampil dalam 35 pertandingan dan mengantarkan timnya untuk sementara berada di papan tengah Premier League. 

Baca Juga: Malangnya Nasib Arsenal Musim Ini, Dihukum Inkonsitensi

4. Ainsley Maitland-Niles (Southampton)

https://www.youtube.com/embed/Uo7NiQ1x878

Ainsley Maitland-Niles adalah gelandang yang sudah mengenyam pendidikan di akademi Arsenal. Pemain yang memiliki keturunan Jamaika ini mulai tersisih di tempat utama sehingga sering dipinjamkan ke berbagai tim. Pada 2022/2023, dia membela Southampton dengan status sebagai pinjaman dari The Gunners.

Sejauh ini, Ainsley Maitland-Niles sering mendapat kesempatan menjadi starter untuk Southampton. Namun, dia gagal menyelamatkan tim berjuluk The Saints tersebut sehingga harus degradasi dari Premier League. Pemain 25 tahun ini sudah tampil dalam 27 laga dengan menyumbang 1 assist.

5. Sam Greenwood (Leeds United)

6 Pemain Akademi Arsenal yang Membela Tim EPL Lain pada 2022/2023Sam Greenwood (twitter.com/LUFC)

Sam Greenwood adalah gelandang serang yang pernah memperkuat akademi Arsenal. Dia saat itu bermain untuk The Gunners U-18. Belum sampai menembus tim utama, pemain 21 tahun ini memilih bergabung dengan akademi Leeds United pada musim panas 2020.

Pada 2022/2023, Sam Greenwood tidak bisa berkontribusi maksimal terhadap permainan tim. Dia lebih sering hadir sebagai pemain pengganti sehingga kekurangan menit bermain. Sejauh ini, Greenwood telah tampil dalam 28 pertandingan dengan membuat 2 gol dan 4 assist di berbagai ajang bersama Leeds.

6. Jaidon Anthony (Bournemouth)

https://www.youtube.com/embed/LEjEZRfXYw8

Jaidon Anthony merupakan penyerang sayap yang pernah mencicipi karier di akademi Arsenal. Dia bahkan sempat memperkuat tim The Gunners U-18. Namun, dirinya bertahan singkat karena pindah ke akademi Bournemouth pada 2018.

Anthony sukses menunjukkan performa yang solid sehingga dipromosikan ke skuad utama Bournemouth. Dia menjelma menjadi bagian penting di ini depan sehingga beberapa kali dipercaya sebagai starter The Cherries. Pada 2022/2023, pemain 23 tahun ini sudah tampil dalam 32 laga dengan menyumbang 4 gol dan 1 assist di berbagai ajang.

Keenam pemain di atas pernah menimba ilmu di akademi Arsenal. Pada 2022/2023, mereka memilih berkarier bersama tim English Premier League lain. Bahkan, sebagian dari pemain ini sukses memberikan kontribusi di tim masing-masing.

Baca Juga: Perjalanan Manchester City Salip Arsenal Menuju Gelar Premier League

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya