9 Pemain Kelas Dunia yang Pernah Mencicipi Karier di Fulham

Semua sudah gantung sepatu

Fulham saat ini tampil di English Premier League (EPL). Tim asal London Barat tersebut tidak terlalu mentereng dari segi prestasi, tetapi sering mengorbitkan pemain berbakat.

The Cottagers juga mampu menarik sejumlah pemain bintang. Ada sembilan pemain kelas dunia yang pernah mencicipi karier di Fulham.

1. Edwin van der Sar

https://www.youtube.com/embed/08Ch6YAKy1k

Edwin van der Sar merupakan kiper legendaris asal Belanda. Pemain kelahiran Voorhout ini ternyata pernah membela Fulham setelah didatangkan dari Juventus pada musim panas 2001.

Tak butuh waktu lama untuk beradaptasi, Van der Sar langsung mendapat kepercayaan pelatih sebagai kiper utama Fulham. Dia sering tampil sebagai starter di berbagai ajang untuk The Cottagers.

Edwin van der Sar bermain untuk Fulham dalam 154 laga di berbagai ajang. Bertahan selama 4 musim, kiper legendaris ini memilih hengkang setelah menerima tawaran Manchester United pada 2005.

2. Louis Saha

9 Pemain Kelas Dunia yang Pernah Mencicipi Karier di FulhamLouis Saha (premierleague.com)

Louis Saha merupakan penyerang Fulham yang didatangkan dari FC Metz pada musim panas 2000. Dia diproyeksikan sebagai ujung tombak untuk menambah produktivitas gol tim London Barat.

Penyerang asal Prancis ini langsung mendapat tempat utama di Fulham. Louis Saha kebetulan mampu menjawab ekspektasi tim dengan tampil luar biasa. Dirinya bertransformasi menjadi juru gedor yang diperhitungkan saat itu.

Pesepak bola kelahiran Paris ini tampil bersama Fulham dalam 141 laga dengan membuat 63 gol dan 9 assist di berbagai kompetisi. Saha kemudian memilih pergi dari Craven Cottage setelah menerima tawaran Manchester United pada 2004.

3. Andre Schurrle

9 Pemain Kelas Dunia yang Pernah Mencicipi Karier di FulhamAndre Schurrle (premierleague.com)

Andre Schurrle adalah penyerang sayap yang pernah berseragam Fulham dengan status pinjaman dari Borussia Dortmund pada musim panas 2018. Pemain asal Jerman ini sendiri tidak asing dengan Liga Inggris karena pernah membela Chelsea.

Schurrle beberapa kali mendapat kesempatan tampil sebagai starter Fulham. Pemain kelahiran Ludwigshafen am Rhein ini bermain dalam 25 laga dengan 6 gol di berbagai ajang. Bertahan singkat, dia kembali ke Borussia Dortmund pada 2019.

4. Dimitar Berbatov

9 Pemain Kelas Dunia yang Pernah Mencicipi Karier di FulhamDimitar Barbatov (twitter.com/FulhamFC)

Dimitar Berbatov adalah penyerang penuh pengalaman yang didatangkan Fulham dari Manchester United pada musim panas 2012. Pemain asal Bulgaria ini hadir untuk menambah daya dobrak lini depan tim asal London Barat tersebut.

Meski sudah menurun, Berbatov masih dipercaya sehingga sering tampil reguler bersama Fulham. Pemain kelahiran Blagoevgrad ini pun mampu menunjukkan kontribusinya.

Berbatov membela Fulham dalam 54 laga dengan membuat 20 gol dan 6 assist di berbagai ajang. Dirinya lantas hengkang secara gratis ke AS Monaco pada musim dingin 2014.

Baca Juga: 5 Pemain yang Direkrut Fulham dari Klub Serie A sebelum Sasa Lukic

5. Damien Duff

9 Pemain Kelas Dunia yang Pernah Mencicipi Karier di FulhamDamien Duff (twitter.com/FulhamFC)

Nama Damien Duff melambung saat berseragam Chelsea. Pemain asal Irlandia ini ternyata juga pernah bergabung dengan Fulham setelah dibeli dari Newcastle United pada musim panas 2009.

Duff mampu menembus skuad utama Fulham. Pemain yang terkenal lincah di posisi gelandang ini kerap dipercaya tampil di berbagai ajang bersama The Cottagers.

Damien Duff tampil dalam 173 laga dengan 22 gol dan 30 assist untuk Fulham. Menjelang akhir kariernya pada 2015, dia memilih meninggalkan sepak bola Eropa dan bergabung dengan Melbourne City.

6. Mark Schwarzer

9 Pemain Kelas Dunia yang Pernah Mencicipi Karier di FulhamMark Schwarzer (twitter.com/FulhamFC)

Mark Schwarzer adalah kiper yang malang melintang membela berbagai tim di Inggris. Pemain asal Australia ini pernah bermain untuk Fulham setelah didatangkan dari Middlesbrough pada musim panas 2008.

Schawarzer hadir untuk menjadi tembok kokoh Fulham. Tak butuh waktu lama, dia mampu menjadi pilihan utama sejak musim pertama berseragam The Cottagers.

Kiper asal Australia ini tampil dalam 220 laga di berbagai ajang. Dia memilih hengkang secara gratis ke Chelsea pada musim panas 2013.

7. Clint Dempsey

9 Pemain Kelas Dunia yang Pernah Mencicipi Karier di FulhamClint Dempsey (mlssoccer.com)

Clint Dempsey merupakan penyerang Fulham dari New England Revolution yang datang pada musim dingin 2007. Ini merupakan awal karier pemain asal Amerika Serikat tersebut di Eropa.

Penyerang kelahiran Nacogdoches ini berhasil menjadi andalan lini depan Fulham. Dempsey mampu berkontribusi terhadap permainan tim. Namanya pun makin diperhitungkan di Liga Inggris.

Clint Dempsey sempat meninggalkan Fulham dan bergabung dengan beberapa tim. Dia baru kembali ke Craven Cottage dengan status pinjaman dari Seattle Spunders pada 2014. Dirinya tercatat tampil dalam 232 laga dengan membuat 60 gol dan 21 assist bersama Fulham.

8. Andy Cole

9 Pemain Kelas Dunia yang Pernah Mencicipi Karier di FulhamAndy Cole (fulhamfc.com)

Andy Cole merupakan penyerang asal Inggris yang namanya melambung saat membela Manchester United. Pemain kelahiran Nottingham ini pernah membela Fulham pada 1991 dan hadir lagi pada 2004.

Cole berstatus sebagai pinjaman pada periode pertamanya berseragam Fulham. Penyerang dengan keturunan Jamaika ini hadir sebagai penggawa tetap pada periode kedua.

Andy Cole membela Fulham dalam 54 laga dengan membuat 17 gol dan 8 assist. Ia lantas hengkang dari Craven Cottage setelah mendapat tawaran dari Manchester City pada musim panas 2006.

9. John Arne Riise

9 Pemain Kelas Dunia yang Pernah Mencicipi Karier di FulhamJohn Arne Riise (twitter.com/Fulham)

John Arne Riise adalah bek kiri yang kariernya menanjak saat bermain untuk Liverpool. Pemain asal Norwegia ini pernah berseragam Fulham saat didatangkan dari AS Roma pada musim panas 2011.

Riise mampu menjadi pemain utama Fulham. Bek yang terkenal dengan tendangan kerasnya ini sering diberi kesempatan tampil reguler di berbagai ajang.

John Arne Riise membela Fulham dalam 101 laga dengan menyumbang 11 assist. Bertahan selama 3 musim, bek asal Norwegia ini pindah secara gratis ke APOEL pada 2014.

Kesembilan pemain kelas dunia di atas pernah mencicipi karier bersama Fulham. Mereka mampu berkontribusi terhadap permainan tim asal London Barat tersebut di berbagai ajang.

Baca Juga: 10 Fakta Craven Cottage, Stadion yang Jadi Markas Fulham

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya