7 Pemain Kelas Dunia yang Pernah Berkarier dengan Hamburger SV

Beberapa telah gantung sepatu

Hamburger SV adalah salah satu tim raksasa asal Jerman. Klub berjuluk Die Rothosen ini pernah meraih berbagai gelar domestik dan Eropa. Namun, mereka harus turun kasta dari Bundesliga Jerman setelah rangkaian hasil buruk pada 2017/2018.

Meski sudah tidak tampil di kasta tertinggi, Hamburger ternyata pernah diperkuat oleh para pemain kelas dunia. Tim yang bermarkas di Volksparkstadion ini mampu mengorbitkan bintang dan merekrut penggawa yang mempunyai pengalaman luar biasa. Siapa saja pemain yang dimaksud? Mari baca ulasan di bawah ini!

1. Son Heung Min

7 Pemain Kelas Dunia yang Pernah Berkarier dengan Hamburger SVSon Heung Min (twitter.com/HSV)

Son Heung Min adalah penyerang sayap yang kini membela Tottenham Hotspur. Dia ternyata jebolan akademi Hamburger SV. Pemain asal Korea Selatan tersebut tampil di berbagai kategori umur dan menunjukkan performa impresif sehingga mendapat promosi ke skuad utama pada 2010.

Kariernya tak langsung mulus. Son sempat menderita cedera dan tidak bisa berkontribusi maksimal. Namun, dia bangkit dan menjelma menjadi bagian penting Hamburger. Penyerang sayap ini jadi sering mendapat kesempatan bermain reguler dengan Die Rothosen.

Son Heung Min bermain dalam 78 pertandingan dengan membuat 20 gol dan 3 assist untuk Hamburger. Permainan impresifnya membuat beberapa tim tertarik untuk merekrut. Pemain asal Korea Selatan ini lantas memilih bergabung dengan Bayer Leverkusen pada musim panas 2013.

2. Jerome Boateng

7 Pemain Kelas Dunia yang Pernah Berkarier dengan Hamburger SVJerome Boateng (twitter.com/JeromeBoateng)

Jerome Boateng merupakan bek tengah yang masih aktif bermain untuk Olympique Lyon pada 2022/2023. Mantan penggawa Timnas Jerman ini pernah memperkuat Hamburger SV setelah didatangkan dari Hertha Berlin pada musim panas 2007. Dia diproyeksikan untuk memperkuat lini belakang Die Rothosen saat itu.

Tak butuh waktu lama, Boateng bisa menembus skuad utama Hamburger dengan kemampuannya. Dia sering dipercaya tampil reguler di berbagai ajang. Bek kelahiran Berlin ini pun bermain dalam 113 pertandingan dengan membuat 2 gol dan 9 assist.

Jerome Boateng sukses menjelma menjadi tembok kokoh Hamburger. Permainan impresifnya lalu masuk radar beberapa tim di Eropa. Dia lantas memilih berlabuh ke Inggris dengan membela Manchester City pada musim panas 2010.

3. Ruud van Nistelrooy

https://www.youtube.com/embed/QdP9DquPLEQ

Ruud van Nistelrooy adalah penyerang legendaris asal Belanda yang tampil di berbagai liga top Eropa. Pemain kelahiran Oss ini didatangkan secara gratis oleh Hamburger SV dari Real Madrid pada musim dingin 2010. Pengalamannya saat itu dibutuhkan untuk menambah daya gedor lini depan tim.

Van Nistelrooy bisa menembus skuad utama Hamburger tanpa bersusah payah. Dia mengemban peran penting menjadi ujung tombak andalan tim. Dirinya tampil dalam 44 pertandingan dengan membuat 17 gol dan 3 assist.

Meski tampil tidak terlalu buruk, Ruud van Nistelrooy hanya bertahan singkat bersama Hamburger. Dia tidak mendapat perpanjangan kontrak dari Die Rothosen. Penyerang ini lantas memilih bergabung dengan Malaga pada musim panas 2011.

Baca Juga: 5 Striker Terbaik Manchester United Usai Ditinggal Ruud van Nistelrooy

4. Rafael van der Vaart

https://www.youtube.com/embed/2W6iru-cjB0

Rafael van der Vaart adalah gelandang serang yang pernah berseragam Hamburger SV. Dia pertama kali hadir pada 2005 dan kembali lagi memperkuat Die Rothosen pada musim panas 2012 setelah didatangkan dari Tottenham Hotspur. Dirinya diplot untuk memperkuat lini tengah tim saat itu.

Selain mempunyai visi permainan yang hebat, gelandang kelahiran Heemskerk ini bisa membantu produktivitas lini depan Hamburger. Van der Vaart sering bermain reguler di berbagai ajang bersama Die Rothosen. Dirinya total tampil dalam 199 laga dengan membuat 66 gol dan 55 assist. Dia baru hengkang secara gratis ke Real Betis pada 2015.

5. Vincent Kompany

7 Pemain Kelas Dunia yang Pernah Berkarier dengan Hamburger SVVincent Kompany (twitter.com/VincentKompany)

Vincent Kompany merupakan bek tengah yang pernah berkarier di Jerman dengan membela Hamburger SV. Dia didatangkan dari RSC Anderlecht pada musim panas 2006. Dirinya diproyeksikan untuk menjadi tembok kokoh Die Rothosen.

Kompany berhasil mendapat kesempatan tampil bersama Hamburger. Bahkan, dia beberapa kali diplot sebagai starter tim. Selain bek tengah, dirinya kerap kali dimainkan sebagai gelandang bertahan untuk Die Rothosen.

Pemain asal Belgia tersebut membela Hamburger dalam 51 laga dengan membuat 4 gol dan 1 assist. Performa impresifnya mendapat perhatian dari beberapa tim. Dia kemudian memilih melanjutkan karier di Inggris dengan membela Manchester City pada musim panas 2008.

6. Hakan Calhanoglu

https://www.youtube.com/embed/nK58AssP9tc

Hakan Calhanoglu adalah gelandang yang memperkuat Inter Milan pada 2022/2023. Pemain asal Turki ini pernah membela Hamburger SV setelah didatangkan dari Karlsruher SC pada musim panas 2014. Dia digadang-gadang menjadi penggawa penting di lini tengah tim.

Calhanoglu ternyata tidak langsung bergabung dengan Hamburger. Dia dipinjamkan kepada Karlsruher SC untuk menambah menit bermain dan pengalaman. Pemain kelahiran Mannheim ini mampu mengimprovisasi permainan sehingga sukses mengamankan satu tempat di lini tengah Die Rothosen saat kembali.

Hakan Calhanoglu tampil dalam 38 pertandingan dengan membuat 11 gol dan 5 assist di berbagai ajang. Permainannya mencuri perhatian tim lain. Dia kemudian memilih pindah ke Bayer Leverkusen pada musim panas 2014.

7. Filip Kostic

7 Pemain Kelas Dunia yang Pernah Berkarier dengan Hamburger SVFilip Kostic (twitter.com/HSV)

Filip Kostic adalah gelandang Juventus pada 2022/2023. Dia pernah membela Hamburger SV setelah didatangkan dari VfB Stuttgart pada musim panas 2016. Pemain Timnas Serbia ini diplot untuk menambah kekuatan mereka, terutama di lini tengah tim.

Tak butuh waktu lama, Kostic langsung dipercaya sebagai starter Hamburger di berbagai ajang. Dia mampu memberikan dampak positif di lini tengah tim. Meski tampi luar biasa, dirinya ternyata dipinjamkan ke Eintracht Frankfurt pada 2018 dengan opsi pembelian.

Kostic sendiri membela Hamburger dalam 65 pertandingan dengan membuat 9 gol dan 6 assist. Dia bermain singkat saja bersama skuad Die Rothosen. Sebab, pemain yang kini berusia 30 tahun ini dipermanenkan Eintracht Frankfurt pada musim panas 2019.

Tujuh pemain kelas dunia di atas pernah membela Hamburger SV. Mereka bisa memberikan dampak yang luar biasa terhadap permainan tim asal Jerman tersebut. Sebagian besar juga masih bermain di liga top Eropa pada 2022/2023 meski tidak bersama Hamburger.

Baca Juga: 6 Klub yang Sering Dikalahkan Son Heung Min, Ada Manchester City

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya