12 Pemain Ligue 1 yang Berjuang di Semifinal Piala Dunia 2022 Qatar

Ada kiper veteran yang masih tampil di Piala Dunia 2022

Gelaran Piala Dunia 2022 akhirnya telah sampai pada babak semifinal. Tersisa empat negara terbaik yang akan saling bersaing demi mengamankan satu tempat final. Mereka adalah Argentina, Kroasia, Maroko, dan Prancis. Semua kegemilangan para negara tersebut tak lepas dari peran pemain andalannya.

Hal yang membuat menarik karena ada beberapa pemain dari kompetisi Ligue 1 yang sukses melangkah bersama negaranya ke babak semifinal Piala Dunia 2022. Ada sekitar 12 pemain yang siap meramaikan gelaran paling bergengsi tersebut di Qatar.

Penasaran siapa saja para pemain Ligue 1 yang akan berjuang pada babak semifinal Piala Dunia 2022? Mari baca ulasa berikut ini.

1. Steve Mandanda (Stade Rennais)

https://www.youtube.com/embed/TkjFkrI22a8

Steve Mandanda adalah kiper veteran yang ikut mengantarkan Timnas Prancis menjadi juara Piala Dunia 2018. Ternyata meski usianya sudah menginjak 37 tahun, ia masih aktif bermain karena baru saja pindah ke Stade Rennais secara gratis dari Olympique de Marseille pada bursa transfer musim panas 2022. Tak disangka, dirinya masih menjadi pilihan utama menjaga gawang di kompetisi domestik dan juga Eropa.

Sering tampil reguler bersama Stade Rennais, Steve Mandanda mendapat kesempatan lagi bergabung dengan Timnas Prancis di Piala Dunia 2022. Sejauh ini dirinya baru tampil satu kali ketika babak fase grup. Meski begitu, ia bisa berfungsi sebagai mentor untuk pemain muda skuad Les Bleus. Kiper kelahiran Kinshasa ini menjadi pelapis yang solid bagi Hugo Lloris ketika partai semifinal nanti menghadapi Timnas Maroko.

2. Axel Disasi (AS Monaco)

https://www.youtube.com/embed/IWeNE3LawVE

Axel Disasi merupakan bek muda yang bermain untuk AS Monaco. Pemain 24 tahun ini sukses menjelma sebagai pemain penting untuk lini belakang tim. Pada 2022/2023, posisinya sangat sulit digeser pemain lain sehingga sering dimainkan selama 90 menit di kompetisi domestik dan Eropa. Tak hanya itu, dirinya juga sudah berkontribusi membuat gol dan assist bagi klub berjuluk The Monegasques ini.

Penampilan impresifnya bersama AS Monaco membuat namanya dipilih oleh Didier Deschamps untuk bergabung dengan skuad Timnas Prancis di Piala Dunia 2022. Sejauh ini Axel Disasi sudah dimainkan dua kali dan selebihnya menjadi pemain cadangan. Meski begitu, dirinya masih berpeluang bermain pada semifinal ketika bertemu Timnas Maroko nanti di Qatar.

3. Jordan Veretout (Olympique de Marseille)

https://www.youtube.com/embed/zAkevW0cETk

Jordan Veretout adalah gelandang bertahan yang baru didatangkan Olympique de Marseille dari AS Roma pada bursa transfer musim panas 2022. Pesepak bola kelahiran Ancenis ini langsung dikontrak hingga 2025 mendatang. Tak butuh waktu lama, dirinya sering menjadi pilihan utama pelatih untuk tampil di kompetisi domestik dan Eropa. Ia mempunyai kemampuan bertahan serta bisa mengatur tempo permainan tim di lapangan.

Permainannya bersama Olympique de Marseille ternyata berbuah manis, Jordan Veretout mendapat kesempatan membela Timnas Prancis di Piala Dunia 2022. Sejauh ini dirinya hanya tampi satu kali pada babak fase grup dan sisanya hanya menghuni bangku cadangan Les Bleus. Ia masih mempunyai kesempatan menambah caps ketika bertemu Timnas Maroko pada babak semifinal nanti di Qatar.

4. Matteo Guendouzi (Olympique de Marseille)

12 Pemain Ligue 1 yang Berjuang di Semifinal Piala Dunia 2022 QatarMatteo Guendouzi (twitter.com/MatteoGuendouzi)

Matteo Guendouzi merupakan gelandang tengah yang baru dipermanenkan oleh Olympique de Marseille dari Arsenal pada bursa transfer musim panas 2022. Ia dikontrak hingga 2025 mendatang. Pemain kelahiran Poissy ini langsung menjadi jenderal lapangan tengah dengan sering bermain di kompetisi domestik dan Eropa. Tak hanya itu, dirinya juga sudah mencetak gol dan juga memberi assist bagi rekan satu timnya.

Didier Deschamps ternyata tertarik dengan penampilan Matteo Guendouzi sehinga diberikan kesempatan membela Timnas Prancis di Piala Dunia 2022. Dirinya sejauh ini hanya tampil satu kali pada babak fase grup ketika berjumpa Tunisia. Ia masih memiliki peluang besar menambah caps ketika Les Bleus berjumpa Maroko pada semifinal di ajang paling bergengsi tersebut.

5. Youssouf Fofana (AS Monaco)

https://www.youtube.com/embed/OW3nXqSLbQw

Youssouf Fofana adalah gelandang tengah muda yang bermain untuk AS Monaco. Pemain 23 tahun ini sukses menembus skuad utama dan menjadi sosok penting di lini tengah tim. Pada 2022/2023, dirinya sering ditampilkan sejak menit pertama dan bermain selam 90 menit pada berbagai kompetisi yang diikuti oleh klub berjuluk The Monegasques ini.

Kegemilangannnya di AS Monaco mengantarkannya bergabung dengan Timnas Prancis di Piala Dunia 2022. Meski sudah tampil sebanyak empat kali, dirinya sering dimainkan sebagai pemain pengganti. Fofana masih berkesempatan menunjukkan kemampuannya ketika Les Bleus berhadapan dengan Timnas Maroko di semifinal nanti.

6. Kylian Mbappe (Paris Saint-Germain)

12 Pemain Ligue 1 yang Berjuang di Semifinal Piala Dunia 2022 QatarKylian Mbappe (twitter.com/KMbappe)

Jika membicarakan salah satu bakat muda yang menonjol, nama Kylian Mbappe akan selalu muncul dalam perdebatan. Meski usianya masih muda, ia sudah pernah membawa Timnas Prancis menjadi juara Piala Dunia 2018. Pemain dari Paris Saint-Germain ini selalu menjadi andalan di liga domestik dan juga Eropa. Dirinya sudah berkontribusi mencetak gol dan assist bagi klub asal Prancis tersebut.

Didier Deschamps tentu tidak akan melewatkan bakat Kylian Mbappe dan diberikan kesempatan bergabung dengan Timnas Prancis pada Piala Dunia 2022. Penyerang muda yang satu ini sangat tajam di Qatar. Dirinya sejauh ini sudah mencetak 5 gol dan 2 assist bagi Les Bleus. Penampilan positifnya masih bisa berlanjut ketika bertemu Timnas Maroko di babak semifinal nanti.

Baca Juga: 5 Penyerang Prancis di Piala Dunia 2022, Mbappe Tajam!

7. Nicolas Tagliafico (Olympique Lyonnais)

12 Pemain Ligue 1 yang Berjuang di Semifinal Piala Dunia 2022 QatarNicolás Tagliafico (twitter.com/nico_taglia)

Nicolas Tagliafico merupakan bek kiri asal Argentina yang berkarier di Prancis dengan membela Olympique Lyonnais. Dirinya baru didatangkan dari AJax Amsterdam pada bursa transfer musim panas 2022. Ia dikontrak hingga 2025 mendatang. Tak butuh waktu adaptasi, pemain kelahiran Rafael Calzada ini sukses menembus skuad utama dan sering bermain selama 90 menit.

Sering tampi reguler bersama Olympique Lyonnais membuat peluang Nicolas Tagliafico dipanggil oleh Timnas Argentina pada Piala Dunia 2022 menjadi nyata. Sejauh ini dirinya sudah tampil sebanyak empat kali dan berpeluang menambah caps ketika bertemu dengan Timnas Kroasia pada babak semifinal nanti di Qatar.

8. Lionel Messi (Paris Saint-Germain)

12 Pemain Ligue 1 yang Berjuang di Semifinal Piala Dunia 2022 QatarLionel Messi (twitter.com/Argentina)

Lionel Messi adalah salah satu pesepak bola terhebat di dunia. Saat ini dirinya berkarier di Prancis untuk bermain dengan Paris Saint-Germain. Meski usianya sudah menginjak 35 tahun, ia masih berperang penting terhadap penyerangan tim dan sudah mencetak gol serta assist di berbagai kompetisi yang diikuti oleh klub berjuluk Les Parisiens tersebut.

Tentu Lionel Scaloni masih memberi kesempatan kepada Lionel Messi untuk bermain bersama Timnas Argentina di Piala Dunia 2022. Dirinya masih belum habis karena sejauh ini sudah membuat 4 gol dan 2 assist bagi La Albiceleste. Pemain kelahiran Rosario ini bisa menjadi faktor penentu ketika babak semifinal berhadapan dengan Timnas Kroasia.

9. Lovro Majer (Stade Rennais)

12 Pemain Ligue 1 yang Berjuang di Semifinal Piala Dunia 2022 QatarLovro Majer (instagram.com/lovromajer)

Lovro Majer merupakan gelandang serang asal Kroasia yang berkarier di Prancis dengan membela Stade Rennais sejak 2021 yang lalu. Pemain 24 tahun ini sukses menembus skuad utama. Pada 2022/2023, dirinya sering bermain pada kompetisi domestik dan juga Eropa untuk klub berjuluk Les Rennais ini. Ia sejauh ini juga sudah membuat gol serta assist untuk rekan satu timnya.

Gelandang serang yang satu ini mendapat kesempatan bergabung dengan Timnas Kroasia pada Piala Dunia 2022. Lovro Majer tampil pada setiap pertandingan bagi negara berjuluk Vetreni ini meski tidak selama 90 menit. Meski jarang mendapat menit bermain, dirinya sudah menyumbangkan 1 gol. Ia juga masih mempunyai kans untuk tampil lagi ketika babak semifinal bertemu dengan Timnas Argentina di Qatar.

10. Achraf Dari (Stade Brestois 29)

https://www.youtube.com/embed/3InIU99Vf-Y

Achraf Dari adalah bek tengah Stade Brestois 29 yang baru didatangkan dari Wydad AC pada bursa transfer musim panas 2022. Dirinya tentu diproyeksikan untuk mempekuat pertahanan tim asal Prancis tersebut. Pada 2022/2023, ia sering bermain selama 90 menit dan sudah berkontribusi membuat gol serta assist meski posisinya sebagai pemain bertahan.

Bek kelahiran Casablanca ini mendapat kesempatan dipanggil untuk memperkuat Timnas Maroko pada Piala Dunia 2022. Pemain 23 tahun ini baru tampil satu kali pada babak 16 besar saat berjumpa Portugal. Dirinya masih mempunyai kans menambah caps untuk tampil saat semifinal ketika berhadapan dengan Prancis di Qatar.

11. Achraf Hakimi (Paris Saint-Germain)

12 Pemain Ligue 1 yang Berjuang di Semifinal Piala Dunia 2022 QatarAchraf Hakimi (twitter.com/AchrafHakimi)

Achraf Hakimi merupakan bek kanan andalan Paris Saint-Germain. Dirinya berkarier di Prancis pada tahun 2021 yang lalu. Ia mempunyai kecepatan sehingga sering merepotkan pertahanan lawan. Tidak hanya itu, ia juga memiliki kemampuan bertahan dan meyerang sama baiknya di lapangan. Pada 2022/2023, pemain asal Maroko ini sering tampil selama 90 menit pada kompetisi domestik dan Eropa.

Kegemilangannya bersama Paris Saint-Germain ternyata membuat dirinya dipanggil ke Timnas Maroko pada Piala Dunia 2022.  Achraf Hakimi tampil pada setiap pertandingan Atlas Lions serta sudah membuat 1 assist saat di Qatar. Dirinya bisa menjadi pemain pembeda ketika Maroko berjumpa Prancis pada babak semifinal di ajang paling bergengsi antarnegara tersebut.

12. Zakaria Aboukhlal (Toulouse)

12 Pemain Ligue 1 yang Berjuang di Semifinal Piala Dunia 2022 QatarZakaria Aboukhlal (twitter.com/ZAboukhlal)

Zakaria Aboukhlal adalah penyerang sayap asal Maroko yang bermain di Prancis untuk membela Toulouse FC. Dirinya didatangkan pada bursa transfer musim panas 2022 dan mendapat kontrak hingga 2026 mendatang. Tak butuh waktu lama, ia mampu menembus skuad utama dan sejauh ini sudah membuat gol serta assist di Ligue 1.

Permainannya saat membela Toulouse FC membuat Zakaria Aboukhlal dipanggil untuk memperkuat Timnas Maroko pada Piala Dunia 2022. Meski sering tampil dari bangku cadangan, ia sejauh ini sudah mencetak 1 gol bagi Atlas Lions di Qatar. Pemain kelahiran Rotterdam ini berpeluang tampil pada babak semifinal saat melawan Timnas Prancis.

 

12 pemain yang berkarier di Ligue 1 ternyata sukses membawa negaranya melaju pada babak semifinal Piala Dunia 2022. Tentu mereka semua akan memberikan penampilan terbaiknya demi mengamankan satu tempat final di Qatar nanti. Menarik untuk diikuti bagaimana performa pesepak bola asal Maroko, Argentina, Prancis, dan Kroasia di babak 4 besar.

Baca Juga: Mau Teror Prancis, Fans Maroko Disiapkan 30 Penerbangan ke Qatar

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya