7 Mantan Pemain Chelsea yang Hanya Bertahan Singkat di Stamford Bridge

Ada yang menjadi presiden federasi sepak bola Kamerun

Chelsea merupakan salah satu klub raksasa yang berkompetisi di English Premier League. Tidak hanya bersaing di kancah domestik, tim asal London Barat ini juga sudah beberapa kali menjadi juara di Eropa.

Klub berjuluk The Blues ini banyak dihuni oleh para bintang berbakat sehingga bisa mendongkrak performa dan prestasi tim di lapangan. Meski bertabur bintang, ternyata tidak semua pemain tersebut bertahan lama di Stamford Bridge. Ada beberapa mantan penggawa yang berkarier singkat saja di London barat.

Penasaran siapa saja mantan pemain Chelsea yang hanya bertahan singkat bermain di Stamford Bridge? Mari kita simak sama-sama ulasan berikut ini ya.

1. Filipe Luis

7 Mantan Pemain Chelsea yang Hanya Bertahan Singkat di Stamford BridgeFilipe Luis (twitter.com/ChelseaFC)

Filipe Luis merupakan bek kiri yang saat ini tengah membela tim di negaranya, yaitu CR Flamengo. Ternyata dirinya pernah berkarier di Liga Inggris dengan membela Chelsea pada 2014 yang lalu. Ia didatangkan dari Atletico Madrid.

Pemain kelahiran Jaragua do Sul ini saat bergabung dengan Chelsea diharapkan bisa memperkuat sektor kiri ketika di lapangan. Namun, Filipe Luis sering duduk di bangku cadangan dan minim kontribusi terhadap permainan klub asal London Barat ini. Dirinya merasa sulit beradaptasi dengan sepak bola Inggris dan puncaknya pada bursa transfer musim panas 2015, ia kembali di jual ke Atletico Madrid.

2. Raul Meireles

Raul Meireles adalah gelandang tengah asal Portugal yang sudah pensiun dari dunia sepak bola profesional pada 2016 yang lalu. Dirinya pernah bermain di English Premier League dengan membela dua tim raksasa. Ia bergabung dengan Chelsea pada bursa transfer musim panas 2011 setelah didatangkan dari Liverpool.

Meski bermain di Stamford Bridge hanya satu musim, Raul Meireles sukses menembus skuad utama dari Chelsea. Dirinya bahkan ikut mengantarkan The Blues mengangkat trofi Liga Champions Eropa pertama dalam sejarah klub. Golnya yang paling ikonik ketika membobol gawang SL Benfica pada leg kedua babak 8 besar di kompetisi Eropa tersebut. Cerita manis ini harus berakhir setelah ia pindah ke Fenerbahce SK tahun 2012.

3. Samuel Eto'o

https://www.youtube.com/embed/ceJPek3Pw8E

Samuel Eto'o adalah mantan pesepak bola yang sekarang sudah pensiun. Dirinya sekarang mempunyai pekerjaan yang masih berhubungan dengan kulit bundar, yaitu sebagai presiden Federasi Sepak Bola Kamerun (FECAFOOT). Ketika masih aktif bermain, ia pernah mencicipi kompetisi English Premier League dengan membela Chelsea.

The Blues merekrut Samuel Eto'o pada bursa transfer musim panas 2013 yang didatangkan dari Anzhi Makhachkala secara gratis. Meski saat itu usianya tidak lagi muda, dirinya masih bisa menceta gol di kompetisi domestik dan juga Eropa. Naluri mencetak golnya ternyata tidak hilang saat di lapangan. Hanya bertahan satu musim, pemain asal Kamerun ini dilepas secara gratis ke Everton pada 2015.

Baca Juga: Kisah Samuel Eto'o, Ditemukan Real Madrid namun Melegenda di Barcelona

4. Juan Cuadrado

7 Mantan Pemain Chelsea yang Hanya Bertahan Singkat di Stamford BridgeJuan Cuadrado (twitter.com/ChelseaFC)

Juan Cuadrado adalah pemain yang bisa berposisi sebagai gelandang kanan dan juga bek kanan. Saat ini ia berkarier di Italia dengan membela Juventus. Pada tahun bursa transfer musim dingin 2015, ia pernah bergabung dengan Chelsea setelah didatangkan dari ACF Fiorentina. Pemain asal Kolombia ini tentu diharapkan bisa memperkuat permainan tim.

Ternyata permainan Juan Cuadrado tidak berjalan sesuai harapan. Dirinya akhirnya sering tampil sebagai pemain pengganti dan sepanjang membela Chelsea hanya membuat 1 assist. Pemain Kolombia ini nampaknya sulit beradaptasi dengan gaya sepak bola Inggris. Tak butuh waktu lama, klub asal London Barat tersebut langsung dipinjamkan ke Juventus pada bursa transfer musim panas 2015. Ia benar-benar dilepas secara resmi pada 2017 yang lalu.

5. Tiago Mendes

Tiago Mendes adalah mantan pesepak bola asal Portugal. Ketika masih aktif bermain, ia sering berposisi sebagai gelandang tengah. Pemain kelahiran Viana de Castelo ini pernah merumput bersama Chelsea pada tahun 2004 yang lalu. Ia didatangkan dari SL Benfica.

Gelandang yang satu ini hanya bermain selama 1 musim saja bersama Chelsea. Meski singkat, ia mampu menembus skuad utama dari The Blues. Tiago Mendes sering diberi kesempatan oleh Jose Mourinho untuk tampil di kompetisi domestik dan juga Eropa. Pada tahun 2005, pemain asal Portugal ini harus dilepas setelah Chelsea mendatangkan Michael Essien dari Olympique Lyonnais. Hal tersebut juga menandakan petualangannya di Inggris telah berakhir.

6. Alexandre Pato

7 Mantan Pemain Chelsea yang Hanya Bertahan Singkat di Stamford BridgeAlexandre Pato (twitter.com/ChelseaFC)

Alexandre Pato merupakan penyerang yang saat ini berkarier di MLS dengan membela Orlando City SC. Pesepak bola asal Brasil ini pernah merasakan ketatnya kompetisi English Premier League bersama Chelsea pada bursa transfer musim dingin 2016 yang lalu. Ia dipinjam The Blues dari Sport Club Corinthians Paulista.

Kehadiran Alexandre Pato memang dibutuhkan Chelsea yang saat itu sedang krisis ujung tombak. Alih-alih menjadi solusi lini depan The Blues, ia malah sering menjadi penghangat bangku cadangan dan hanya berhasil mencetak 1 gol melalui titik penalti saat menghadapi Aston Villa di ajang English Premier League. Setelah menunjukkan performa yang tidak terlalu baik, klub asal London Barat ini tidak melanjutkan kerja sama lebih lanjut dan pada bursa transfer musim panas 2016 ia kembali ke Brasil.

7. Andriy Shevchenko

7 Mantan Pemain Chelsea yang Hanya Bertahan Singkat di Stamford BridgeAndriy Shevchenko (twitter.com/ChelseaFC)

Andriy Shevchenko adalah legenda sepak bola Ukraina. Penyerang kelahiran Dvirkivshchyna pernah bergabung dengan Chelsea pada bursa transfer musim panas 2006. Saat itu ia didatangkan dari AC Milan. Tim asal London Barat ini tentu menaruh ekspektasi yang tinggi terhadap Shevchenko karena penampilan apiknya selama berseragam Rossoneri.

Selama membela Chelsea, Andriy Shevchenko bermain sebanyak 77 kali pada semua kompetisi. Ia menyumbangkan 22 gol serta 10 assist bagi The Blues. Kariernya juga tidak terlalu mulus, ia pernah dipinjamkan ke AC Milan pada tahun 2008 untuk menambah menit bermain. Setelah pulang dari masa peminjamannya, penyerang asal Ukraina ini malah dilepas oleh klub London Barat ke Dynamo Kyiv secara gratis pada 2009.

 

Tujuh mantan pemain Chelsea di atas pernah merasakan kompetisi English Premier League secara singkat. Beberapa dari mereka ada yang tidak bisa tampil maksimal karena sulit untuk beradaptasi dengan gaya sepak bola Inggris. Meski begitu, para pemain tersebut tentu sudah memberikan yang terbaik bagi klub asa London Barat ini. Dari seluruh pemain tersebut, siapakah penampilannya yang masih kalian ingat?

Baca Juga: Shevchenko Sebut Titel Juara Dunia Sempurnakan Cerita Messi

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya