5 Pemain yang Direkrut Fulham dari Klub Serie A sebelum Sasa Lukic

Ada Edwin van der Sar

Fulham merupakan klub promosi yang tampil cemerlang di English Premier League (EPL) 2022/2023. The Cottagers secara mengejutkan mampu bertengger di papan tengah klasemen sementara EPL.

Pada bursa transfer Januari 2023 lalu, Fulham merekrut sejumlah pemain untuk memperkuat skuad mereka. Salah satunya Sasa Lukic, gelandang tengah asal Serbia. Ia direkrut dari klub Serie A Italia, Torino, seharga 9,1 juta euro atau setara dengan Rp149 miliar.

Lukic sudah tampil empat kali bersama Fulham. Pemain berusia 26 tahun itu mengenakan nomor punggung 28. Sebelum Lukic, Fulham beberapa kali merekrut pemain dari klub Serie A.

Ini lima pemain yang direkrut Fulham dari klub Serie A sebelum Sasa Lukic!

1. Edwin van der Sar

5 Pemain yang Direkrut Fulham dari Klub Serie A sebelum Sasa Lukicpotret Edwin van der Sar (juventus.com)

Pada Agustus 2001, Fulham merekrut Edwin van der Sar dari Juventus. The Cottagers membelinya dengan harga sebesar 10,3 juta euro atau setara dengan Rp169 miliar.

Van der Sar tampil cukup bagus di bawah mistar gawang Fulham. Selama 4 musim menjadi kiper Fulham, ia tampil sebanyak 154 kali di semua kompetisi. Ia mampu menorehkan 52 clean sheet dan terpaksa merelakan gawangnya kebobolan sebanyak 183 kali.

Fulham menjual Van der Sar ke Manchester United pada Juli 2005. Ia mencapai puncak kariernya bersama Setan Merah dengan raihan banyak gelar, di antaranya 4 gelar juara EPL, 1 gelar juara Liga Champions Eropa, dan beberapa gelar bergengsi lainnya.

Pada Juli 2011, Edwin van der Sar memutuskan pensiun. Manchester United menjadi klub terakhir yang ia bela.

2. Maarten Stekelenburg

5 Pemain yang Direkrut Fulham dari Klub Serie A sebelum Sasa Lukicpotret Maarten Stekelenburg (asroma.com)

Maarten Stekelenburg bergabung dengan Fulham pada Juli 2013. Kala itu, ia didatangkan dari AS Roma dengan biaya transfer sebesar 5,6 juta euro atau setara dengan Rp92 miliar.

Kiper asal Belanda tersebut hanya semusim bersama Fulham. Ia mencatatkan 21 penampilan di semua kompetisi dengan catatan 3 clean sheet dan kebobolan 47 kali

Stekelenburg sempat dipinjamkan Fulham ke AS Monaco pada Agustus 2014 dan Southampton pada Juli 2015. Ia akhirnya dilepas ke Everton pada Juli 2016.

Stekelenburg kini berstatus sebagai kiper Ajax Amsterdam. Kontraknya bersama Ajax akan habis pada Juni 2023 nanti.

Baca Juga: 10 Fakta Craven Cottage, Stadion yang Jadi Markas Fulham

3. John Arne Riise

5 Pemain yang Direkrut Fulham dari Klub Serie A sebelum Sasa Lukicpotret John Arne Riise (asroma.com)

John Arne Riise didatangkan Fulham dari AS Roma pada Juli 2011. Bek kiri asal Norwegia tersebut dibeli Fulham dengan harga 2,63 juta euro atau setara dengan Rp43 miliar.

Bersama Fulham, Riise mencetak 11 assist dari 101 penampilan di semua kompetisi. Pada September 2014, ia dilepas Fulham secara gratis ke klub Siprus, APOEL Nicosia.

Riise sudah pensiun sebagai pemain sepak bola sejak Januari 2018. Klub asal India, Chennaiyin FC, menjadi klub terakhirnya.

4. Ola Aina

5 Pemain yang Direkrut Fulham dari Klub Serie A sebelum Sasa Lukicpotret Ola Aina (instagram.com/olaaina)

Pada September 2020, Fulham merekrut Ola Aina dari Torino sebagai pemain pinjaman. Bek kanan asal Nigeria itu dipinjam selama semusim.

Selama berkiprah di Fulham, Aina mampu tampil reguler. Jebolan akademi Chelsea itu mencatatkan 33 penampilan di semua kompetisi bersama The Cottagers dengan koleksi 2 gol dan 1 assist.

Aina kini sudah kembali ke Torino. Kontraknya bersama Torino akan berakhir pada Juni 2023 nanti.

5. Pajtim Kasami

5 Pemain yang Direkrut Fulham dari Klub Serie A sebelum Sasa LukicPajtim Kasami (uefa.com)

Pajtim Kasami merupakan gelandang tengah asal Swiss. Ia bergabung dengan Fulham pada Juli 2011. Kala itu, ia direkrut dari US Palermo seharga 1,6 juta euro atau setara dengan Rp 26 miliar.

Pemain yang pernah menimba ilmu di akademi Liverpool itu menghabiskan 3 musim bersama Fulham. Ia mencatatkan 56 penampilan dengan torehan 3 gol dan 2 assist di semua kompetisi.

Fulham sempat meminjamkan Kasami FC Luzern pada Februari 2013. Ia akhirnya dijual ke Olympiacos Piraeus pada Juli 2014.

Dari daftar di atas, Edwin van der Sar menjadi rekrutan Fulham dari klub Serie A yang mencatatkan penampilan terbanyak, yakni sebanyak 154 kali. Akankah Sasa Lukic mampu melampaui catatan kiper asal Belanda itu?

Baca Juga: 10 Potret Andreas Pereira, Gelandang Flamboyan Milik Fulham

Royan Wijayanto Photo Verified Writer Royan Wijayanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya